Jenis Cucak Ijo Kalimantan

Diposting pada

Cucak ijo kalimantan – burung yang memiliki sifat semi fighter dengan habitat dialam liarnya sangat menyukai buah-buahan serta serangga kecil, keunikan yang jarang dimiliki oleh jenis burung kicauan lainnya yaitu memiliki topeng hitam di wajahnya, siapa lagi kalau bukan burung cucak ijo.

Burung ini memiliki bulu yang mendominasi hijau seperti warna daun, serta memiliki ukuran tubuh yang ideal, proporsional. Dan tidak jarang orang tidak suka dengan burung ini, karena mudah dalam perawatannya, serta mampu menghibur dengan suara kicauannya yang indah, bervariasi dan menyenangkan hati bagi yang mendengarkannya.

Pada tren perkembangan dunia kicau saat ini banyak sekali dari berbagai daerah yang sudah merambah untuk dibuka kelas lomba dan latberan, untuk dipulau jawa jangan ditanya, mereka sebagai pelopor yang selalu konsisten menggelar event lomba kicau yang membuka kelas burung cucak ijo ini. Seiring waktu berjalan diberbagai tempat juga ikut menyemarakan dan meramaikan gantangan cucak ijo ini, khususnya di daerah lampung dan sumatra.

Mengenal kualitas cucak ijo kalimantan

Memang ada sekitar 3 jenis burung cucak ijo yang ada di indonesia yang sering menjadi rawatan para kicaumania, baik untuk gacoran dirumah ataupun untuk burung lapangan, seperti halnya jenis cucak ijo banyuwangi, sumatra dan kalimantan. Dari masing-masing jenis ini sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tentunya yang berbeda.

gambar-burung-cucak-ijo

Ciri Burung Cucak Ijo Kalimantan

Salah satu ciri yang mudah dilihat dari jenis cucak ijo yang berasal dari kalimantan ini mempunyai tubuh yang ramping (kecil) dan panjang serta memiliki mental yang sangat tempramental, agresif yang tinggi dan sangat sulit untuk beradaptasi untuk proses penjinakkannya.

Memang untuk masalah harga jual yang ditawarkan untuk jenis kalimantan ini lebih murah jika dibandingkan dengan sumatra, walaupun ada yang memiliki harga yang mahal dilihat juga dari kualitas yang dimilikinya serta apakah burung tersebut sudah memiliki prestasi juara di lapangan kontes.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Kolibri, Habitat, Karakter, Pakan, Perawatan, Harga

Dari kelebihan yang dimilikinya cucak ijo kalimantan ini sangat banyak disukai oleh para pemain cucak ijo mania yang banyak sekali dijadikan sebagai burung gacoannya, tidak hanya untuk gacoran dirumah saja namun sangat baik jika sering dilatih dan diikutsertakan di event seperti latber, latpres ataupun lomba besar sekalipun.

Karena burung ini memiliki karakter suara crecetan yang tajam dan ngalas, tidak hanya mental dan performa yang baik, namun sangat pintar untuk menerima masteran dengan baik yang didukung dengan volume vokal yang keras dan kencang yang dapat menjatuhkan mental burung lawan bisa menjadi down.

Setingan Harian Cucak Ijo Kalimantan

Memang dalam merawat harian burung cucak ijo ini sangatlah mudah, akan tetapi jangan sekali-kali temen-temen menyepelekan dan memberikan perawatan cucak ijo ini dengan asal-asalan ya, karena dapat mempengaruhi mental dan performa suara kicauannya, baik dirumah ataupun saat di trek dilapangan.

Namun bagaiana cara setingan harian untuk cucak ijo kalimantan ini ?.

Pemberian Jangkrik

pemberian-ef-jangkrik

Hal yang pertama anda teliti adalah takaran pakan EF jangkriknya kira-kira sudah pas atau belum dengan karakter tipe cucak ijo kalimantan rawatan anda, boleh anda mencobanya secara bertahap, yang dimana anda bisa memberikannya 1 ekor jangkrik di waktu pagi hari dan 1 ekor lagi pada sore harinya. Lakukan kebiasaan ini selama kurang lebih 1 sampai 2 minggu dan anda amati hasilnya.

Dan jika suara burung masih monoton dan tidak terlalu gacor, kebanyakan diemnya berarti asupan protein dari jangkrik yang anda berikan kurang banyak, untuk di minggu selanjutnya boleh dinaikan lagi misalnya pagi 2 dan sore satu, begitu seterusnya. Sampai anda menemukan berapa kira-kira porsi dari jangkrik yang dibutuhkan oleh burung cucak ijo kesayangan temen-temen.

Pemberian Kroto

Dalam memberikan kroto untuk cucak ijo ini jangan terlalu banyak ya, maksimal 1 minggu sekali saja, dan sebelum diberikan kroto dipastikan harus dalam kondisi yang segar dan bersih dari kotoran, agar tetap menjaga kualitas suara kicauannya.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Perawatan Cucak Keling Agar Rajin Berkicau

Karena fungsi dan manfaat kroto ini sangat baik untuk menambah nutrisi si cucak ijo tersebut yang dapat menggacorkan burung, meningkatkan birahi dan emosinya dengan cepat serta membuat burung lebih rajin berkicau gacor dor.

Pemberian Buah

Memberikan buah setiap harinya juga sangat bagus, untuk vitamin, mineral dan banyak sekali kandungan air yang ada didalm buah yang sangat baik jika rutin dan konsisten dikonsumsi oleh si burung cucak ijo ini.

Berikan pakan buah hariannya seperti pepaya bangkong ataupun california yang sudah matang, dan biji pepaya harus dibuang atau dibersihkan ya temen-temen. Berikan buah pepaya ini maksimal seminggu 4 sampai 5 kali.

Pemberian Air Minum

Karena burung ini sangat senang makan buah, dan senang sekali untuk minum air, sediakanlah cepuk dengan ukuran yang standar ya, tidak disarankan memberikan air minum burung cucak ijo ini dengan ukuran yang kecil.

Dan pantau selalu kebersihan dari air minumnya, karena sering sekali kotor dari sisa-sisa buah yang dmakannya dimasukan kedalam air minumnya, jika sudah terlihat butek atau kotor, maka segeralah ganti dengan yang baru, biasanya mengganti air minum cucak ijo ini diwaktu pagi dan sore hari saja, 1 hari 2 kali.

Diusahakan memberi air minum ini yang sudah matang atau sudah dimasak ya, agar si burung tetap terjaga kesehatannya dan tidak mengalami gangguan proses pencernaan jika diberikan air yang mentah.

Pemandian Dan Penjemuran

cucak-ijo-mandi

Bagaimana cara memandikan yang tepat untuk burung cucak ijo ini ?. Semua dikembalikan lagi kepada kebiasaan dan karakternya masing-masing, ada yang senang dengan cara disemprot halus menggunakan spray, ada juga yang suka mandi di dalam keramba mandi besar yang berisi banyak air, dan ada juga yang mandi didalam kandang harian yang hanya disediakan cepuk mandi dengan ukuran yang pas dengan tubuhnya saja.

Untuk pemandian tidak perlu di permasalahkan harus menggunakan cara yang bagaimana!. Yang intinya berikanlah rawatan sesuai kemauan dan kebiasaan siburung agar si cucak ijo juga merasa nyaman dan tidak telalu dipaksakan.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Kakatua, Ciri Ciri, Makanan, Harga

Setelah sehabis burung dimandikan, lakukanlah penjemuran rutin setiap hari ya, asalkan burung dalam kondisi sehat atau tidak sedang mabung. Untu durasi penjemuran burung ini tidak masalah dijemur berlama-lama, semakin lama, malah semakin baik tentunya.

Pengkrodongan

Lakukan pengkrodongan burung baik jika hanya dilakukan pada malam harinya saja, agar si burung tidak terganggu saat beristirahat, diusahakan bahan kerodong yang baik untuk jenis burung ini menggunakan bahan yang tipis transparan, dan kandang atau sangkar saat dikerodong ini ditempatkan di tempat yang terang ya agar burung tidak stres jika anda taruh ditempat yang gelap tidak ada penerangan cahaya lampunya.

Pengkrodongan ini juga sangat baik untuk membantu proses mabung burung cucak ijo, yang dimana jika burung sedang mengalami masa mabungnya, wajib di full kerodong setiap harinya agar bisa fokus dan cepat merontokkan bulunya.

Pemasteran

Cara memaster burung cucak ijo ini, baiknya dilakukan pada malam hari saat dikerodong, dan ketika burung sedang berisitrahat boleh burung dimasteri dengan menggunakan suara audio mp3 burung kicauan jenis lainnya seperti, cucak jenggot, kapas tembak, trucukan, pentet dan lain sebagainya.

Baca juga artikel lainnya : Download Masteran Cucak Ijo Gacor Mp3 Full Isian

Dengan memaster burung cucak ijo ini hukumnya wajib, karena burung ini memiliki sifat dasar yang mudah lupa, jadi anda sebagai pemilik harus rajin setiap harinya memberikan suara isian untuk diperdengarkan sesuai dengan materi yang anda ingin cetak dan bongkar isiannya nanti saat di trek di lapangan.

Sekian tips dari saya, yang mengulas tentang jenis cucak ijo kalimantan yang sangat baik untuk dijadikan sebagai burung gacoran yang dirawat dengan baik. Semoga bermanfaat.