Tips Perawatan Harian Burung Robin

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Halo sobat kicau masih berjumpa kembali bersama website resmi Kacer, yg dimana pada malam akhir tahun 2021 ini kami akan berbagi tips dan informasi seputar perawatan harian burung robin agar selalu sehat dan rajin bunyi setiap hari ya.

Memang ada beberapa jenis burung robin di indonesia, namun yang dimaksud dan di ulas kali ini adalah jenis robin eropa atau burung robin import bukan robin sunda biru lokal ya temen-temen

asal burung robin ini tentu habitat semula jadi nya itu dari benua eropa ya yang dimana memiliki ciri tubuh yang kecil ya dengan ukuran panjang sekitar 13 – 15 cm dan memiliki suara yang sangat lantang dengan irama yang merdu di dengar, jika kita amati sekilas mirip burung pleci ya, namun ada warna khusus pada area sayap di pangkal nya yang berwarna merah dengan kombinasi kuning tua ya,

Dan untuk ciri burung robin jantan dan betina jika kita perhatikan memang terlihat hampir sama / mirip ya temen-temen, akan tetapi jika kita paham cara membedakannya maka kalian pasti akan tahu yang mana jenis robin jantan ataupun yang betina nya. Oke lanjut aja kita ke topik pembahasannya dibawah ini ya seputar cara merawat burung robin :

Cara Mudah Merawat Burung Robin Agar Rajin Bunyi


Pengembunan Rutin Setiap Hari

Sama-sama kita ketahui ya, manfaat embun untuk jenis burung kicauan tentu sangatlah bermanfaat, jadi kalian wajib mengembunkannya setiap pagi, biasanya sekitar jam 5 subuh boleh kalian keluarkan burung dari dalam rumah untuk di embunkan ya, sampai matahari terbit ya sekitar jam 7 pagi

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Penanganan Burung Kenari Yang Over Birahi

manfaat embun ini sendiri sangat bagus untuk kesehatan burung robin ya, selain merangsang untuk bunyi selain itu untuk kebugaran tubuhnya dan agar tidak mudah sakit dan selalu vit ya temen-temen.

cara-memandikan-burung-robin

Pemandian, Penjemuran Serta Kebersihan Sangkar

Setelah burung robin ini selesai di embunkan sampai jam 7 atau paling lama 8 pagi, baru boleh kalian mandikan ya, dengan menggunakan semprotan atau wadah yang agak berukuran besar jika burung robin kalian sudah bisa mandiri alias mandi dengan sendiri !. Jika belum kalian boleh menyemprotnya dengan sprayer secara halus saja dengan setelan seperti air embun gitu ya.

Sembari burung mandi jangan lupa juga kalian wajib membersihkan kotorannya setiap hari, agar burung merasa nyaman, untuk rawatan burung robin saya pribadi saya bisa sampai 2 kali dalam sehari membersihkan kotorannya ya, padi dan sore, tentu akan lebih nyaman lagi burungnya apabila kondisi si kandang selalu dalam keadaan bersih terus ya.

Setelah burung dimandikan, sangkar / kandangnya dibersihkan juga lalu kita tahap ke penjemuran ya, untuk burung robin ini tidak perlu butuh waktu lama untuk menjemurnya ya maksimal itu cukup 30 menitan saja, karena habitat asli burung robin tinggal di daerah yang bersuhu dingin dan jarang sekali terkena panas matahari.

asal-burung-robin

Makanan Kesukaan Burung Robin

Setelah burung robin di jemur barulah kita pada pemberian pakan hariannya ya. Apa saja sih pakan favorit burung robin ini ?. Nah untuk jenis burung robin ini juga sangat menyukai serangga kecil dan buah-buahan ya, untuk biasanya saya memberikan ulat kandang, jangkrik atau keroto untuk pakan EF pendampingnya selain voer ya. Kalian bisa selang seling untuk menu ulat kandang dan keroto nya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Dan Ampuh Membersihkan Kutu Burung

nah selain pakan buah-buahan seperti pisang, kalia juga wajib menyediakan seitap harinya pakan voer ya, voer untuk burung robin yang disukai biasanya para kicau mania menggunakan voer halus seperti leopard ya boleh kalian berikan yang kuning ataupun yang hijauh itu tidak masalah ya, asalkan si burung robin kesayangan anda doyan dan lahap memakannya.

Nah untuk harga burung robin sangat bervariatif terngantung musim, dan tempat wilayah atau daerah tinggal kalian masing-masing, untuk kisaran harga di pasar pramuka sekitar 750 ribu sampai 1 jutaan ya temen-temen, wow luar biasa ya, kecil-kecil harganya mahal juga.

Jadi intinya dalam hal perawatan kalian tidak boleh asal-asalan dong, karena mengingat harganya yang relatif lumayan mahal tentu jangan kalian sia-siakan hobi dalam merawatnya dengan baik dan maksimal, konsisten dan intinya bersabar ya temen-temen, pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan untuk kalian semua.

Demikianlah tips perawatan harian burung robin, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat ya, salam kicau mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari