Mengenal Ciri Dan Jenis Burung Perkutut Bangkok

Diposting pada

Siapa yang tak mengenal burung perkutut sekarang ini. Burung yang dari dulu kala memang sudah banyak dikenal. Apalagi buat kalian yang mengaku sebagai pecinta kicau mania, pastilah perkutut adalah nama yang tak asing lagi untuk kalian dengar.

Perkutut sendiri adalah salah satu burung paling banyak dipelihara di Indonesia. Apalagi oleh masyarakat Jawa, wajar saja sebenarnya jika mengingat suaranya yang merdu yang jadi ciri khas dari burung perkutut itu sendiri.

Selain itu, burung tersebut merupakan burung yang mempunyai segudang mitos berbau ghaib dan itu juga sudah menjamur di kalangan masyarakat.

Umumnya burung perkutut lokal adalah jenis burung yang mayoritas didatangkan atau dicari dari hutan. Itu akhirnya membuat burung tersebut jadi banyak digemari oleh kicau mania. Mitos tersebut merupakan burung perkutut yang konon katanya mampu mendatangkan keberuntungan.

Lalu akan ada keajaiban dan juga keberkahan untuk pemiliknya. Tidak tahu apakah mitos tersebut betul atau pun tidak yang pasti mitos tersebut rupanya telah dipercayai oleh masyarakat Indonesia.

Perkutut bangkok. Buat kalian yang ingin memelihara burung perkutut kalian pastinya akan pelihara burung yang bagus. Supaya kalian tahu mana burung perkutut bagus untuk dipelihara. Selain itu juga kalian perlu mengenali ciri-cirinya.

Nah, di bawah ini akan diulas terkait ciri – ciri dari burung perkutut :

Mengetahui keunikan dari burung perkutut

  • Kepala perkutut biasanya besar yaitu dengan ukuran besar itu menandakan bahwa otak perkutut juga besar. Itu akhirnya dianggap bahwa burung perkutut adalah burung yang pintar atau cerdas.
  • Pilih burung yang mempunyai hidung besar. Katanya itu menandakan jika pernafasan burung perkutut lancar dan juga lebih kuat.
  • Pastinya Anda harus mencari burung yang tubuhnya lebih besar dibanding burung lain. Ini menandakan fisiknya kuat sehingga siap tampil untuk perlombaan.
  • Ciri lain yaitu pada bagian pupur abu – abu yang atas paruhnya melebar hingga ke atas mata. Jenis ini merupakan jenis seperti tipe perkutut lokal yang bagus dipelihara di rumah seperti perkutut bangkok.
  • Pilihlah perkutut yang memiliki paruh panjang. Yang mana perkutut itu nanti bakalan mempunyai vokal bagus. Di mana burung tersebut sering sekali berbunyi dan juga rajin manggung alias berkicau.

gambar-perkutut-bangkok

Variasi Jenis Burung Perkutut

Perkutut bangkok. Di Jawa sendiri burung perkutut jadi burung katas atas yang banyak sekali digemari dan juga disukai masyarakat. Selain mempunyai suara yang khas mampu membuat banyak orang ingin sekali untuk memelihara.

Baca selengkapnya :  Ciri Tledekan Laut, Beserta (Harga dan Suara)

Burung bernama latin Geopelia Striata itu dapat dipercaya mampu mendatangkan banyak keberkahan untuk sang pemilik. Bahkan tak jarang burung tersebut juga dipercaya mempunyai kekuatan gaib mampu mempengaruhi pemiliknya.

Di pasaran kalian bakalan menemukan banyak sekali jenis dari burung perkutut. Ada pula burung perkutut bangkok. Yang mana jenisnya berbeda – beda, entah itu dilihat dari segi fisik sampai harga yang ditawarkan juga.

Baca artikel terkait seputar burung perkutut :

Berikut ini merupakan jenis burung perkutut yang perlu kalian ketahui

Perkutut songgo ratu

Perkutut ini memiliki jambul pada bagian kepala. Yang mana jambulnya itu memiliki warna putih mirip sekali dengan mahkota. Sementara untuk paruh, bulu serta kakinya memiliki warna hitam. Nah, kicauan dari perkutut sendiri tak begitu besar.

Yang mana mempunyai model lekukran mirip dengan perkutut seperti pada umumnya. Perkutut tersebut dipercaya bisa menampik santet yang dapat meningkatkan kewibawaan pemiliknya juga.

Perkutut lurah

Sesuai dengan nama yang disandang jenis dari perkutut tersebut banyak sekali dipelihara mereka yang memiliki kedudukan. Yang biasanya perkutut lurah dapat memancarkan kewibawaan sang pemilik.

Burung perkutut lurah memiliki corak warna lurik, kemudian di bagian bulu dada warnanya lebih terang. Perkutut tersebut lumayan populer untuk kalangan masyarakat Indonesia.

Perkutut Hitam

Untuk mendeskripsikan perkutut yang satu ini semua bulu perkutut mempunyai warna hitam. Masyarakat Jawa kerap memanggil perkutut dengan panggilan Kol Buntet.

Yang mana burung tersebut dianggap sebagai raja untuk semua jenis perkutut yang ada di alam. Perkutut hitam memanglah yang paling sering disangkut pautkan dengan hal – hal gaib. Perkutut bangkok.

Perkutut putih

Tahukah kalian bila perkutut putih tak hanya masuk dalam jajaran perkutut. Namun perkutut putih yaitu jenis perkutut albino yang tak memiliki pigmen warna kulit pada tubuhnya.

Hingga mampu membuat seluruh bulu serta kulit memiliki warna putih. Sama halnya dengan hewan albino bahwa perkutut putih memiliki paruh dan juga bola mata berwarna merah terang.

Perkutut putih itu sendiri di pasaran lumayan langka. Itu lantaran burung tersebut sangat sulit sekali didapatkan. Fenomena yang membentuk mutasinya sangat jarang sekali terjadi. Walau begitu masyarakat tetaplah menghubungkan burung tersebut dengan hal – hal yang berbau ghaib.

Nah, itulah ulasan terkait burung perkutut. Perkutut bangkok.