Cara Memilih Kenari Lokal Super Prospekan Kualitas Terbaik

Diposting pada

Kenari Lokal Super – Burung kenari ini dapat dibilang burung sejuta umat, karena dari keistimewaan yang dimilikinya tidak sedikit orang yang yang menyukai jenis burung ini, dari berbagai kalangan, baik yang muda sampai yang tua sekalipun. Karena dari perawatan yang sangat mudah dilakukan serta memiliki suara nan indah dengan kicauan yang berirama nada yang enak didengar, dan juga karena jenis kenari loper ini memiliki harga yang murah.

Banyak para pembeli yang senang memilih burung kenari bahan di kandang ombyokan, dikarenakan harga yang terjangkau, akan tetapi namanya juga burung bahan, pasti cuman bisa ngeriwik saja, belum gacor ngerol panjang tentunya. Setidaknya anda juga harus pintar dalam memilih burung kenari yang masih anakan tersebut, karena jika anda tidak mengetahui caranya anda bisa mendapatkan jenis kenari yang berkualitas buruk dan tidak sesuai dengan jenis kelamin yang anda inginkan.

Bagi temen-temen kicau, khususnya untuk para hobiis burung kenari mania di indonesia, ada banyak sekali sobat kicau yang masih pemula ini jika membeli burung kenari asal-asalan dan banyak yang belum mengetahui dan cara memilihnya, maka dari itu pada kesempatan kali ini situs resmi Kacer.Co.Id akan membahas tentang bagaimana cara memilih burung kenari berjenis jantan lokal super yang memiliki kualitas terbaik. Yuk simak pemaparan selengkapnya dibawah ini :

Tips memilih kenari lokal super bahan ombyokan


Jika temen-temen tepat memilih jenis kenari lokal super yang memiliki kualitas baik dari bahan dan dirawat sampai tumbuh dewasa, sudah pasti akan gacor dan memiliki mental dan kualitas suara yang sangat baik tentunya.

Baca selengkapnya :  Apa Itu Burung Kedasih ? Berikut Penjelasan Lengkapnya Disini !

Kenari Jantan

ciri-kenari-jantan

Pastikan pilih yang berjenis kelamin jantan, lalau bagaimana caranya membedakan jantan dan betinanya ?. Nah untuk kenari ombyokan tersebut biasa memiliki usia dibawah 3 sampai 5 bulan jadi salah satu tips melihat dari fisik dan paruh yang dimilikinya, pilihlah yang memiliki bentuk selah paruhnya yang sejajar ditarik lurus dengan bola mata burung kenari. Jika sama lurus bisa dipastikan ini salah satu ciri kenari jantan.

ciri-kenari-betina

Untuk burung kenari yang lebih dewasa, bisa lihat atau dipegang alat kelaminnya di dekat area ekornya, atau sering disebut dengan kloaka. Untuk ciri dari kenari betina ini memiliki kloaka lebih bulat, bengkak dan berwarna merah yang menjadi tanda si kenari betina ini siap untuk diproduksi. Dan untuk kloaka burung jantan berbeda lebih terlihat menonjol kedepan jika diraba sangat terasa sekali tonjolan yang dimiliki oleh jenis kelamin jantan burung kenari tersebut.

kloaka-kenari-jantan

Fisik Yang Normal

Selain itu juga hal yang perlu temen-temen perhatikan dalam memilih jenis kenari apapun, perhatikan juga kesempurnaan fisik yang normal dan tidak memiliki cacat fisik ya. Amati bentuk tubuh dari ujung kaki sampai ujung kepalanya, seperti jari atau kuku kaki, bentuk kaki, badan, mata, paruh, kerapihan bulu, apakah kenari baik-baik saja memiliki jasad yang masuk kategori normal. Jika tidak ada masalah baru boleh anda calonkan untuk nilai penyeleksian dengan kenari lainnya.

Aktifitas Burung

Diusahakan pilihlah kenari yang terbang dengan lincah dan aktif dalam bergerak, menandakan burung kenari seperti ini sedang dalam kondisi FIT sehat apalagi yang sering mengeluarkan suara kicauannya walaupun berada dikandang ombyokan terbsebet. Jangan memilih kenari yang sedang muyung, leus, kegemukan dan malas berkicau.

Baca selengkapnya :  Apa Itu Burung Anis Merah ?. Berikut Penjelasan (Lengkap)

Sifat Agresif

Yang dimaksud agresif disini, dari karakter mental yang bagus dari anakan juga sudah terlihat, misalkan jika ada kenari yang mendekatinya si burung ini akan bertingkah laku lebih menunjukan sifat agresifnya yang seakan-akan memiliki kawasan daerah teritorialnya, yang menandakan langsung mamtok menyerang kenari lainnya ataupun langsung mengeluarkan suaranya.

Bentuk Leher Dan Paruh

Pilihlah jenis burung kenari ini yang memiliki leher agak besar, dan terlihat menggelembung di dekat tenggorokan tengahnya saat berkicau. Karena dari sinilah kita bisa menilai, bahwa kenari tersebut sudah pasti nantinya jika sudah dewasa akan memiliki suara kicauan yang maksimal, dengan tembakan ngerol panjang dan lantang keras terdengarnya.

Namun untuk kenari yang memiliki paruh tebal ini juga sangatlah baik, karena tipe paruh yang tebal ini biasanya memiliki daya tahan tubuh dan stamina yang baik dan cocok untuk dijadikan sebagai burung lapangan nantinya.

Kombinasi Warna Bulu

Menurut penelitian, dan pengalaman yang yang sering dijumpai adalah masalah dalam pemilihan bentuk warna bulu yang dimilikinya, disarankan pilihlah kenari yang memiliki warna campuran yang berbeda dan berkombinasi dengan warna lainnya, misalkan warna hitam dan kuning, hijau botol seperti loreng belang yang dimaksudnya.

kenari-warna-kobinasi-campuran

Baca juga artikel lainnya : Daftar Harga Burung Kenari Terbaru Dan Terlengkap Tahun 2020

Karena jenis kenari yang memiliki warna lebih dari satu jenis warna, sudah pasti lebih cepat untuk berkicau dan memiliki birahi yang lebih stabil jika di trek dengan sesama jenis kenari lainnya.

Sekian tips Cara memilih kenari lokal super yang tepat agar nantinya anda tidak kecewa dan salah dalam menentukan kenari yang sesuai dengan harapan dan keinginan temen-temen kenari mania semua, semoga bermanfaat.