Makanan Burung Perkutut

Diposting pada

makanan burung perkutut – Masih kembali bersama situs resmi Kacer.Co.Id yg selalu memberikan info terupdate seputar dunia burung kicau, nah tema kali ini adalah seputar makanan burung perkutut terbaik untuk hariannya agar sehat dan selalu rajin berkicau.

Bagi temen-temen yg masih pemula, tentu sangat kebingungan ya ! Memberikan pakan yg tepat untuk burung perkutut baru kalian !. Jika kalian membutuhkan informasi ini, tanpa harus berlama-lama yuk langsung aja simak pembahasan lengkapnya, sampai habis biar temen-temen tidak gagal paham :

Makanan Burung Perkutut Agar Cepat Gacor


Namun ada berbagai makanan burung perkutut liar seperti pakan biji yg biasa diberikan untuk burung perkutut yang sudah remaja ataupun dewasa ya, yaitu seperti :

  • Milet Putih
  • Jewawut
  • Ketan Hitam
  • Kacang Hijau
  • Beras Merah
  • Gabah

Dari ke enam jenis biji-bijian ini bisa kalian coba satu persatu ya, atau di selang seling dalam hal pemberian pakan hariannya, misalkan di hari senin sampai selasa di kasih biji jewawut, rabu dikasih milet putih, kamis menunya kacang hijau. Dan seterusnya ya, intinya pemberian pakannya di acak setiap harinya agar nantinya si burung bisa terpenuhi dari setiap manfaat untuk asupan yg dibutuhkannya ya.

Namun jika temen-temen nggak mau ribet atau repot ya, yg disibukan oleh berbagai aktifitas diluar, tentu kepingin memberikan satu jenis pakan untuk pakan hariannya yg penting burung sehat dan intinya sama saja ya.

Kalian bisa membelinya pakan instan di kios burung khusus untuk pakan perkutut gold coin misalnya, jadi cukup 1 jenis saja dan itupun sudah terkategori pakan yg direkomendasikan bagus dikonsumsi oleh burung perkutut kesayangan anda. Akan tetapi harga makanan burung perkutut yg sudah tersaji instan tentu jauh lebih mahal ya, ketimbang kita membelinya secara kiloan.

Baca selengkapnya :  Cara Menjinakkan Burung Kutilang

Cara-Membuat-Makanan-Burung-Perkutut

Baca juga : suara pancingan perkutut lokal mp3

Cara Membuat Makanan Burung Perkutut

Untuk membuat racikan makanan burung perkutut dengan gaya kita sendiri tentu sangatlah mudah, dengan apa yg telah dijelaskan dipoint pertama dari ke enam jenis pakan ini dapat kita gabungkan / kombinasi secara langsung.

Nah cara menyiasatinya temen-temen harus membelinya dari setiap ke enam jenis pakan biji tersebut, contoh : beli lah dengan takaran cukup 1/4 saja ya. Lalu kita gabungkan di dalam satu wadah dan kita rendam di ember menggunakan air. Periksalah biji-bijian yg ngambang berarti kososng, harus di singkirkan (dibuang ya) jadi biji-biji yg tenggelam di dasar itulah yang ada isinya yg nanti kita pilih dan diolah selanjutnya.

Lalu untuk campurannya kalian bisa menggunakan 1 gelas air matang (mineral), 1 telur ayam kampung, 1 saset madu rasa, 1 saset jamu sehat pria (wow), mantap pokoke nih. Setelah itu dari banan-bahan ini kalian campurkan dan di aduk hingga merata ya, namun untuk telurnya hanya di ambil kuning telurnya saja ya temen-temen.

Nah jika sudah di aduk hingga merata baru di campurkan lagi dengan biji-bijian yg sudah kita seleksi tadi ya, lalu di jemur 30 menit, kemudian di sangrai hingga kering lalu di angin-anginkan sampai benar-benar bahan meresap kedalam biji pakan perkutut tersebut ya.

Cara Meloloh Anakan Burung Perkutut

Nah bagi temen-temen yang ingin mencoba menangkar atau membeli burung perkutut yg masih piyikan ini dari penangkar pasti bingung ya, untuk perihal pemberian pakannya ?. Namun kira-kira apa makanan burung perkutut anakan ?.

Namun untuk cara / tips pemberian makanan untuk anak burung perkutut sebagai berikut :

Contoh disini misalkan anaknya burung perkutut yg masih di bawah 2 minggu, tentu sangat rawan akan mati jika cara melolohnya kurang tepat ya. Untuk pakannya kalian bisa memberikannya voer untuk perkutut merk topsong kuning yg di campur dengan leopart ya lalu di aduk menggunakan air, hingga teksturnya berbentuk seperti bubur bayi ya.

Baca selengkapnya :  Cara Menaikan Emosi Murai Batu Paska Mabung

Kemudian siapkan mangkung dan kain bersih untuk menyaringnya ya, Lalu kain tersebut dilubangi seukuran pas paruhnya si piyik tersebut yang kita bantu pelan-pelan kita suapin langsung voer lembut yang sudah kita campur tadi menggunakan tangan pelan-pelan saja ya.

lolohan-anakan-burung-perkutut

Baca juga : perbedaan perkutut bangkok dan lokal

Pemberian Buah Dan Vitamin Yg Bagus

Selain dari pemberian biji-bijian kalian juga bisa memberikan makanan buah burung perkutut, nah kira-kira buah apa ya yg disukai dan banyak memiliki manfaat bagi burung ini ?. Tentu kalian bisa memberikannya buah pepaya, sama-sama sudah kita ketahui dari Manfaat Pepaya tersebut ya tidak hanya untuk burung, untuk kita sebagai manusia juga bagus untuk melancarkan pencernaannya.

Biar lebih maksimal kalian juga harus memberikannya vitamin pada air minumnya ya, lalu apa ya vitamin burung perkutut yang bagus dan aman tentunya, untuk pengalaman pribadi dan rekomendasi dari kami, untuk menyarankan menggunakan Ebod VIT atau BNR VIT juga boleh ya. Agar kesehatan dan kekebalan tubuh si burung perkutut ini agar tetap terjaga setiap harinya. Pemberiannya cukup 1 minggu sekali saja ya untuk buah dan vitaminnya.

Ya jadi itu saja ya tips dari kami seputar makanan burung perkutut yg bisa kalian coba dirumah, semoga kiranya dapat bermanfaat bagi para penghobi burung perkutut mania di nusantara. Terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari