Tips Mudah Perawatan Cendet Mabung Agar Cepat Tuntas

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, apa kabar sobat kicau mania semua, masih bersama website resmi Kacer.Co.Id yang selalu update informasi seputar dunia burung kicau di indonesia, pada episode kali ini kami akan memberikan tips seputar perawatan cendet mabung yang tepat dan dapat anda terapkan kepada burung pentet peliharaan anda, agar mendapatkan hasil yang sempurna setelah melewati pasca mabung burung tersebut.

Ada banyak pertanyaan dari temen-temen pecinta burung cendet atau pentet ini yang sering mengalami masalah ketika memberikan rawatan mabung kepada burung cendet kesayangannya, dikarenakan masih para pemula dan kurangnya pemahaman dan pengalaman.

Dikala burung itu sudah memasuki waktu mabung, seperti biasanya sangat mempengaruhi pada tingkat kegacorannya yang jadi menurun. Apalagi terdapat pergantian bulu yang nampak kira- kira kumal serta pula kering.

Untuk burung Cendet yang yang sedang mabung, hendaknya dikasihkan perawatan yang berbeda seperti umumnya. Perihal ini dicoba biar cara mabungnya berjalan mudah sesuai dengan durasi yang sudah ditentukan.

Cara memberikan perawatan mabung burung ini serupa perihalnya semacam merawat jenis burung murai serta kacer, disebabkan burung ini sama- sama mempunyai sifat petarung yang amat bagus, hingga pemeliharaan yang diberikannya pula nyaris mendekati. Terdapat 2 pola rawatan yang wajib kamu tahu dikala menjaga cendet yang lagi mabung, ayo ikuti keterangan sepenuhnya dibawah ini:

perawatan-cendet-pasca-mabung

Pemeliharaan disaat cendet rontok bulu


1. Kebersihan Kandang

Perihal yang kerap orang mengabaikan dalam menjaga burung yang memiliki sebutan lain pentet ini. Melindungi Kebersihan Kandang ataupun Sangkar cendet wajib kita jaga, aa lagi disaat burung itu lagi dalam situasi mabung. Untuk membersihkan kotorannya saat cendet ini sedang rontok bulu cukup 4 sampai 5 hari sekali saja, berbeda dengan saat burung cendet sedang tumbuh bulu yang dimana harus rutin membersihkannya setiap hari.

Baca selengkapnya :  Manfaat Umbaran Untuk Burung Murai Batu

2. Penempatan Kandang

Aspek lain yang pula bisa berdampak serta mempengaruhi dari proses cendet mabung yaitu area yang bising. Perlu kalian tahu, cendet sendiri merupakan salah satu tipe burung pemangsa yang amat kasar.

Jadi dikala cendet dalam masa mabung, hendaknya yakinkan situasi penempatan kandang di sekelilingnya aman, nyaman, serta hening. Bila perlu, cendet yang mabung ditempatkan di ruangan tertentu supaya bisa lebih segera dalam masa mabungnya.

3. Tidak Bisa Dimandikan Serta Dijemur

Cara merawat cendet mabung yang satu ini dapat dibilang metode yang sangat wajib diperhatikan serta tidak bisa asal- asalan. Jadi jika umumnya memandikan cendet tiap hari, hingga dikala cendet alami masa mabung hendaknya kalian tidak harus memandikan terlebih dulu.

Sedemikian itu pula menjemur, kalian tidak butuh menjemur terlebih dulu cendet yang lagi hadapi masa mabung. Karena bila kalian menjemur cendet yang mabung bisa membatasi perkembangan bulu baru dari cendet itu.

4. Pemberian Pakan Dikala Mabung

Metode berikutnya dalam menjaga cendet mabung merupakan dengan meningkatkan pakan ekstra pada cendet. Pada dikala membagikan pakan tambahan buat burung cendet yang lagi mabung, hendaknya ditingkatkan jumlah porsinya.

Dengan ditambahkannya jumlah jatah dari Ekstra Fooding( EF) bakal berguna buat penuhi keperluan vitamin serta nutrisi sepanjang cendet hadapi masa mabung. Ilustrasi pemberian EF setiap hari kala burung tidak lagi mabung dikasihkan dengan dosis, jangkrik yang umumnya dikasihkan 3 ekor pada durasi pagi serta petang hari, dan bila sang burung ini lagi hadapi jatuh bulu( mabung) dapat ditambah menjadi 6 ekor yang dikasihkan pagi serta petang hari.

Sedemikian itu pula kroto, yang dalam situasi tidak mabung cuma diserahkan sebagian kali sepekan, tetapi bila burung lagi mabung dapat diserahkan teratur tiap pagi sepanjang mabung, Larva hongkong dapat diserahkan sebesar 5– 10 ekor pada pagi serta petang hari. Tidak hanya EF yang biasa diserahkan pada cendet, banyak penggemar yang membagikan cacing tanah buat penyeimbang vitamin. Dalam perihal ini, cacing tanah umumnya diserahkan sebesar 1– 2 ekor dalam durasi 2 kali sepekan.

Baca selengkapnya :  10 Makanan Cucak Jenggot Biar Cepat Gacor

Selain EF anda juga harus sediakan pakan voer tiap harinya di cepuk, yang senantiasa tidak berubah- ubah mengganti voer tiap 3 hari sekali dengan voer yang masih fresh.

5. Harus Full Kerodong

Dalam melampaui era gugur bulu yang bisa menyantap durasi sepanjang 1 hingga 2 bulanan, hendaknya kukila wajib di kerodong lalu menembus, supaya sang cendet ini bisa lebih hening serta kilat dalam merontokan bulunya, serta tidak gampang tersendat.

Namun apabila cendet yang sedang rontok bulu ini burung kerap diusik ataupun kandang kukila diablak, tanpa memakai kerodong, hingga dampak esoknya kukila hendak gampang tekanan pikiran serta tersendat cara mabungnya serta berdampak kurang baik pada penampilan burung cendet itu sehabis menjalani setelah mabungnya.

kandang-cendet-full-kerodong

Pemeliharaan cendet dorong ekor


– Pemberian Vitamin Burung

Vitamin jadi salah satu aspek berarti buat penuhi keinginan nutrisi burung yang dikira sedang kurang. Terlebih cendet tercantum burung yang amat kasar serta aktif, alhasil amat menginginkan konsumsi nutrisi ekstra yang amat menunjang cara mabungnya supaya segera berakhir, serta bulu- bulu anyar yang berkembang bakal lebih nampak bersih, serta apik.

Tidak cuma itu saja, kandungan multivitamin yang bagus pula nyatanya bisa melindungi energi kuat badan kebal sang burung supaya esoknya sehabis sesudah mabung burung tidak ngedrop dan dapat macet bunyi bila kekurangan gizi di disaat proses mabungnya.

perawatan-cendet-dorong-ekor

– Janganlah Full Kerodong

Mengkrodong burung cendet sepanjang mabung ataupun lagi proses rontok bulu memanglah amat direkomendasikan. Akan tetapi berbeda dengan yang telah mulai berkembang bulu atau dorong ekor, hendaknya janganlah selalu menutup burung mabung di dalamnya tanpa pernah membuka.

Dalam durasi 30 sampai 50 menit buka kerodong cukup setengah atau resletingnya saja , supaya hawa fresh dapat bergerak di dalam kandangnya. Cermati pula temperatur sekitar dan penerangan saat di malam hari, supaya sang burung dapat lebih fokus buat menuntaskan masa mabungnya itu.

Baca selengkapnya :  Rahasia Mencetak Konin Agar Menjadi Juara Lomba

– Memaster Isian

Umumnya bila cendet hadapi waktu mabung, hingga cendet tersebut akan kerap bungkam serta tidak sering mengoceh. Perihal itu dapat kalian obati dengan metode memasterkan cendet dengan suara burung ocehan yang lain serta gacor amat bagus serta maksimum.

Meski cendet kerap diketahui dengan kecerdasannya dalam mencontoh bermacam berbagai suara burung. Akan tetapi dalam melaksanakan pemasteran saat cendet mabung, betapa bagusnya dicoba dengan pemasteran yang cocok dengan karakter suara cendet. Baca juga : Download Suara Burung Pentet Gacor Full Isian Mp3 untuk masteran

Demikian tips perawatan cendet mabung yang dapat kami berikan sesuai pengalaman para cendet mania di indonesia, agar bisa menambah wawasan temen-temen kicau mania semua, semoga dapat bermanfaat.