Inilah 3 Jenis Burung Mantenan Terbaik Untuk Masteran Kacer

Diposting pada

Burung yang memiliki nama latin Pericrocotus ini merupakan salah satu jenis burung yang digunakan sebagai master untuk burung yang lainnya. Burung mantenan ini mempunyai ukuran yang terbilang cukup kecil yakni sekitar 15 cm saja.

Banyak di dominasi dengan waran merah, hitam dan abu-abu ini mempunyai suara dengan nada yang tinggi. Pada ulasan kali ini kita akan membahas Jenis Burung, Habitat, Makanan, beserta Suara indahnya yang baik untuk dijadikan sebagai masteran burung ocehan lainnya.

Selengkapnya, anda bisa mengenal jenis burung yang juga akrab disebut dengan sepah berikut ini.

Burung-Mantenan

Beragam Jenis Burung Sepah Yang Perlu Untuk Anda Tahu

1. Mantenan Dagu Kelabu

Bagi anda penyuka berbagai jenis burung, pastinya anda akan mengenal dengan jenis burung satu ini. Jenis dagu kelabu merupakan salah satu jenis burung yang memiliki nama lain yakni Grey- Chinned Minivet.

Memiliki ukuran yang sedang yakni sekitar 17 cm, rupanya untuk warna tubuh dan bulunya sendiri banyak didominasi dengan warna merah dan kuning. Hal yang membedakan burung mantenan yang jantan dan betina adalah terletak pada bagian tenggorokan dan juga penutup telinganya yang memiliki warna abu-abu gelap.

Mantenan-Dagu-Kelabu

Untuk burung yang jantan memiliki warna merah, sedangkan untuk yang betina memiliki banyak warna kuning untuk kicauannya sendiri, burung ini mengeluarkan suara yang sangat lembut dan sedikit parau.

Anda bisa menemukannya di daerah Asia Tenggara, terutama di Sumatra, Kalimantan dan Semenanjung Malaysia.

2. Mantenan Hutan

Untuk jenis burung sepah hutan ini mempunyai nama lain yaitu Scarlet Minivet dan untuk nama Melayu yakni Burung Mas Belukar dimana memiliki ukuran yang cukup besar yakni sekitar 19 cm.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Memilih Lovebird Gs Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Keunikan dari burung ini adalah mempunyai warna yang bermacam-macam sehingga anda pun akan kagum dengan keberagaman warna dari burung ini. Untuk suaranya sendiri, sepah hutan mempunyai suara dengan nada yang tinggi namun juga lembut.

Mantenan-Hutan

Untuk jenis burung mantenan sepah betina ini memiliki warna abu-abu yang terletak pada punggung dan juga warna kuning dimana terletak hingga tenggorokannya. Untuk yang jantan sendiri, memiliki warna hitam dan biru dengan perut dan dada yang didomimasi dengan warna merah. Anda dapat menemukan burung sepah dengan jenis ini pada dataran rendah dan perbukitan yang tersebar di daerah Jawa, Bali, Sumatra dan Kalimantan.

3. Mantenan Gunung

Burung satu ini mempunyai warna merah dan hitam serta ekor yang terbilang panjang. Untuk ukurannya sendiri, sepah gunung memiliki ukuran yang lumayan besar yakni sekitar 19 cm. Burung yang merupakan satwa endemik pulau Sumatra ini memiliki daerah sebaran yani di sekitar Bukit Barisan hingga Dempu dan juga Pulau Jawa.

Burung ini pun sering terlihat di ketinggian sekitar 1.200 hingga 2.400 meter dan hidup berkelompok hingga lebih dari 30 ekor. Oleh karena itu, jika anda pergi ke hutan, maka anda akan menemukan jenis burung ini berada pada puncak-puncak pohon yang berdekatan dengan hutan primer dan perkebunan pinus.

Mantenan-Gunung

Untuk pembeda antara burung mantenan jantan dan betina adalah terlihat dari warnanya. Untuk burung betina memiliki warna yang cukup unik yakni hitam dan merah serta memiliki mantel, tenggoronkan hingga dagu dan dahi di dominasi oleh warna merah.

Untuk makanan burung satu ini dapat anda berikan diantaranya adalah buah-buahan yang segar. Hal ini dikarenakan ketika berada pada habitat yang asli burung ini hanya memakan buah saja. Anda pun juga bisa menambahkan kroto yang memang telah dikenal sebagai makanan utama untuk burung kicau.

Baca selengkapnya :  Tips Mendapatkan Stamina Burung Murai Tanpa Umbaran

Selain itu, anda pun bisa memberikan ulat hongkong serta vitamin dan vaksin untuk burung yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dari burung sepah. Selain makanan alami untuk burung ini, ada baiknya anda juga harus memberikan voer untuk burung mantenan agar dapat melengkapi kebutuhan asupan protein yang seimbang agar dapat dengan mudah untuk segi perawatan dan selalu rajin untuk berkicau tentunya.

Dari ketiga jenis burung yang telah dijelaskan, untuk suara yang memiliki daya tarik tersendiri yang mempunyai banyak nilai seni adalah mantenan dagu kelabu. Namun untuk karakter suara yang dimiliki oleh mantenan Gunung juga sangat baik untuk memancing burung lain untuk berkicau dan nyaut (sebagai suara terpai) burung ocehan anda apabila sedang mengalami stress.

Namun untuk jenis mantenan hutan ini sangat direferensikan dan sangat baik untuk dijadikan masteran kacer sebagai burung isian saat memaster burung kacer. Banyak keistimewaan yang dimiliki oleh burung ini. Dengan kualitas suara yang jernih, tembakan yang tajam, berdurasi, speed rapat dan bervariasi.

Sangat dianjurkan bagi anda yang memiliki burung kacer untuk mengisi isian burung mantenan hutan ini.

Untuk harga yang dibandrol biasanya, untuk burung anakan (bahan) berkisar kurang lebih Rp 100 ribu. Namun untuk burung yang masih ngriwik sekitar Rp 150-200 ribu, dan pastinya untuk burung yang sudah jadi atau gacor dan sudah siap untuk dijadikan sebagai burung masteran agak relatif lebih mahal sekitar Rp 300-500 ribu.

Jika ada memiliki bajet atau anggaran yang telah dijelaskan diatas, tidak ada salahnya anda untuk membeli burung ini sebagai burung bunyian dirumah maupun untuk masteran burung anda yang lainnya.