Cara Merawat Burung Ciblek Harian Agar Cepat Gacor Dor

Diposting pada

Kacer.co.Id update kembali info seputar dunia burung kicauan ya, yg dimana kali ini tema yg akan dibahas adalah cara merawat burung ciblek biar gacor, nah untuk pada pecinta ciblek mania, mungkin bukan hal yg aneh lagi untuk memelihara burung ocehan yg satu ini.

Namun bagaimana jika ada yg masih pemula dan baru terjun untuk memelihara burung ciblek ini, nah maka dari itu diartikel ini, saya akan share pengalaman dan bisa kalian coba dan terapkan rawatan hariannya kepada burung ciblek kesayangan kalian agar bisa menjadi rajin berkicau tiap harinya ya.

Oke tanpa harus berlama-lama yuk langsung aja ke pokok pembahasannya dibawah ini :

Cara Merawat Ciblek Bahan


Bagi para kicau mania biasanya membeli burung ciblek ini dari ombyokan atau masih anakan istilahnya bahan lah ya, karena di masa inilah burung yg kalian rawat dari sejak usia muda ini memiliki prospek yg baik ketimbang membeli hasil tangkapan dengan usia burung sudah tua.

Ada beberapat tahapan yg harus dilewati dan tentu harus memiliki kesabaran tingkat tinggi agar bisa mendapatkan hasil yg diinginkan oleh pemiliknya.

Langkah awal dalam memelihara burung yg masih bahan ini memang pertamanya kita pasti mengalami kesulitan, terkadang burung grabakan, sangking girasnya bisa membuat burung cidera, nah sebaiknya lakukan cara menjinakkan ciblek giras terlebih dahulu, baik itu secara tidak langsung kalian harus sering menaruh kandangnya di lantai, ataupun dengan cara memandikan ciblek yang benar sampai basah kuyup pagi dan sore hari juga bisa.

Baca selengkapnya :  Tengkek Buto Guru Vokal Terbaik Untuk Masteran Burung Lovebird

cara-merawat-burung-ciblek-bahan

Perawatan Yg Konsisten Untuk Ciblek Setiap Harinya


Nah selanjutnya jika burung sudah terlihat agak jinak dan tidak takut orang lagi, maka boleh diterapkan atau diseting rawatan hariannya sebagai berikut ini :

Asupan Pakan Yg Berkualitas

Hal yg paling terpenting dalam merawat burung ini adalah bagaimana pemberian pakan yg tepat dan disukai pastinya ya, nah untuk makanan burung ciblek harian bisa kalian berikan voer halus.

Disini saya biasanya menggunakan pur yg bermerk leopard rumput laut atau yg lainnya juga bisa ya temen-temen. Untuk jenis voer ini banyak sekali ya jualannya dipasaran, kalian bisa mencari dikios-kios terdekat.

Cara Pemberian Pakan Yg Tepat

Jadi kombinasi dari 2 voer ini wajib disajikan setiap harinya ya, minimal hari sekali ya jika voer belum habis sebaiknya diganti dengan yg baru.

Serta ada tambahan untuk mencampurnya dengan menggunakan SKM (Sari Kroto Murni) untuk oplosannya. Kalian bisa menyajikannya setiap hari dengan perbandingan 2 banding 1, misalkan voer leopard ini dua dan skm nya cukup 1 sendok makan tentunya.

Nah untuk pemberian EF serangga, jangkrik biasakan harus konsisten ya misalkan pagi dikasih 6 ekor pagi dan sore hari, biasakan langsung dengan mengguanak tangan kita ya, biarkan burung mematuk dan melatih agar terbiasa dengan kita. Kroto segar hanya seminggu sekali saja, dengan takaran satu sendok teh saja.

Jaga Selalu Kebersihan Kandang, Mandi Dan Penjemuran

Untuk rutinitas setiap hari kalian wajib melakukan 3 hal, dari kebersihan kotoran sangkarnya harus selalu dalam kondis yg bersih ya, di usahakan pagi dan sore hari dibersihkannya agar burung nyaman ketika beraktifitas disiang hari, maupun saat beristirahat dimalam harinya.

Untuk pemandian cukup 1 hari sekali saja di waktu pagihari sekitar pukul 8 sampai jam 9 nan lah ya. Dengan cara disemprot halus sampai merata membasahi keseluruhan bulunya, setelah itu diamkan beberapa menit, boleh burung langsung dijemur dengan durasi 1 – 2 jam.

Baca selengkapnya :  Cara Menjaga Kesehatan Burung Pleci

Pemberian Vitamin Yg Bagus

Untuk mendapatkan burung yang sehat sudah pasti kalian juga harus memberikannya multivitamin yg cocok bagi burung tentunya, biasanya saya menggunakan vita chick yg digunakan untuk anak ayam ya.

Dan vitamin ini juga sangat direferensikan, dan aman diberikan ke ciblek, selain harganya murah, lalu sangat mantap hasilnya. Yang dapat membuat burung lebih lincah, gesit, aktif dan sehat. Kalian bisa memberi sedikit saja ke minuman burung ciblek agar gacor.

Pemasteran Yg Tepat

Salah satu cara melatih ciblek ngebren panjang adalah bagaimana kalian rutin memasterkan setiap harinya dengan menggunakan suara audio mp3 suara tembakan burung ciblek yg sudah gacor mapan dan mengeluarkan suara ngebren pastinya.

Lakukan mastering dengan durasi pagi, siang ataupun malam hari agar si burung bisa lebih banyak mendengar dan menyimaknya, terlebih lagi ketika burung saat memasuki masa mabungnya, itu hal yg sangat wajib kalian melakukan pemasteran ya.

Baca juga artikel lainnya : masteran ciblek

Adapun cara perawatan ciblek stres juga bisa kalian lakukan dengan memperdengarkan suara terapi gemericik air yg tenang, sambil burung dalam kondisi di kerodong ya, dengan teknik dan pola rawatan yg telah dijelaskan diatas. Hanya saja butuh waktu dan kesabaran untuk memulihkan mentalnya lagi agar bisa kembali fighter sediakala.

Nah itu saja kiranya pembahasan tentang cara merawat burung ciblek yg bisa kalian lakukan secara rutin setiap harinya ya, agar bisa mendapatkan burung yg sehat dan gacor. Semoga dapat bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari