Inilah Penyebab Burung Murai Tidak Gacor Dan Hilang Birahi

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya temen-temen kicau mania semua, mudah-mudahan selalu diberikan kesehatan dan kemudahan lancar rezekinya, dan tetap semangat ya. Masih disini di website resmi Kacer.Co.id yang selalu konsisten membahas informasi dunia kicau burung yang ada di indonesia, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tips kenapa dan apa penyebab burung murai hilang birahi tidak mau gacor.

Ada beberapa teman yang bertanya, kenapa murainya ini hilang kegacorannya dan hampir tidak terlihat memiliki birahi saat di trek dengan murai batu lainnya ?. Sedangkan burungnya sebelumnya gacor dan memiliki mental yang bagus, dan ketika masalah ini terjadi sehabis mabung terlambat birahi dan menjadi seperti ini !. Burung menjadi tidak gacor.

Analisa permasalahan serta cara mengatasinya


Perawatan mabung yang salah

Jika burung murai batu tidak gacor sehabis pasca mabung, atau bisa dibilang telat birahi yang mengakibatkan yang menjadi penyebab salah satu murai menjadi macet berbunyi. Dan anda juga bisa mengevaluasi apakah rawatan selama masa mabung yang diberikan kepada burung murai batu anda sudah benar!. Jika ada kesalahan ya tidak heran, burung akan menjadi drop mental dan tidak mau gacor. Baca juga artikel terkait ini seputar perawatan murai batu mabung.

Jika anda sudah terlanjur dikarenakan memberikan perawatan mabung yang salah atau tidak tepat, langkah untuk penanganannya agar burung murai anda bisa kembali sediakala, memang butuh waktu yang cukup lama. Dan anda harus bersabar.

Caranya berikanlah perawatan harian yang baik, perhatian dan pantau perkembangan burung setiap harinya dengan pola rawatan yang anda berikan kiranya sudah pas atau belum!. Jika insting anda tepat dan ada perubahan yang didapat dari rawatan membuat burung murai sudah mau berbunyi walaupun ngeriwik, anda harus tetap konsisten dalam memberikan rawatan harinannya, sampai burung dapat mengeluarkan suara ngeplong dan normal sediakala.

Baca selengkapnya :  Rahasia Mencetak Murai Batu Juara Kontes

masalah-mabung-murai-batu

Kondisi kesehatan burung terganggu

Namun jika masalahnya timbul dari kondisi fisik atau burung sedang tidak sehat, apalagi setelah melewati proses mabung yang sangat membuat burung jenuh yang setiap hari dikerodong, dan kurangnya sirkulasi udara yang baik dikarenakan anda tidak begitu memperhatikan kebersihan kotoran yang ada didalam kandangnya, ini juga bisa mengganggu saluran pernafasan burung yang menimbulkan parasit atau penyakit.

Sehingga burung yang sehabis mabung ini belum dikatakan bisa kondusif dengan kesehatan yang dimilikinya, secara otomatis burung akan terlihat lemas tidak semangat setelah melewati masa mabungnya. Penanganan seperti ini bisa anda memberikannya obat antibiotik khusus untuk burung, yang banyak dijual dipasaran atau kios burung terdekat. Biasanya saya menggunakan merk bionic yang sangat ampuh dan manjur untuk mengembalikan stamina dan sistem imun kekebalan tubuh, yang mempunyai efek sangat cepat untuk memulihkan kondisi burung yang sedang sakit parah sekalipun.

Perawatan harian yang kurang tepat

Dalam merawat harian untuk burung murai batu memang tidaklah sulit, akan tetapi jika perawatan yang anda berikan selama ini, baik itu sebelum mabung, saat mabung ataupun setelah burung pasca mabung pun jika anda memberikan perawatan harian yang kurang tepat, ya ini menjadi point utama kenapa burung menjadi tidak gacor dan hilangnya birahi tentunya.

Dan yang perlu anda ketahui, dalam memberikan perawatan mandi untuk murai batu, jadi begini; kalau kita memang memfokuskan burung itu untuk menjadi burung lapangan atau lomba, dan burung ini memiliki masalah dalam mengontrol kesetabilan birahi atau tingkat emosi yang berlebih ketika diadu, nah dengan kondisi seperti ini burung murai anda mandikan setiap hari secara rutin itu boleh, atau memandikannya dimalam hari juga baik.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Manyar (Habitat, Makanan, Dan Suara)

murai-pasca-mabung

Jangan anda ingin mendongkrak emosi atau birahi burung murai yang masih down dengan memberikan mandi setiap hari, karena pasti yang ada level birahinya semakin menurun. Menurut saran saya untuk memandikan burung yang kurang gacor atau macet cukup seminggu 2 kali saja atau 3 hari sekali. Waktu yang baik untuk memandikan burung murai ini bagusnya di sore hari.

Memang ada beberapa paham yang mengatakan karakter burung murai ini sangat hobi mandi di alam liar, akan tetapi jangan disamakan dan pasti berbeda burung yang di alam liar dengan burung yang ada dikandang ketika dirawat oleh manusia, apalagi para pemain burung. Karena sifat mandi ini selain untuk membersihkan bulu dari kotoran juga sifatnya sebagai peredam birahi atau emosi, jadi anda harus memberikan mandi jangan setiap hari khusus untuk murai yang sedang turun birahi emosinya, paham ya.

Demikian informasi singkat, padat dan jelas yang kiranya dapat membantu temen-temen menangani permasalahan dan sebagai tambahan ilmu pengetahuan serta wawasan di dunia burung kicau khusus untuk murai batu. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya :

√ Rahasia Settingan Pakan EF Harian Murai Batu
√ Manfaat Umbaran Untuk Burung Murai Batu
√ Memilih Kerodong Yang Tepat Untuk Burung Murai Batu
√ Mengenal Ciri Dan Karakter Burung Murai Nias