Makanan Burung Mantenan Agar Cepat Gacor

Diposting pada

makanan burung mantenan – halo sobat kicau mania di nusantara, kemabli lagi masih bersama situs Kacer.Co.Id yg dimana pada kesempatan kali ini kami akan mengulas informasi seputar makanan favorit burung mantenan bagi kalian yang belum mengetahui atau masih pemula tentu sangat membutuhkan informasi ini ya temen-temen.

Nah burung yang satu ini tergolong masih kerabat burung magpie namun khusus untuk lokal saja ya, dan jenis burung mantenan yang paling bagus di indonesia adalah mantenan dagu kelabu, mantenan hutan serta manetan gunung. Dari ketiga tipe inilah yang sering banyak dicari-cari oleh para kicau mania untuk dijadikan sebagai burung piaraan dirumah yang fungsinya banyak juga dijadikan burung masteran.

Ada banyak pertanyaan dari temen-temen yang masih bingung ?. Apa makanan burung mantenan ini ya agar selalu sehat dan gacor setiap hari !. Nah biar lebih jelasnya lagi yuk langsung aja simak pembahasan lebih lengkapnya dibawah ini ya :

Jenis Makanan Burung Mantenan


Buah-Buahan

Nah untuk dihabitat alam aslinya burung ini sangat menyukai buah-buahan ya temen-temen, biasanya burung ini sering memakan buah pisang dan pepaya. Nah jika burung ini sudah kita rawat tentu pakan buah ini hanyalah menjadi makanan tambahan saja ya, jangan diberikan setiap hari.

Memang manfaat dari buah itu sendiri bagus akan tetapi lebih baiknya untuk asupan pokok hariannya kalian berikan voer saja agar kebutuhan vitamin dan mineral si burung lebih tercukupi dan seimbang.

Serangga Kecil

Selain buah burung mantenan ini juga sangat suka makan serangga seperti kroto atau telur semut yang masih segar ya, kemudian jangkrik kecil, ulat – ulatan seperti : ulat kandang, hongkong, daun pisang dan ulat bambu.

Baca selengkapnya :  Makanan Burung Hantu Peliharaan

Untuk EF serangga boleh kalian berikan setiap hari namun dengan takaran yang sesuai kebutuhan dan karakter burungnya ya, jangan terlalu berlebihan memberikan pakan serangga seperti kroto dan ulat karena bisa mempengaruhi kesetabilan emosi dan birahinya juga, jika tidak tepat maka yang ada nanti burung malas untuk berkicau.

makanan-untuk-burung-mantenan

Voer Halus

Nah burung mantenan ini wajib juga dikasihkan voer ya, pribadi saya dalam hal merawat burung mantenan biasa memberikan voer merk leopard baik yang kuning ataupun yang hijau tidak masalah asalkan burung itu doyan.

Dan amati juga dari kotoran si burungnya ya jika voer itu tidak cocok maka terlihat dari kotorannya agak mencret, namun jika bertekstur kering dan tidak berbau, tentu voer itu sangat cocok dan wajib diberikan sebagai pakan voer harian.

Cara Melatih Burung Mantenan Makan Voer

Nah bagi temen-temen yang baru dapat memiliki burung mantenan ini tentu masih kaget kondisi si burungnya ya, dan pasti belum mau untuk makan voer jika kalian sajikan di dalam kandangnya, saya yakin pasti tidak akan di sentuh sedikit pun. Lalu bagaimana cara mengajarinya agar voer itu menjadi pakan pokok hariannya ?.

Oke disini langsung aja kita bahas ya, saya jamin karena sudah di coba berdasarkan pengalaman cara melatih burung mantenan agar ngepur dalam waktu singkat kurang lebih 3 – 5 hari jika diterapkan dengan baik dan benar ya. Caranya sebagai berikut :

Pada waktu pagi hari setelah melakukan proses rawatan harian, embun, mandi dan jemur, barulah burung ini kita berikan pakan kroto segar yang kita campur menggunakan voer halus yang akan kita gunakan voernya sebagai pakan hariannya ya. Berikan pada waktu pagi dan sore hari selama waktu kurang lebih 5 hari ya, dengan takaran 1 : 1 campuarannya. Setelah itu di hari ke 6 coba langsung berikan voer total saja, saya yakin burung mantenan temen-temen pasti sudah terbiasa dan mau ngepur total deh.

Baca selengkapnya :  Inilah 4 Jenis Burung Parkit Terbaik, Habitat, Harga, Suara

Mitos Dan Harga Burung Mantenan

Siapa yg tidak kenal dengan Mitos burung mantenan ini ?. Khususnya di daerah sumatra bagian pesisir laut, tentu mengenali dan paham dengan burung mantenan, baik dari sejarah, asal habitat serta karakternya. Namun dongeng ataupun kepercayaan yang saat ini masih ada beberapa orang yang meyakininya juga.

Nah untuk harga burung mantenan yg biasa dijual di ombyokan dengan kondisi masih bahan muda hasil tangkapan tentu sangat murah ya kisaran 100 rb – 150 ribuan saja. Namun berbeda jika kalian membelinya ketika burung ini sudah jadi atau gacor mapan tentu bisa mencapai 350 – 500 ribuan bahkan bisa lebih mahal lagi, sesuai dan tergantung dari kualitas burung itu sendiri ya. Demikianlah tips makanan burung mantenan, yang dapat kalian aplikasikan dirumah dengan burung kesayangan temen-temen ya, semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari