Cara Mudah Mastering Burung Murai Batu Agar Isian Cepat Masuk

Diposting pada

Aturan dalam setiap kontes sebenarnya berbeda-beda, tergantung pakem dari juri masing-masing yang mebuat peraturan di lapangan perlombaan. Setidaknya anda harus mengetahui terlebih dahulu dan bagaimana pakem juri yang telah ditetapkan yang nantinya akan menjadi parameter untuk melihat kelebihan dan kekurangan burung gacoan anda.

mastering-murai-batu

Pada umumnya untuk penilaian hanya berfokus kepada perpaduan antara tembakan dan ngeroll. Untuk mendapatkan kicauan yang berkualitas baik, sudah sewajarnya murai batu harus selalu dimaster tiap harinya. Namun ada teknik disini untuk pemasteran yang baik agar hasilnya dapat maksimal sesuai harapan.

Tidaklah mudah untuk mencetak kualitas suara dalam pemberian materi atau isian yang diberikan kepada burung kesayangan anda, karena anda tidak mengetahui bagaimana cara memaster yang tepat dan baik untuk burung anda dan efeknya nanti hanyalah sia-sia belaka saja yang tidak berjalan sesuai apa yang anda harapkan.


Teknik Memaster Burung Kicau Agar Bongkar Isian

Catatan : dalam teknik memaster burung intinya anda harus tahu betul suara dan karakter burung murai anda dengan apa yang nanti ingin diberikan sesuai materi isiannya.

Memilih Jenis Isian Terbaik Untuk Murai Batu

Berikut 3 Jenis kriteria suara isian burung murai batu yang harus anda ketahui :

Suara isian burung wajib

inilah suara yang wajib untuk murai batu dan isian yang bagus untuk murai batu yaitu : cililin, kenari, lovebird, cucak jenggot dan platuk bawang

Suara isian burung abu-abu

suara ini bisa dikatakan tidak konsisten. Suara burung jenis ini terkadang berbunyi panjang, akan tetapi terkadang juga pendek. Jenis suara burung ini dapat memberikan efek buruk pada suara murai batu, apabila yang terdengar dan diikuti murai batu adalah bagian suara pendeknya ketika kontes. Suara burung abu-abu ini diantaranya, serindit, parkit, gereja, tengkek, dan elang.

Baca selengkapnya :  Cara Memilih Lovebird Calon Juara

Suara isian burung haram

jenis suara burung ini sifatnya monoton, pendek dengan frekwensi rendah, diantaranya suara prenjak, ciblek, jalak suren, jalak kebo, cucak rowo, anis kembang, anis merah, cucak hijau, trucukan, kutilang, ayam, beo, betet, perkutut, kacer, dan siulan manusia.


Metode Pemasteran

Ada dua cara untuk mastering burung kicau, pemasteran yang dapat dilakukan, dengan memutar rekaman suara atau dengan burung asli (hidup). Dan ada kelebihan dan kekurangannya juga dari 2 cara tersebut. Berikut penjelasannya :

Pemasteran dengan burung asli

Dengan memilih suara burung yang baik dan syaratnya burung yang sudah gacor menyandingkannya tanpa melihat langsung hanya mendengarkan suaranya saja, agar untuk mempermudah burung menangkap suara isian masteran yang diberikan. Kelebihannya dengan cara ini hasil lebih paseh (mirip), jelas dan maksimal serta lebih cepat masuknya. Serta kekurangannya, sangat boros biaya untuk membeli burung isian dan repot dalam perawatannya.

Pemasteran dengan suara audio

Metode-PemasteranKelebihannya dengan menggunakan cara ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai modal pas-pasan, dan tidak mau ribet dalam merawat burung isian / burung hidup, cukup rutin dan konsisten saja dalam pemasteran yang diberikan.

Dengan memperdengarkan suara audio smart mastering mp3 dari pagi, siang, sore sampai malam. Dengan volume senyap akan tetapi jelas untuk ditangkap suaranya oleh burung murai batu anda.

Jangan terlalu besar volumenya, karena nanti burung murai batu anda dapat stress. Kelemahannya, burung sangat sulit untuk menangkap suara mp3 jika tidak sesuai volume dan frekwensi yang diberikan, walaupun isiannya masuk, lagu irama yang dibawakan terkadang fals dan tidak begitu mirip, dan butuh waktu proses yang lebih lama dibandingkan menggunakan suara burung hidup (asli).

Baca selengkapnya :  Inilah Jenis Kenari Dengan Suara Terbaik Dan Terpopuler F1, AF

Catatan disini : Saat memaster burung murai batu, baik menggunakan burung asli maupun suara mp3 audio. Burung wajib di krodong agar dapat fokus mendengarkan suara materi isian yang diberikan.


Teknik Pemasteran

Bagi anda yang ingin memulai pemasteran, berikut beberapa yang perlu dipertimbangkan.

  • Pilih masteran yang cenderung dengan suara yang ringan, dan harus selalu diperdengarkan master murai batu tipe ngerol selama satu minggu seperti suara : cililin, serindit, lovebird atau kenari. Selanjutnya perdengarkan kembali masteran secara berulang-ulang setap harinya selama kurang lebih satu bulan.Contoh : tahap 1 – misalkan dalam proses pemasteran dengan menggunakan 4 jenis burung yang telah dijelaskan, berarti pada tahap pertama dalam jangka waktu 1 bulan di bagi 4 minggu untuk setiap jenis burungnya memiliki durasi 1 minggu lamanya, dan di acak dengan jenis yang lainnya yang sudah ditetapkan.Selanjutnya ke tahap 2 – pemasehan suara, mastering yang diberikan dengan 1 jenis untuk 1 bulan durasi masterannya, jadi 4 jenis burung memakan waktu kurang lebih 4 bulan. tahap 1 dan tahap 2 sudah dilalui berarti proses total mastering sudah berjalan, yang memakan waktu 5 bulan lamanya ya.

  • Lanjutkan suara yang lebih kasar dengan masteran murai batu tipe nembak, seperti cucak jenggot. Suara dengan gaya besetan tembakan dari burung ini jika sudah dikuasai atau dibawakan oleh burung murai batu, akan menjadi modal awal senjata rahasia untuk menggertak dan menjatuhkan mental lawan. Sekaligus poin yang lumayan bagus dan pastinya dilirik oleh juri.

  • Sebenarnya tidak masalah untuk diperdengarkan beragam suara bagi burung murai, akan tetapi harus ada suara isian atau masteran yang harus dikuasai dan dibawakan dengan paseh oleh burung anda, yaitu dengan memfokuskan dengan mastering suara isian yang dominan dengan tembakan dan ngeroll panjang seperti murai isian kenari agar menjadi ciri khas suara saat di lombakan nanti.

  • Sesauaikan irama lagu brainwave burung dan frekuensinya antara suara masteran dengan burung gacoan kita, agar nantinya tidak membawakan suara yang fals dan tidak enak didengar.

  • Anda harus selalu update dengan pakem yang diberikan oleh juri.

  • Carilah variasi lagu dengan suara yang tajam, tembakan, ngerol dengan speed yang rapat tanpa jedah, agar dapat memuakau perhatian juri dilapangan.
Baca selengkapnya :  4 Jenis Burung Kicau Termahal Di Dunia Tahun 2020

burung-murai-batuKini tren, para hobiis cendrung memilih isian suara yang panjang, seperti tembakan rapat cililin, gaya ngerol kenari, ngekek lovebird, ketawanya tengkek dan platuk, tembakan siri-siri (pleret) / cucak rawis serta kapas tembak.

Namun tetap suara isian yang paling bagus adalah Cililin. Dalam kontes lomba burung kicau khususnya murai batu, jika ada yang mengeluarkan suara isian tembakan cililin panjang pasti akan mendapatkan nilai dan poin tertinggi, jika dibandingkan dengan suara-suara lainnya.

Catatan : waktu pemasteran burung – mastering dapat dilakukan setiap hari selama 24 jam nonstop setelah murai batu diberi pakan dan dilakukan pemeliharaan lainnya. waktu pemasteran burung yang tepat adalah Pemasteran dilakukan terus menerus. Hingga burung murai batu dibawa ke arena kontes.


Suara Masteran Terbaik Murai Batu

Berikut adalah suara masteran audio mp3 terbaik untuk murai burung murai batu :

suara isian cililin

Download link disini


suara isian kenari

Download link disini


suara isian lovebird

Download link disini


suara isian pelatuk

Download link disini


suara isian cucak jenggot

Download link disini


download suara terapi burung

Download link disini

Demikian informasi tentang memaster suara burung murai batu untuk dapat menambah wawasan para hobiis murai batu maniak. Semoga bermanfaat.