Cara Ampuh Pulihkan Mental Burung Murai Batu

Diposting pada

Jika kalian ingin mengembalikan mental burung murai batu tentu jadi pembicaraan paling menarik. Pasalnya pembahasan ini paling seru untuk dibahas. Mengingat burung murai batu merupakan burung kicau petarung atau disebut juga dengan fighter yang cukup digemari para pengemar dengan ditambah kemampuan mengikuti varian suara di atas rata – rata.

Apalagi untuk burung murai batu yang sering sekali jadi idaman untuk diikutkan dalam berbagai event bergengsi. Saat memelihara burung murai batu yang punya mental bagus, yang artinya mental murai batu cukup kuat ketika ditrek ataupun diadu sesama varian murai batu yang lain. Jadi burung tersebut bakal membanggakan bagi pemiliknya.

Namun untuk memperoleh murai batu bermental bagus nyatanya tidak semudah yang kalian bayangkan. Tentu saja membutuhkan kesabaran ekstra lantaran bakalan ada prosesnya. Kemudian yang terpenting terletak pada perawatan yang cocok dengan tujuan melatih mental pada murai batu tersebut.

Kalian perlu tahu jika mental kuat pada murai batu cukup mempengaruhi kualitas murai batu itu sendiri. Sebab mau sebagus apa pun nanti kicauan yang dihasilkan, tetapi tanpa didukung dengan mental yang bagus dan kuat yang akan menjamin jika murai batu bakal dipertemukan murai batu lain. Bisa juga saat diterjunkan pada arena lomba pastilah bakalan berujung menemui masalah mental murai batu drop.

Malah itulah yang sering kali jadi momok permasalahan begitu mental murai batu drop dan tidak ada penenganan khusus, maka itu nanti biasanya burung tersebut bakalan tidak mau bunyi sama sekali. Itu lantaran burung tersebut jadi stres. Jadi kalian perlu untuk lebih hati – hati lagi, jangan coba untuk asal tempel murai batu menang yang mempunyai mental bagus.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Prenjak Kepala Merah Agar Memiliki Kicau Indah

Seandainya murai batu punya kalian terlanjur terkena masalah seperti ini, yuk simak penjabaran lengkapnya di bawah ini :

Usaha efektif memulihkan mental burung murai yang stres


Faktor usia

Biasanya mental murai batu masih labil terjadi lantaran umurnya yang masih muda sehingga sering kali labil. Jadi hasil dari penangkaran atau pun hasil tangkapan dari hutan, sehingga wajar saja jika hal ini terjadi.

Sebab murai batu muda masih memerlukan perawatan sebelum burung tersebut jadi burung yang berkualitas. Nah, untuk itulah sang pemilik sangatlah berperan penting sekali. Caranya dengan memberi pola perawatan khusus supaya nantinya burung tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemiliknya.

Kalian jangan asal-asalan saat memberikan perawatan. Jadi hasilnya mau sebagus apa pun burung murai batu bila kita tersebut, dan kalian hanya memberi perawatan sembarangan maka itu nanti kalian akan menyesal.

murai-stres

Sebab yang bakalan terjadi justru burung jadi males bersuara atau berkicau hingga pada akhirnya mental murai batu bakalan menurun. Atau dapat dikatakan yang awalnya memiliki mental bagus malah jadi rusak. Lantaran asal – asalan merawatnya. Artinya jika kalian ingin memperoleh hasil maksimal, maka cobalah untuk melakukan perawatan yang bagus juga.

Persiapan melatih mental

Buat kalian yang merasa sebagai kicau mania namun belum paham terkait bagaimana cara perawatan murai batu muda supaya mempunyai mental bagus.jadi murai batu sebaiknya kalian jangan terlalu tergesa-gesa untuk menempel atau di trek dengan murai batu lain.

Kalian harus melihat kondisi fisik dan kesiapan mental dan kualitas kicauan burung anda !. apakah sudah siap untuk mengikutkannya dalam kompetisi. Jika anda terlalu memaksakan, lantaran hal tersebut justru malah apalagi langsung dicoba-coba untuk dilombakan. Hal itu bakalan berpengaruh terhadap mental murai batu jadi drop. Seperti halnya yang telah dibahas jelaskan di atas, jika murai batu bakalan mengalami stres dan macet bunyi.

Baca selengkapnya :  Burung Maleo Jenis Endemik Sulawesi Yang Terancam Punah

Jika kalian baru memelihara murai batu yang masih berumur muda cobalah untuk berikan perawatan yang tepat. Misalnya dengan memberi perawatan berupa makan yang terataur serta pola perawatan bagus lainnya. Untuk perawatan yang tepat tentunya membutuhkan pengetahuan mengenai burung murai batu.

gambar-murai

Teknik krodong yang tepat

Pertama, ketika burung berada di rumah cobalah kalian untuk lekas full kerodong supaya lebih tenang. Sehingga mereka siap beradaptasi pada lingkungan baru. Kemudian, cobalah untuk mengantung di lokasi yang tenang, kemudian jauh dari burung lain saat di rumah hingga beberapa hari.

Lalu untuk perawatan, cobalah untuk manjakan burung tersebut. Caranya yaitu dengan memberi pakan yang disukai dengan banyak. Berikanlah EF jangkrik dan kroto lebih banyak 2 kali lipat seperti rawatan biasanya.

Kemudian dalam masa perawatan mental murai batu, coba sebaiknya kalian untuk mandikan terlebih dulu burung tersebut. Lalu terkait suplemen mineral jangan sampai lupa agar stamina burung tetap stabil.

Jika kondisi burung murai anda sudah terlihat pulih sediakala, usai dalam masa perawatan barulah untuk memberikan perawatan seperti bagaimana biasanya. Lantas terkait burung sudah yang sudah sembuh serta siap berkicau pastinya akan membuat sang pemilik senang. Jadi itulah ulasan terkait Pulihkan Mental Burung Murai.