Manfaat Laron Untuk Burung Berkicau Kacer dan Murai

Diposting pada

Memelihara burung berkicau tak hanya untuk hobi namun kini juga bisa menjadi ladang bisnis dengan keuntungan yang berlipat. Setiap burung tentunya memiliki cara perawatan yang berbeda. Seperti halnya pada makanan, memberikan serangga pada burung berkicau sebenarnya sangat bermanfaat.

Laron

Serangga seperti Laron memiliki kandungan gizi yang tinggi, jika anda berencana untuk menjadikan makanan burung peliharaan anda, yuk simak manfaat laron untuk kacer dan murai dalam ulasan berikut.

Kandungan Gizi Pada Laron Yang Harus Anda Tahu

Merujuk pada laporan FOA ketika terjadi krisis gizi di negara Afrika, laron dijadikan makanan untuk memenuhi gizi. Kandungan gizi pada laron sangat tinggi mirip dengan gizi pada belalang.

Kandungan protein pada laron mencapai 65% dimana lebih tinggi dari belalang yang hanya 32%. Kandungan lemak pada belalang juga lebih tinggi, inilah yang membuat laron layak memiliki predikat sebagai serangga dengan kandungan protein tinggi.

Kandunganasamlemak tak jenuh pada laron lebih rendah jika dibandingkan dengan belalang begitu juga dengan asam lonoleat. Kandungan laron yang kaya akan gizi ini tak hanya bisa disantap oleh manusia. Namun juga baik untuk burung dan menjadi makanan yang kaya akan gizi. Tak hanya untuk kacer dan murai burung lain seperti Kenari, Kutilang, Walet hingga burung lainnya juga mengkonsumsi laron di alam liar.

Manfaat Laron Untuk Burung Kicau

Kandungan gizinya yang memang tinggi membuat serangga ini menjadi alternatif makanan untuk burung berkicau. Salah satu manfaat laron untuk kacer dan murai adalah menjaga stamina burung agar tetap prima. Apalagi jika musim sedang tidak bagus, bisa saja burung menjadi sakit dan loyo. Dengan memberi laron sebagai makanan alternatif bisa menjadi salah satu agar stamina pada burung tetap terjaga dan kondisinya tetap sehat.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Racikan Makanan Burung Kolibri Agar Gacor

Ketika musim penghujan laron sangat mudah untuk ditemui, hewan yang berasal dari dalam tanah ini bisa anda jadikan pakan alternatif. Apalagi anda bisa mengambilnya secara cuma cuma di alam tanpa harus membelinya. Berbeda dengan kroto atau jangkrik yang biasanya didapatkan dengan membeli. Hal ini tentunya bisa sebagai cara untuk menghemat pengeluaran anda dan menjadi selingan gizi untuk sang burung agar tidak bosan dengan makanan biasanya.

Burung burung berkicau banyak dipelihara untuk lomba yang jika menang hadiahnya terbilang cukup lumayan. Dengan memberikan laron sebagai makanan, bisa menjadi cara untuk meningkatkan performa burung ketika burung lomba. Burung yang lomba rentan mengalami kelelahan yang membuat performanya menurun. Laron bisa menjadi salah satu agar performa pada burung tetap stabil dan tidak mengalami penurunan ketika lomba.

kacer

Manfaat laron untuk kacer dan murai yang selanjutnya adalah mengatasi burung yang sedang stress dan juga lesu. Bukan hanya itu, laron juga bisa meningkatkan frekuensi berkicau pada burung anda mengingat salah satu penilaian ketika burung ingin diikutkan lomba adalah kicauannya. Dimana anda juga harus melatihnya agar kicauan burung merdu. Namun beberapa burung juga kerap mengalami malas untuk berkicau di masa masa tertentu yang membutuhkan asupan khusus.

Dalam sehari burung bisa berkicau lebih sering jika meningkatkan kicauan burung kesayangan anda. Burung yang gacor seharian juga bisa didapatkan dengan menjadikan laron sebagai makanan alternatif. Laron juga bermanfaat untuk meningkatkan birahi pada burung ketika musim kawin. Sehingga proses reproduksi pada burung bisa segera terjadi mengingat burung bisa stress jika tidak melakukan masa kawinnya bahkan bisa berbahaya jika dibiarkan.

Efek Samping Laron Yang Harus Diperhatikan

Seperti mata uang yang memiliki dua sisi baik dan buruk, laron ternyata juga akan berbahaya jika salah dalam memanfaatkannya. Porsi pemberian makan laron yang salah tak hanya bisa mendapatkan manfaat namun juga efek samping. Untuk itu anda harus mengetahui efek samping laron pada burung. Sehingga anda bisa mendapatkan manfaat laron untuk kacer dan murai lebih optimal tanpa membuat burung anda bahaya.

Baca selengkapnya :  Mengenal 5 Jenis Burung Cucak Ijo Terbaik Di Indonesia

Sebagai serangga, laron memiliki bagian tubuh yang cukup tajam. Hal ini bisa menggigit selaput pada kulit burung atau bahkan melukai tenggorokannya. Mengingat laron berasal dari rayap yang bisa merusak benda benda keras. Giginya yang tajam inilah yang harus diwaspadai agar tidak membahayakan burung perliharaan anda. Jangan sampai hanya mengejar manfaat namun mengesempingkan kesehatan pada burung.

Bukan hanya pada giginya, sayap pada laron juga bisa lengket ketika terkena air. Hal ini akan sangat berbahaya ketika sayap pada laron menempel pada tenggorokan burung. Sayap laron bisa membuat burung batuk, nyeri, gatal hingga mengalami macet bunyi. Porsi laron yang berlebihan juga bisa membuat burung over birahi. Over birahi pada burung terutama burung kacer bisa membuat anda pusing karena penyembuhannya yang terbilang lama.

Memang over birahi pada burung disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah makanan dan juga perawatannya. Daripada burung kesayangan anda terserang masalah ini ada baiknya anda memperhatikan porsinya jika ingin memberikan laron dan mengambil manfaat laron untuk kacer dan murai secara optimal. Anda juga perlu tahu jika laron juga bisa membuat bulu pada burung rontok yang akan mengurangi kecantikannya.

Cara Memberikan Laron Secara Aman Pada Burung

Setelah mendapatkan informasi perihal bahaya dari serangga laron, anda tentunya bertanya tanya mengenai takaran yang pas untuk burung berkicau termasuk kacer maupun murai. Bahaya tersebut bisa saja membuat anda gamang namun pemberian porsi yang pas tidak akan berbahaya untuk burung anda. Apalagi di alam liar burung juga mengkonsumsi laron ketika musim hujan datang. Tapi perlu diingat burung rumahan berbeda perlakuannya.

manfaat-laron-untuk-murai-batu

Ketika anda memberikan laron pada burung, maka anda harus memberikan laron yang mati, bukan laron yang hidup. Jika anda tidak ingin melukai tenggorokan burung, maka anda bisa mengambil sayap dan juga laron. Hal ini akan membuat laron aman untuk dikonsumsi oleh burung tanpa khawatir adanya luka maupun masalah lainnya. Burung juga membutuhkan pengenalan pada makanannya, tidak bisa langsung mengenal begitu saja.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Kakatua, Ciri Ciri, Makanan, Harga

Saat pengenalan ada baiknya anda hanya memberi laron sebanyak 1 hingga 2 ekor laron saja. Pemberian makan juga sebaiknya diberikan ketika burung lesu atau ketika burung akan lomba. Merujuk pada manfaat laron untuk kacer dan murai memang untuk menjaga stamina. Kicauannya juga akan sering dengan kondisi yang fit sangat dibutuhkan ketika menjelang lomba. Jangan memberikan laron setiap hari, karena bisa menimbulkan hal tidak baik untuk kesehatannya.

Memanfaatkan alam untuk kehidupan merupakan sebuah cara yang bijak, apalagi untuk binatang. Binatang yang hidup di alam bebas juga harus disediakan yang seperti habitatnya agar tidak stress. Burung yang kerap memangsa laron untuk sehari harinya ternyata memang memberi banyak manfaat. Apalagi ternyata laron memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Namun ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal sebelum memberi makan burung dengan laron.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar Manfaat Laron Untuk Burung Berkicau Kacer dan Murai

Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda di dunia burung kicau. Terima kasih.