Inilah Keistimewaan Burung Merak Yang Terpopuler Di Dunia

Diposting pada

Siapa yang tidak terpesona dengan Burung Merak ? Burung dengan mahkota dan ekor yang mempesona ini, seolah mampu menghipnotis kita dengan kecantikan dan keanggunannya.

Salah satu merak yang paling populer di dunia adalah merak jantan, dengan bulunya yang indah dan warnanya yang mempesona. Lantas, apa saja keistimewaan merak jantan ? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

gambar-burung-merak

Keistimewaan Merak Jantan


1. Ekor yang Indah dan Sebagai Perlindungan

Ketika kita melihat merak jantan, tentu yang ingin kita saksikan adalah ketika sang merak jantan mengibaskan dan mempertunjukkan kebesaran dari ekornya. Bulu dari ekor ini memang selalu dianggap sebagai simbol keindahan, padahal selain itu ekos ini pun memiliki fungsi lain yang penting untuk merak.

Ekor merak perpaudan dari warna hijau, dan lingkaran biru seolah-olah seperti ribuan mata berada di bagian ekornya. Mata biru pada ekor ini berfungsi sebagai melindungi diri dari serangan musuh, dan memberikan ilusi ukuran sebenarnya dari sang burung merak. Ketika ia mengibaskan dan meninggikan ekornya, maka musuh akan merasa bahwa ia berhadapan dengan ratusan burung.

2. Penampilan yang Lebih Menarik

Jika kita bandingkan merak jantan dan merak betina, maka penampilan dari merak jantan akan jauh lebih menarik. Hal ini karena kecantikan dan pesona merak jantan, nyatanya digunakan untuk menarik sang betina. Ketika musim kawin pun, sang merak jantan akan melebarkan ekornya untuk menarik sang betina.

Merak jantan pun memiliki sebuah mahkota, yang lebih menjulang dan indah jika dibandingkan dengan merak betina. Mahkota ini pula yang menunjang keindahan dan ketertarikan dari merak betina. Dengan adanya perbedaan yang cukup menonjol ini, kita dapat membedakan burung merak jantan dan merak betina dengan lebih mudah.

Baca selengkapnya :  Sulap Burung Murai Rusak Jadi Juara Lomba

3. Warna Bulu Ekor yang Berbeda

Keindahan dari seekor merak terdapat pada warna bulunya, salah satunya adalah warna pada ekornya. Namun tahukah kamu, bahwa warna bulu ini bisa berubah warna ? Coba saja melihat warna bulu merak dari beberapa sudut, kamu akan melihat 3 warna berbeda dari 3 sudut yang berbeda pula.

burung-merak

Hal ini disebabkan oleh pantulan cahaya, dari bintik-bintik di ekor merak jantan. Bintik-bintik ini dikelilingi oleh bulu merah, hijau, emas, dan merah. Sehingga ketika kita melihatnya dari sudut yang berbeda, maka warna dari bulu merak akan memantulkan warna yang berbeda pula. Umumnya warna yang paling bagus adalah ketika kamu melihatnya dari satu arah, yaitu dari arah depan akan terlihat jelas seperti merak hijau.

4. Family Ayam Domestik

Burung merak adalah jenis yang termasuk dalam famili Galliformes, yaitu keluarga dari berbagai unggas penghuni tanah. Dengan famili tersebut, membuat merak menjadi satu keluarga dengan ayam, kalkun, hingga sempidan. Merak pun menjadi golongan unggas yang tak bisa terbang lama, dan mencari makan di tanah.

Sama seperti unggas tanah lainnya, merak memiliki kaki yang kuat untuk mengais lantai maupun tanah. Pola terbangnya pun cenderung berat dan jarang, oleh karena itukita akan jarang melihat merak terbang atau bahkan meloncat. Meskipun memiliki bulu yang cantik, namun suara dari merak cukup memekakkan telinga.

Ketika kita melihat seekor merak, kita pasti akan takjub dengan keindahan warna bulu tubuh dan ekornya. Apalagi ketika sang merak jantan sedang melebarkan ekornya, membantuk kipas yang cantik dan mempesona. Merak jantan memang ditunjuk sebagai simbol keindahan, oleh karena itu perlu campur tangan manusia untuk melindungi habitat serta jumlah dari merak itu sendiri.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Finch (Makanan, Suara Dan Harga)

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar Inilah Keistimewaan Burung Merak Yang Terpopuler Di Dunia. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda di dunia burung kicau. Terima kasih.