Cara Mengatasi Burung Pleci Over Birahi

Diposting pada
4.5/5 - (2 votes)

Cara Mengatasi Pleci Over Birahi – Halo kacer mania dimanapun kalian berada saat ini, masih akna mengulas tentang perawatan burung kicau dimana ada banyak macam rawatan yang kita lakukan ketika kita memutuskan

untuk merawat seekor burung mulai dari penjinakan jika dia masih dalam keadaan giras, perawatan rutin harian yang dilakukan sebagai rutinitas yang kita lakukan bersama si pleci untuk membentuk dia menjadi

individu yang lebih berpotensi serta membangun bounding antara si pemilik dan pleci peliharaannya. Ada juja rawatan ketika dia mabung dan juga ketika birahinya tidak stabil. Nah setelah di artikel sebelumnya

sudah kami jelaskan gimana langkah perawatan pleci guna meniikan birahinya namun saat ini untuk kondisi sebaliknya dimana ketika dia over birahi apa yang harus kita lakukan untuk menurunkan birahinya

supaya dia menjadi kembali stabil. Ada banyak efek samping dari birahi yang terlalu tinggi mulai dari suhu tubuh yang kian meningkat sehingga terkadang dia berusaha mencabuti bulunya sendiri

untuk menurunkannya, sampai keadaannya yang giras jadi bisa membuat dia terluka kalau terbentur ujung-ujung kandang burung sampai ke jadi macet kicau. Tentu kondisi ini tidak ingin kalian alami bukan.

langsung saja di artikel ini kita akan mengulas tuntas bagaimana cara mengatasi ketika burung pleci peliharaan kesayangan kalian sedang mengalami kondisi birahi yang sangat tinggi, langsung saja sebagai berikut ini.

ciri-ciri-pleci-birahi-stabil

Perawatan Untuk Menurunkan Birahi Pada Burung Pleci


Ciri – Ciri Pleci Over Birahi

1. tanda atau ciri yang pertama untuk pleci over birahi adalah dimana dia tidak bisa diam, gerabagan sana-sini dan terlihat lebih agresif dari biasanya.

Baca selengkapnya :  Ternak Burung Jalak Bali

2. Si pleci sering menggerak-gerakkan sayapnya atau yang disebut dengan ngleper tandanya dia mulai merangsang.

3. Saat dipertemukan dengan betinanya dia akan ngeriwik dan juga membuka sayap serta menggerakan kepalanya.

Kalau sudah semua tanda ini dikeluarkan si pleci tandanya dia mulai over birahi sehingga suara kicauannya tak lagi gacor melainkan jadi malas bunyi tak seperti biasanya kalau sudah begini kalian turunkan dulu birahinya dengan cara sebagai berikut :

vitamin-pendongkrak-birahi-pleci

Cara Merawat Pleci Yang Over Birahi

1. Mandikan dia sesering mungkin, kalau biasanya pleci dimandikan sekali dalam sehari, dalam masa over birahi mandikan dia 2 sampai 3 kali sehari tidak perlu sampai basah kuyup cukup agak basah saja.

2. Kurangi EF berupa sayuran dan jagung, ada beberapa jenis sayuran sebagai EF yang bisa menaikkan birahi sekiranya di kurangi dulu sampai nantinya birahinya kembali stabil.

3. Berikan dia buahan yang mengandung banyak air, saat EF nya di kurangi kalian bisa menggantinya dengan buah-buahan yang mengandung air seperti jeruk manis, semangka, pepaya dan juga melon.

4. Pisahkan atau jauhkan dulu dari burung pleci lainnya, supaya kondisinya lebih stabil lagi sebaiknya biarkan dia sendiri dulu diisolasi jadinya dia bisa lebih fokus untuk menurunkan kondisi birahinya

karena kalau bertemu burung lain yang jantan dia akan menjadi galak sedangkan yang betina dia akan ngleper semakin naik saja birahinya guys jadi usahakan isolasi dulu sampai birahinya stabil.

Nah kicau mania, itulah tadi rangkaian informasi menarik dan penting kalian ketahui tentunya tentang cara mengatasi pleci over birahi, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Terus dukung kami supaya kami selalu bersemangat lagi menyajikan artikel yang bermanfaat. Dimasa pandemi yang masih berlangsung seperti ini kiranya kami selalu mengingatkan kalian untuk menjaga protokol kesehatan.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Anakan Burung Cendet Yang Masih Lolohan

baca juga : cara mengatasi pleci ngembung saat lomba