Inilah Cara Atasi Sayap Kacer Turun Dengan Mudah

Diposting pada

Assalamualaikum wr, wb. kicau mania khususnya untuk para kacer mania saudaraku semua kita berjumpa kembali bersama situs resmi kacer.co.id mudah-mudahan kalian selalu kesehatan selalu dan tetap semangat menjalani aktifitas hariannya dalam merawat si hitam putih kesayangannya ya!. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips seputar cara penanganan sayap kacer turun ?. Mungkin dari kalian ada yang pernah mengalami atau juga bisa belum pernah sama sekali. Penasaran .. nih yuk langsung simak aja bos.. ulasan selengkapnya dibawah ini :

Permasalahan Burung Kacer Ketika Ditrek Sayapnya Turun

Sayap kacer turun secara garis besar biasanya ada dua kondisi, ketika burung kacer itu sayapnya kita masuk ke dalam, nah kondisi yang pertama kalian Perhatikan bagian ujung sayap itu tidak rapat alias misah-misah pada bagian ujungnya.

Kemudian kondisi yang kedua sayapnya yang bagian ujung rapet dan kemudian antara sayap kiri dan kanan itu sedikit bertemu kalau kita datang kemudian pada bagian dada dia membusung.

Nah yang pertama adalah sayapnya itu bagian ujung tidak rapat kemudian bagian dada agak sedikit membusung kemudian yang kedua sayapnya itu bagian ujungnya rapet antara sayap kiri dan kanan ujung dan ujung bertemu di bawah ekor kemudian dadanya itu tegap agak membusung.

Kondisi Yang Pertama Dan Analisanya

Untuk masalah yang pertama yang sudah dijelaskan diatas tadi itu adalah kondisi burung kacer yang kurang penjemuran.

Kalau kalian mau memastikannya kalian bisa memenuhi kotorannya dia akan besar-besar Nah ini menandakan kalau 100% burung kacer kita itu yang sayapnya turun berarti kurang penjemuran kebanyakan mandi karena burung kacer yang hobi mandi kemudian kita ikutin maunya dia itu ternyata mandinya malah bikin dia tambah parah.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Terupdate Dan Terlengkap Di Indonesia

kondisi-pertama-sayap-turun

Nah gejalanya sayapnya turun sebenarnya itu adalah kondisi dimana metabolisme tubuh si burung tidak stabil. Kerap kali menunjukkan gejala nya malahan hobi mandi, yang kita bayangkan dalam benak kita kalau mandi itu kan berarti Panas!. Dikarenakan kepanasan Ya, padahal yang terjadi Sebenarnya dia itu bukan kepanasan dia hanya membutuhkan penjemuran, yang dimana suhu tubuhnya nggak bisa mengontrol kebutuhan dirinya sendiri.

Kondisi Yang Kedua Dan Analisanya

Pada masalah yang lainnya si kacer ini makan EF (Extra Fooding) sangatlah lahap, akan tetapi seperti tidak ada tenaganya ?.

Jika diamati kondisi burung kacer seperti ini, kita lihat bentuk kotorannya tidak akan bisa besar karena ketika burung kacer makan ekstra fooding terlalu banyak atau banyak maka dia enggak akan mau makan voer, apabila makannya edikit maka kotorannya pun tidak akan besar -besar pastinya.

Pembahasan : Kalau kita makan sesuatu kan pasti ada hasil dan ada reaksi ya kan !.. Weh dilihat dari tampilan kita semangat betul hari ini ya wajar habis makan sate kambing !. Pantesan kamu agak sedikit bersemangat, hehehe.

Tumben sekali kamu ini matanya tuh terang dan nggak ada ngantuk-ngantuk nya ?. Wajar saja saya habis minum kopi !.. Jadi matanya seger.

Namun kenapa berbeda dengan si burung ini yang makan pakan tambahan (EF) sudah banyak tapi seperti tidak ada tenaga jadi yang dipertanyakan adalah kemana sari pati dari ekstra puding yang dia makan apakah cuman jadi kotoran atau bisa jadi burungnya lagi cacingan ?. heheh.

kondisi-kedua-sayap-turun

Nah dari sini, ini adalah indikasi kalau burung kacer ini sedang mengalami gangguan pada metabolisme tubuhnya. Jadi apa yang dia makan tidak bisa menjadi tenaga, kemudian gerak-geriknya sayapnya turun.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Pijantung Yang Bagus Untuk Masteran

Yang harus kita lakukan adalah meningkatkan penjemuran, kemudian ekstra puding tetap kita berikan semau Dia dan semampu dia. Akan tetapi pemandian kita stopkan terlebih dahulu jangan kita berikan pemandian sementara waktu.

Dalam melakukan penjemuran yang konsisten ini dapat memperbaiki sistem metabolisme dengan cepat, ya ibaratnya apabila kalau kita ya olahraga lah yang keluar keringat, akan tetapi kalau kalian nggak punya umbaran cukup diberikan penjemuran saja.

Cara Mengatasi Dan Evaluasinya

Jika dilihat dari permasalahan kondisi 1 dan 2, tidak ada salahnya kalian boleh mencoba tips mengatasinya berdasarkan pengalaman saya pribadi dan beberapa sharing dari para kicau kacer mania yang ada.

Apabila si kacer ini terlihat agak sedikit lemas!. Maka langkah yang terbaik adalah kita meningkatkan penjemuran dengan tetap memberikannya ekstra fooding yang dia makan secara banyak itu bisa diolah menjadi tenaga ?.

Mengapa saya merekomendasikan untuk memberikan pakan ekstra EF nya tetap semau dia.

solusi-sayap-kacer-turun

Dengan rawatan ini lakukan selama kurang lebih sekitar 1 bulanan rawat dengan konsisten, dan lihatlah perubahannya, jika kondisinya seperti ini membaik maka amati ciri cirinya pasti si burung akan lebih lincah dari biasanya kemudian sayapnya yang tadinya turun akan naik.

Nah apabila sudah terlihat normal kondisi si burung kacer tersebut, baru boleh kalian kembalikan kembali ke setingan harian ataupun persiapan lombanya.

Yah itu saja informasi singkat dari saya, seputar tips mudah atasi sayap kacer turun. Semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : Rahasia Mengetahui Ciri Kacer Sehat Atau Tidak