Fakta Unik Burung Cendrawasih di Indonesia

Diposting pada

Kamu tentu pernah mendengar atau melihat foto dari burung Cendrawasih bukan ? Dengan kecantikannya, burung ini menjadi unggulan dan daya tarik dari provinsi Papua. Bahkan tak heran jika beberapa wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjungi Papua untuk melihat secara langsung burung surga ini. Selain bulunya yang mempesona, nyatanya Cendrawasih memiliki berbagai fakta unik yang perlu kamu tahu. Apa saja itu ?. Mari kita simak penjelasan beserta gambar burung cendrawasih selengkapnya dibawah ini.

burung-cendrawasih

Fakta Unik Si Burung Surga, Cendrawasih


1. Sempat Menjadi Komoditi Perdagangan

Kecantikan Cendrawasih memang sangat terkenal, bahkan dijuluki sebagai burung surga atau bird od paradisaea. Seseorang yang memberikan julukan ini adalah warga Inggris, yang sebelumnya tidak percaya dengan adanya Cendrawasih. Karena pesonanya tersebut, Cendrawasih bahkan pernah menjadi hadiah bagi para raja di tahun 1522.

Burung surga ini memiliki kecantikan bulu, yang membuatnya menjadi komoditas perdagangan di akhir abad 19 dan awal 20. Dengan perpaduan warna cokelat, kuning, dan putih, membuat bulu Cendrawasih cukup tren untuk menghias topi para wanita. Meskipun begitu, saat ini burung surga ini termasuk menjadi hewan yang dilindungi. Sehingga, menangkap dan menggunakan bulunya sebagai topi sudah masuk dalam pelanggaran.

2. Habitat Cendrawasih

habitat-burung-cendrawasih

Burung Cendrawasih ini adalah salah satu spesies asli dari Indonesia, tentunya kita sebagai warga Tanah Air perlu berbangga. habitat burung cendrawasih hanya dapat ditemukan di bagian timur, seperti Papua dan pulau di selat Torres.Namun ada pula yang ditemukan di Papua Nugini maupun bagian timur Australia.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Poksay Jambul Putih

Dari total 41 spesies Cendrawasih di Indonesia, sebanyak 37 diantaranya berhabitat di Papua. Habitat asli dari Cendrawasi berada di kawasan hutan lebat, dan berada di dataran rendah. Karakteristik dari burung ini adalah warna bulu yang cerah, dan cukup menarik perhatian. Selain kuning warna dari bulu Cendrawasih seperti merah, biru, dan hijau. makanan burung cendrawasih yang paling digemari adalah buah dan biji-bijian.

paradisaea

3. Populer Karena Acara TV

Bagaimana burung surga ini pertama kali dikenal dunia ? Pertama kali Cendrawasih mulai populer di negeri barat adalah, pada tahun 1996. Melalui program telebisi yang dipandu pecinta alam David Attenborough, popularitas dari Cendrawasih semakin meroket. Kala itu Davin merekam tentang kehidupan Cendrawasih, ketika dalam perjalanan menuju Papua Nugini.

Dalam video yang diambil oleh David, ia memperlihatkan kebiasaan dan cara kawin dari Cendrawasih. Melalui cuplikan tersebut pula, semakin banyak orang tersepona dengan bulu indahnya. Dari tahun 1996, mulailah masyarakat semakin mengenal dan memburu Cendrawasih untuk dipelihara maupun dijadikan penghias topi. Saat ini Cendrawasih termasuk hewan langka, ada baiknya kita selalu melestarikannya.

4. Memiliki Berbagai Jenis

Cendrawasih ini memiliki berbagai jenis, umumnya sebutan dari setiap jenis dilihat dari warna bulunya. Terdapat 5 jenis burung Cendrawasih, yang pertama adalah Lesser Bird of Paradise. Jenis ini merupakan jenis Cendrawasih kuning kecil, yang panjangnya hanya 32 cm. Jenis kedua adalah Blue Bird of Paradise, dimana sesuai namanya Cendrawasih jenis ini memiliki warna biru. Jenis kedua ini menjadi khas Papua Nugini, yang memiliki panjang hingga 30 cm.

cendrawasih-papua

jenis burung cendrawasih yang ketiga adalah Astrapia Ribbon Tailed, dimana salah satu jenis yang memiliki ekor panjang. Panjangnya bahkan bisa sampai 3 kali tubuhnya, jenis ini sering ditemukan di bagian tengah papua. Jenis ke empat adalah Cendrawasih merah, yaitu jenis yang memiliki dominan warna merah. Sedangkan jenis terakhir adalah paradise Rifflebird, dimana memiliki mahkota biru kehijauan.

Baca selengkapnya :  Inilah Perawatan Yang Tepat Untuk Murai Batu Mabung (Molting)

Cendrawasih adalah salah satu burung di Indonesia, yang telah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Dengan kecantikannya tersebut, membuat Cendrawasih masih menjadi sasaran pemburuan liar. Padahal, burung surga ini telah masuk dalam kategori dilindungi oleh pemerintah. Agar pesona alam dan keindahannya selalu dapat kita nikmati, maka perlunya campur tangan masyarakat untuk ikut melindungi Cendrawasih.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar Fakta Unik Burung Cendrawasih di Indonesia. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda di dunia burung kicau. Terima kasih.