Cara Merawat Burung Hantu Untuk Pemula

Diposting pada

Halo temen-temen semua, kembali lagi nih masih tetap bersama Kacer.Co.Id yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips bagaimana cara merawat burung hantu untuk pemula ?,

bagi kalian yang menyukai burung peliharaan yang unik, dan bisa dijadikan sebagai teman ataupun partner yang menyenangkan tentu pilihan untuk merawat burung hantu ini adalah keputusan yang tepat ya.

Namun ada dari pertanyaan temen-temen, bagaimana jika kita memelihara burung hantu menurut islam ?. Oke menurut pengetahuan yang saya ketahui tentang burung hantu ini, tentu sama saja kita memelihara jenis burung pada umumnya, namun karena mitos yang beredar di masyarat luas yang terlalu menggembar-gemborkan masalah hal mistik ataupun ghoib,

tentu tidak jadi masalah ya dan itu mungkin hanyalah mitos belaka. Jadi kalian yang khususnya muslim ya menurut kami sah-sah saja jika memelihara burung hantu ini ya tidak ada larangannya.

Yuk langsung aja kita kembali ke pokok bahasannya seputar cara merawat burung hantu yang baik dan benar khususnya bagi temen-temen yang masih pemula ;

bagaimana-cara-merawat-burung-hantu

Bagaimana Cara Merawat Burung Hantu ?


Persiapan Peralatan

Tips yang pertama disini dari kesiapan dalam segi perlatan ya, karena kita ketahui dalam hal merawat burung hantu ini tidak memerlukan kandang ataupun sangkar serperti burung kicau biasa pada umumnya, sebenarnya sama saja ya, baik cara merawat burung hantu yang baru ditangkap ataupun burung hantu yang masih anakan atau hasil ternakan.

Kalian cukup mempersiapkan : perch, equipment, glove, partner. Nah perch itu adalah tempat atau tangkringan burung ya temen-temen dan jika kita memiliki bajed yang minim tentu kalian tidak usah khawatir ya, temen-temen bisa membuatnya dengan menggunakan pipa paralon yang kita ikat menggunakan tali tambang atau di sambung dengan lem yang membentuk seperti bentuk gawang kecil ya.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Dan Mengobati Burung Murai Batu Yang Nyilet

Atau jika tidak menggunakan pipa paralon, kalian juga bisa menggunakan batang pohon yang agak besar ya, di usahakan yang membentuk hurut ( T ) yang kalian desain sendiri sesuai variasi dan kenyamanan si burung hantu tentunya ketika saat bertengger di atas perch tersebut ya.

Nah agar lebih aman kalian bisa mengikat kakinya dengan menggunakan rantai khusus ya, yang banyak di jual di toko online ataupun di kios burung untuk proteksi agar burung tidak terbang,

biasanya cara ini diterapkan bagi burung yang baru kalian dapat dan belum nurut ataupun jinak ya.Dengan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan sebelum merawatnya merupakan salah satu cara agar burung hantu tidak kabur.

cara-agar-burung-hantu-tidak-kabur

Perawatan Rutin Setiap Pagi Hari

Nah untuk rawatan hariannya yang paling utama itu adalah konsisten ya, yang dimana kalian sebagai perawat sekaligus pemilik si burung hantu kesayangan kalian, tentu wajib memberikan pemandian di waktu pagi hari sekitar dari pukul : 8 – 9 pagi ya, jangan terlalu siang-siang ya memandikan burung hantu ini.

Nah cara memandikannya kalian bisa menggunakan spray semprotan ya, dan juga bisa memakai obat anti kutu seperti jati jajar ataupun merk lainnya, namun pemberian obat kutu jangan setiap hari ya, cukup seminggu maksimal 1 – 2 kali saja. Dengan penggunakan obat kutu bagi burung hantu sangatlah penting ya,

dikarenakan bulu yang dimiliki oleh burung hantu ini sangat tebal dan lebat ya, dengan menggunakan obat kutu ini selain membasmi kutu juga bisa membersihkan dan mengkilapkan, menghaluskan bulu burung hantu kesayangan kalian pastinya.

Nah selain itu pemberian vitamin juga sangat baik ya jika kita berikan untuk burung hantu kita, apalagi pada saat musim panca roba seperti sekarang ini ya. Tentu sistem imun tubuh si burung akan mudah terserang penyakit jika kita tidak memberikan asupan tambahan berupa vitamin kepada burung hantu tersebut, dengan cara pemberian vitamin ini merupakan salah satu cara merawat burung hantu yang sakit juga bisa di coba ya.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Mantenan

cara-merawat-burung-hantu-putih

Nah untuk makanan burung hantu peliharaan bisa kalian cek disini

Beri Waktu Menning Untuk Partner

Nah cara memelihara burung hantu dewasa waktu menning ini adalah kalian sebagai pemilik harus sesering mungkin untuk meluangkan waktu untuk berinteraksi kepada partner kalian ya atau burung hantu kesayangan temen-temen, agar bertujuan si burung lebih nyaman dan lebih dekat dengan si pemiliknya, tidak sungkan ataupun takut ya.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk melakukan interaksi pada burung hantu tersebut, sebaiknya kalian membeli sarung tangan khusus ya, ya digunakan sebagai pijakan kaki burung hantu kita saat mendekati atau menangkring di tangan kita, karena jika kita tidak menggunakan sarung tangan yang khusus maka tangan kita bisa cidera atau luka terkena kuku yang tajamnya.

cara-merawat-burung-hantu-kecil

Oke jadi demikianlah tips yang bisa kami bagikan seputar cara merawat burung hantu, selamat mencoba, semoga sukses dan semoga dapat bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari