Cara Merawat Burung Mantenan

Diposting pada
Rate this post

cara merawat burung mantenan – assalamualaikum wr, wb. Jumpa lagi bersama website Kacer.Co.Id yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips dan pengalaman seputar cara merawat burung mantenan biar cepat gacor setiap hari dan yang pasti selalu sehat ya.

Bagi sebagian para penghobi burung ocehan khususnya bagi yang baru memulai (pemula) tentu bertanya-tanya, dan masih kebingungan ya, dan beberapa hari ini juga ada yang komentar di grup FP kami yang menanyakan bagaimana sih memberikan perawatan untuk burung mantenan agar bisa rajin berkicau, karena nantinya untuk dijadikan sebagai masteran burung kacer, katanya ?.

Jika diperhatikan burung mantenan ini hampir mirip dan masih satu keluarga dengan jenis kucica burung fighter penguasa tutorial ya, tentu pada intinya, dalam memberikan perawatan setiap hari tidak jauh berbeda seperti halnya merawat burung murai dan kacer ya.

jenis-burung-mantenan

Oke ya sob.. Langsung aja kita kupas tentang pola rawatan hariannya burung mantenan ini, yuk simak penjelasannya lengkapnya dibawah ini :

Cara Merawat Burung Mantenan Supaya Cepat Gacor


Pengembunan Rutin

Manfaat dari embun pagi ini sangat baik ya, terlebih jika diterapkan secara rutin untuk burung manetan yang masih bahan, ombyokan. Yg bertujuan untuk membuat terapi alami secara tidak langsung merangsang burung tersebut untuk mau bunyi ngeriwik secara pelan-pelan tapi pasti. Karena habitat burung mantenan di alam liarnya biasanya jika pada saat pagi hari burung ini sangat senang sekali terbang untuk berolahraga dan mencari pakan.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Ciblek Harian Agar Cepat Gacor Dor

Kebersihan Kandang

Nah untuk kebersihan kandang hariannya tentu kalian selaku pemiliknya wajib membersihkan kotorannya ya, sebaiknya waktu yang tepat untuk membersihkannya pada saat burung mau dimandikan, jadi setiap hari cukup 1 kali saja. Jika kandang selalu dalam keadaan bersih tentu burung sangat senang, nyaman terlebih akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam serangan virus, penyakit atau kutu burung.

Mandi Serta Penjemuran

Namun cara memandikan burung mantenan ini tidak boleh dipaksakan ya, atau kalian kasar dalam hal menyemprotnya!. Jika kalian salah menerapkan pola pemandian ini, yang ada nantinya burung bisa kaget dan nambah stres, nah kalau kondisi burung sudah tertekan seperti itu pastilah burung akan macet bunyi.

Jadi cara yg tepat untuk memandikan burung ini, cukup di dalam sangkar / kandang hariannya saja, kalian hanya perlu menyiapkan wadah cepuk khusus mandi yang agak lebih besar, seukuran tubuhnya, letakkan kandang di bawah dasar lantai. Kemudian pancing dengan semprotan sprayer secara halus 3 – 5 kali semprotan kemudian diamkan, biarkan burung tersebut akan didis dan pasti mandi dengan sendirinya di dalam cepuk mandi yg sudah kalian sediakan.

tips-cara-merawat-burung-mantenan

Pemberian Makanan Serta Vitamin

Untuk pakan hariannya bisa kalian sajikan voer halus seperti leopard ya, serta EF serangga jangkrik yang harus di potong-potong terlebih dahulu baik kepala, dan kakinya, agar burung mudah untuk memakannya. Untuk pemberian ulat kandang dan kroto cukup seminggu 2 – 3 kali saja sudah cukup dengan takaran yg kalian sesuaikan dengan kebutuhan si burungnya ya.

Baca juga : makanan burung mantenan

Pemasteran Dan Pengkrodongan

Manfaat pemasteran disini yang dimaksud adalah suara terapi yang kalian dengarkan menggunakan suara mp3 audio mastering ya, waktu yg tepat untuk pemasteran biasanya pada waktu malam hari sampai pagi hari dengan kondisi kandang burung mantenan ini wajib di kerodong tipis saja ya, serta di tempatkan di tempat yang aman dan nyaman dong, biar burung bisa fokus mendengarkan suara masteran tersebut dan ke esokan harinya bisa lebih tambah gacor tentunya.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Lovebird Batman Beserta Harganya

Demikainlah tips mudah cara merawat burung mantenan yg bisa temen-temen terapkan / aplikasikan kepada burung kesayangannya dirumah ya, semoga dapat bermanfaat ya. Semoga sukses.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari