Cara Menjinakkan Burung Pentet

Diposting pada

Kacer.co.id kali ini akan berbagi tips bagaimana cara menjinakkan burung pentet yang giras grabakan dijamin akan jinak total serta gacor dor bocor !. Banyak para kicau mania yang dihadapkan dengan burung yang gerabakan, yaitu burung grabakan ini identik dengan burung yang giras atau burung yang gesit.

Ini sangat sulit untuk menanganinya tapi Insyaallah dengan cara ini saya akan membahas bagaimana caranya untuk menjinakkan burung yang kondisinya giras ini agar burung itu menjadi jinak, minimalnya tidak takut sesuatu dan sebagainya jika kita menemukan burung yang seperti itu kondisinya kalian jangan mudah menyerah ya temen-temen.

Kita harus mengamati terlebih dahulu ya, dan seharusnya kita mencari cara untuk menjinakan burung ini dan jangan cepat menyerah, jenis burung yg giras ini biasanya identik dengan burung yang penakut,

takut dengan sesuatu seperti mobil, motor, hewan predator lainnya atau orang yang lain-lain sehingga otomatis si burung ini juga untuk bunyi dia juga takut, nah tinggal kita harus mencari cara untuk menjinakkan terlebih dahulu ya. Oke langsung Aja kita ke pokok inti bahasannya ya, bisa kalian simak selengkapnya seputar cara menjinakkan burung pentet yang giras :

cara-mengatasi-cendet-kelabakan

Tips Mudah Agar Burung Pentet Yang Giras Menjadi Jinak


Beberapa Penyebab Burung Pentet Giras

Kenapa burung pentet bisa menjadi giras ?. Ada banya faktor yang menyebabkan burung peliharaan kita baik itu pentet/cendet atau jenis kicauan yang lainnya, tentu giras ini kita analisa itu adalah mental psikis ya temen-temen,

Baca selengkapnya :  Makanan Burung Tledekan

bisa karena burung ini baru saja di tangkap di alam liarnya, yang masih belum terbiasa dengan pola rawatan manusia, atau pengadaptasian yang masih kaget dalam tahapan penyesuaian lingkungan sekitarnya, atau juga bisa karena stres berat karena trauma gangguan hewan predator seperti kucing, anjing atau yang lainnya, bisa juga karena salah dalam hal perawatan kalian yang terlalu kasar dan tidak tepat dengan pola rawatan yang seharuskan di lakukan.

baca juga artikel terkait lainnya : makanan yang bagus buat burung pentet

Lakukan Terapi Pemandian

Langkah yang harus kita lakukan adalah sering-seringlah burung itu dimandikan jangan takut burung itu katanya jika terlalu sering dimandikan nanti bisa menjadi gembung dan sebagainya lah ya.

Kalian harus sering memandikannya setiap hari bahkan dalam satu hari itu durasinya bisa sampai 2 sampai 3 kali, pagi, sore dan malam hari ya, nah ini langkah yang harus kita lakukan ya temen-temen,

ya mengapa langkah pertama ini kita harus memandikan setiap hari, karena tujuannya adalah agar si burung itu lebih tenang dalam keadaan basah, di saat-saat inilah momen burung bisa lebih cenderung mengamati lingkungan sekitarnya dengan pusat konsen yang tinggi, ketimbang saat bulu burung kering yang masih loncat sana-sini grabakan ya,

jika melakukan proses penjinakan saat bulu burung pentet itu kering, maka yang dikhawatirkannya burung bisa cidera ya, nabrak sangkar jeruji dan bisa melukainya.

Cara memandikannya dengan di semprot menggunakan spayer sampai basah kuyup ya, karena agar menjadi tenang setelah kita memandikan burung ini dalam keadaan basah lalu kita meletakkan kandang tersebut di bawah tanah ya, jangan digantung di atas, nanti jika kita gantung di atas burung itu akan menjadi terlalu nyaman dan sulit untuk kontak dengan manusia ataupun kendaraan yang bisa membuat proses penjinakannya akan menjadi gagal.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Jalak Bali, Habitat, Makanan, Harga

cara-menjinakkan-burung-pentet-yang-giras

Penempatan Kandang Yang Tepat

Oke kita lanjut lagi ya itu Langkah kedua yang harus kita lakukan adalah hal burung itu di dalam rumah di saat waktu malam hari, akan tetapi jangan ditaruh di atas atau di gantung ya kandangnya, kalian harus tetap ditaruh di bawah atau di lantai,

namun pastikan di dalam rumah kalian terbetas dari semut (serangga), serta tidak ada hewan pengganggu ya seperti kucing, tikus (wirok) atau jenis hewang predator yang bisa membahayakan si burung pentet kalian.

Sesering mungkin burung ini melihat lalu lalang pergerakan manusia di sekitarnya itu sangat baik ya, contoh kita taruh di depan TV biarkan kontak dengan keluarga kita dengan anak – anak kita,

dengan langkah inilah merupakan salah satu cara mengatasi cendet takut sama pemiliknya ya, jadi ditaruh di bawah keadaan basah jika tidak dalam keadaan basah dia akan lebih gesit, karena jika burung dalam kondisi basah bertujuan untuk mengurangi gerak aktif si burung itu ya, sehingga burung ini akan perlahan dan lama-lama burung akan menjadi jinak dan terbiasa dengan lingkungan di sekitarnya.

Sekian itu saja tips dari kami tentang cara menjinakkan burung pentet yang giras, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

baca juga : jenis burung pentet yang paling bagus

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari