Cara Mudah Membuat Racikan Pakan Milet Untuk Lovebird Juara

Diposting pada

Salam satu hobi. Selamat datang kembali di blog resmi kami Kacer. Disini kami akan membahas informasi yaitu tentang “Milet” Berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya :

Milet merupakan biji-bijian / serelia berbentuk butir kecil yang dimana kandungannya hampir setara dengan beras, gandum dan jagung dengan banyak manfaatnya seperti protein, energi, kalsium dan zat besi. Nama ilmiah milet putih bisa sebut : Panicum miliaceum. Biji milet ini tumbuh didaerah cuaca yang tropis.

Milet

Milet adalah pakan utama burung lovebird

Bagi para hobiis burung kicau, khususnya untuk burung lovebird pastinya sudah tidak asing lagi untuk selalu memberikan makan burung kesayangannya menggunakan milet, ada banyak macam milet yang ada di Indonesia ini, ada milet yang berwarna merah hampir mirip dengan jawawut atau sering disebut dengan sekoi (setaria). Namun biasanya untuk pakan harian kesukaan burung cinta ini adalah milet yang berwarna putih yang sangat baik.

daerah penghasil milet pertama dengan produksi yang sangat baik adalah negara india, nigeria dan cina. Harga milet dipasaran memang saat ini sedang tidak stabil / (naik-turun), dengan berbagai keadaan dan banyak faktor yang mempengaruhi seperti sedang kemarau, ekonomi dolar melambung naik, biaya transportasi bbm yang terutamanya serta harga pasaran dari sumber pendapatan dari pakan burung ini sedang turun drastis, hingga dapat mempengaruhi harga pakan yang melambung tinggi.

Dengan panen milet dinegara kita ini sedang sulit, hingga milet yang dibutuhkan sebagai sumber pangan burung kicau lovebird ini banyak keluhan, dampak dan efek yang dirasakan oleh para kicau mania khususnya para peternak burung lovebird ini. Dengan kondisi seperti ini sangat berpengaruh terhadap harga jual burung lovebird yang sekarang sedang anjlok (murah).

Baca selengkapnya :  Manfaat Terapi Bambu Gila Untuk Perpanjang Durasi Ngekek Lovebird

Akan tetapi bagi anda penghobi sejati kicau ekekek burung lovebird ini, dengan kondisi naik turunya harga pakan, tidak terlalu memikirkannya. Yang penting lovebird kesayangannya bisa terus berkicau dengan durasi ngekek yang panjang tentunya.

Teknik meracik makanan milet untuk burung lovebird

Sebelum anda memberi pakan milet untuk burung lovebird peliharaan, setidaknya anda harus mengetahui apakah milet berkualitas atau tidak ?. Ada banyak sekali jenis milet yang dijual di kios pakan burung, baik yang berbentuk kiloan dengan harga yang cukup terjangkau, atau yang sudah bermerek dengan harga yang relatif mahal.

Jika anda ingin mencoba mengolah pakan milet racikan anda sendiri, ada baiknya untuk membeli milet putih kiloan.

milet-kiloan

Inilah racikan pakan lovebird yang paling murah dan sederhana agar burung lovebird kita agar gacor, ngekek panjang dan bertahan dimusim dingin (hujan).

Bahan-bahan yang diperlukan seperti : Milet putih 1 kilo, Tolak Angin 2 saset.

Milet putih dengan takaran satu kilo ini yang baru dibeli dapat di saring terlebih dahulu menggunakan saringan, dan bersihkan kotorannya dari kulit-kulitnya atau biji milet yang kosong. Jika milet sudah bersih dari kotoran-kotorannya lalu dipisahkan ke wadah tempat yang bersih.

Lalu anda boleh mencampurkan tolak angin tersebut yang sudah disiapkan sebanyak dua saset bersama milet putihnya, manfaaat tolak angin ini karena banyak mengandung obat herbal yang sangat baik jika dikonsumsi manusia maupun hewan, khususnya untuk burung lovebird.

Jika sudah dicampurkan, kemudian diaduk hingga merata, selama 30 menit di aduk terus, jika sudah mreata lalu didiamkan terlebih dahulu selama 15 menit hingga tolak angin dapat meresap kedalam milet.

milet-tolak-angin

 

Nah sekarang kita masukan milet racikan tersebut kedalam wajan untuk di sangrai, untuk pengapian kompor cukup sedang saja, jangan terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Jangan lupa diaduk terus agar pengeringan milet dapat kering dengan sempurna. Ketika sudah kering baru kita matikan kompornya lalu pindahkan ke tempat wadah pengeringan seperti tampah yang berukuran lebar, boleh di kipasi menggunakan kipas angin biar milet cepat dingin.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Jalak Bali, Habitat, Makanan, Harga

Dan di ratakan oleh tangan di aduk-aduk kembali hingga merata, dan milet dapat diangin-anginkan terlebih dahulu selama 2 jam, jika sudah kering dengan sempurna baru boleh dipindahkan ke dalam wadah tempat penyimpanan makanan / toples pakan.

Jadi nggak perlu beli pakan yang harganya mahal atau doping yang mahal-mahal, dengan anda membuat racikan pakan ini dengan sendiri, tentunya sudah cukup mewakili dan bisa bersaing dengan setara oleh pakan yang berkualitas untuk burung lovebird kesayangan anda.

Tips pakan lovebird yang berkulitas sudah anda dapatkan, namun untuk hasil yang lebih maksimal boleh juga anda memberikan jamu lovebird konslet agar lebih totalitas konslet dan menjadi juara digantangan.

Catatan : Dari tips yang telah dijelaskan diatas, boleh teman-teman untuk mencobanya dan juga tidak untuk menirunya, semuanya tergantung keinginan anda, karena setiap orang memiliki kebebasan untuk bereksperimen dan berkreasi tentunya.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar Cara Mudah Membuat Racikan Pakan Milet Untuk Lovebird Juara

Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda di dunia burung kicau. Terima kasih.