Tips Cara Merawat Burung Pelatuk Bawang Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Seperti biasa dimana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips cara merawat burung pelatuk bawang agar rajin berkicau dan maksimal untuk pemasteran burung kicau lainnya.

Ada pertanyaan dari sobat kicau, yang mempunyai masalah pada burung pelatuk bawangnya sudah dirawat sekitar kurang lebih 6 bulan akan tetapi tidak kunjung gacor juga, nah disini sudah kita analisa karena burung pelatuk ini sangat liar dan giras jika burung yang anda rawat selama ini adalah hasil tangkapan hutan yang sudah dewasa memang sangat sulit untuk di jinakkan dan digacorkan.

Berbeda dengan burung pelatuk bawang ini yang masih trotol anakan dari lolohan serta dengan mudah cepat menjadi jinak dengan si tangan pemiliknya tentu lebih cepat gacor jika dibandingkan dengan burung dewasa tangkapan liar. Yuk simak pemaran lebih jelasnya tentang bagaimana caranya memberikan perawatan yang tepat untuk burung pelatuk bawang bisa anda lihat dibawah ini :

Karakteristik Burung Pelatuk Bawang


– Memiliki Kaki dengan cakar yang kokoh. Guna Cakar burung Pelatuk berperan buat memegang ataupun hinggap pada batang pohon walaupun terletak di dataran lurus.

– Memiliki otot Kepala serta otot leher dengan yang amat kokoh. Gunanya sanggup melaksanakan 20 patukan per detik pada batang tanaman.

– Mempunyai Lidah dimensi lumayan jauh serta lengket. Fungsi dari lidah burung pelatuk bawang yang dapat menjulur panjang keluar berperan buat untuk menangkap serangga buat disantap.

Baca selengkapnya :  Cara Menjinakkan Burung Parkit Yang Liar

– Memiliki patuk yang sungguh keras, kokoh, serta tajam semacam tatah. Guna patuk burung Pelatuk berperan mengelupas kulit pohon serta mencari serangga yang bersembunyi di kulit tanaman.

– Mempunyai Bulu Ekor yang amat kaku. Gunanya buat menolong senantiasa normal hinggap di tumbuhan yang besar.

Metode Memilih Burung Pelatuk Jantan Serta Betina


Burung pelatuk bawang bisa di bedakanjantan serta betinanya dari bulu- bulu yang terletak di kepalanya burung pelatuk jantan mempunyai corak merah sebaliknya burung pelatuk bawang wanita bercorak gelap kecoklatan dari bulu jantan nampak jelas lebih nyata dari pada pelatuk bawang cewek yang mempunyai corak bulu yang lebih gelap.

pelatuk-jantan-dan-betina

Kiat Mudah Pemeliharaan Burung Pelatuk Supaya Cepat Bunyi


Persiapan Kandang Burung Pelatuk Bawang

kandang yang dipakai hendaknya dibuat dari besi, misalnya kandang yang kerap dipakai buat lovebird ataupun parkit. Sebab mematuk- matuk ialah sifat natural burung ini, hingga di dalam kandang butuh disajikan batang tumbuhan yang dapat dijadikan pemuasan kebiasaannya. Suatu batang tumbuhan dapat diletakkan dengan cara lurus di dalam kandang.

Batang tumbuhan ini sekalian berperan bagaikan tempat hinggap serta tidurnya, dengan metode menyiapkan seluruh apa yang diperlukan oleh burung pelatuk bawang ini, pastinya hendak membuat situasi sang burung terasa aman serupa kaya di alam liarnya.

gambar-burung-pelatuk-bawang

Pengembunan Rutin

Keluarkan burung pelatuk bawang dari dalam rumah sekitar pukul : 05.00 WIB kemudia letakkanlah kandang burung ini di dasar sangkar di tempat yang terbuka tanpa penghalang diatasnya, agar bertujuan membuat sirkulasi secara langsung udara yang segar dipagi hari membuat embun membasahi tubuh burung dan air minumnya.

Manfaat pengembunan ini sangat baik jika burung pelatuk sedang mengalami stres berat dan macet bunyi, lakukanlah pengembunan untuk pelatuk bawang ini secara teratur selama kurang lebih 1 – 2 bulanan yang akan mengembalikan kondisi dan menstabilkan birahinya agar dapat gacor kembali seperti biasanya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Kolibri Wulung - Makanan, Harga Dan Suara

Pemandian serta Penjemuran

Sama perihalnya seperti mengurus burung kicauan pada umumnya, burung pelatuk ini pula memerlukan mandi serta berjemur, tetapi terdapat yang sedikit berlainan buat tipe pelatuk bawang ini, sebab temperatur badan yang dipunyai burung ini amat panas, serta di alam liarnya tidak sangat menggemari mandi, buat burung yang telah di pelihara bisa kamu memandikannya minimun 1 minggu sekali ataupun 3 hari sekali saja. Buat penjemuran burung terkait situasi mentari, bila panas amat serta mensupport hingga dapat kamu lakukan penjemuran teratur tiap harinya.

Pemberian Pakan Setiap hari Pelatuk Bawang

Pada dasarnya Burung Pelatuk ialah salah satu tipe Burung masteran yang amat suka dengan tipe santapan serangga yang mempunyai dimensi kecil semacam telur semut tumbuhan, larva yang terdapat di tengah tengah batang tumbuhan, kroto serta pula masih banyak lagi yang lainnya.

perawatan-burung-pelatuk

Tipe EF yang di bagikan buat burung pelatuk bawang ialah jangkrik, ulet hongkong serta keroto fresh pemberian jangkrik hendaknya 3- 5 akhir saja. Oleh sebab itu dalam perihal pemeliharaannya biar burung pelatuk itu senantiasa tetap gacor tiap disaat selaku burung masteran ocehan kesayangan kamu kamu dapat membagikan tipe pakan pendamping serta salah satunya ialah kroto. Di disaat pagi serta petang hari pemberian kroto dapat dicoba tiap hari atau 2 hari sekali buat melindungi kondisi pelatuk bawang tetap segar serta tidak mengurangi kegacoranya yang bisa membatasi peroses pemasteran burung yang di master.

Tidak cuma pakan extra saja, buat memenuhi gizi serta mineral asupan burung, kamu pula dapat memberikannya voer kasar sebab kepribadian pelatuk bawang yang senang mengotori cepuk pakanya dengan cara membawa voer serta membasahkan pakanya alhasil kicau mania membagikan voer yang lembut supaya burung pletuk bawang tidak lagi mencelupkan pakanya di media minumnya tipe voer yang di maanfaatkan juga lumayan beraneka ragam terdapat yang memberikan voer burung dan voer halus ayam, tetapi perihal ini butuh di samakan dengan kepribadian tiap- tiap burung supaya bebas dari perihal yang tidak di inginkan.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Jalak Suren Menjadi Gacor

Pemberian Vitamin Burung

Serupa dengan burung lainya burung pelatuk bawang membutuhkan nutrisi ekstra di luar dari extra fooding setiap hari serta pakan voer yang di kasih tiap hari pemberian multivitamin serta mineral berguna buat melindungi kondisi burung supaya senantiasa fit biar kukila bebas dari penyakit serta virus yang

bisa menyebar melului udara tidak hanya itu pemberian multivitamin bisa membuat burung lebih setabil serta gacor tiap hari.

Kerodong Burung Pelatuk

Tidak, semacam burung yang di master, pelatuk bawang tidak wajib di kerodong diwaktu pagi hingga petang hari, tetapi bila kamu mau mengerodong hendaknya cuma malam hari saja. Burung pelatuk bawang merupakan burung master serta kita harus melindungi durasi istirahatnya. Sebab khasiat pengkerodongan supaya sang burung dapat lebih tenang, serta tidak terganggu oleh predator, binatang pemangsa yang lain: semacam tikus, musang, kucing pada malam harinya. Baca juga : 3 Jenis Pelatuk Terbaik Untuk Burung Masteran