Cara Merawat Burung Serindit Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Burung asli dari indonesia ini yang menyerupai burung love bird adalah serindit, namun burung ini sering dijadikan burung isian dan burung lomba bagi para penghobi kicau saat ini, pada pembahasan kali ini saya akan berbagi pengalaman, bagaimana cara merawat burung serindit agar rajin bunyi dan nembak setiap harinya, baik itu dirumah maupun di lapangan.

Burung ini yang mempunyai sebutan atau nama latin : Loriculus yang memiliki berbagai macam rupa dan warna, yang disesuaikan dengan masing-masing daerah atau hasil silangan para peternak burung ini.

Namun untuk burung serindit jantan yang asli lokal berwarna hijau daun yang memiliki bulatan biru pas diatas kepalanya, serta dibagian leher dadanya ada bulatan bulu yang berwarna merah, dengan ciri khas suara yang mendencing nyaring tajam serta dapat menembak rapat, yang sangat memukau bagi para pecinta burung kicauan. Jika anda ingin memelihara burung ini harga burung serindit dipasaran yang masih bahan muda sekitar 50 sampai dengan 100 ribu.

Tunggu apalagi bray, yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Trik memelihara dengan mudah burung loriculus agar rajin berkicau


Mandi rutin

Untuk cara memandikan burung yang satu ini, memang berbeda dengan burung kicauan seperti kacer atau murai yang senang mandi di dalam keramba, akan tetapi khusus untuk burung sendiri cukup hanya disemprot saja dengan spray secara halus dan sampai basah kuyup seperti memandikan burung lovebird ya.

Dalam memandikan burung ini haruslah rutin setiap harinya dengan jadwal waktu yang pas sesuai dengan karakter burung anda masing-masing. Oh ya jangan lupa sehabis burung ini dimandikan anda juga harus membersihkan kotoran yang ada di dalam kandangnya ya bray, yang bertujuan agar kesehatan si burung selalu tetap terjaga.

Baca selengkapnya :  Inilah Burung Juara Piala Presiden, Dimahar Jokowi Setengah M

gambar-serindit

Pakan dan minum terbaik

Makanan yang disukai burung ini adalah biji-bijian, seperti milet putih, canaryseed, jewawut, biji sawi, adapun pakan tambahan dan variasi yang boleh anda seling agar tidak bosan dapat juga diberikan buah pisang kepok yang matang, buah jeruk yang segar.

Namun herannya ada beberapa dari jenis ini juga yang menyukai dengan makan nasi. Anda mengamati jika burung anda doyan nasi sangatlah baik untuk menambah asupan yang berkualitas tentunya.

Untuk minuman yang disukai sama seperti burung kolibri, yaitu air gula. Yang boleh anda berikan setiap hari ataupun minimal 3 hari sekali saja. Namun anda juga harus memberikan air tawar putih seperti biasa juga yang selalu tersedia disangkarnya sebagai pembilas minumannya.

Penjemuran

Menjemur burung memang hal yang wajib dan harus dilakukan setiap harinya oleh pemiliknya, agar siburung tidak kekurangan vitamin D dari manfaat sinar matahari pagi.

Namun berbeda dengan burung serindit ini, khusus untuk jenis ini tidak terlalu membutuhkan sinar matahari secara langsung, boleh temen-temen rutin untuk menjemur saban hari, ataupun jika kalian tidak sempat juga tidak masalah. Yang penting dalam 1 minggu sekali minimal burung ini harus dijemur ya.

perawatan-serindit

Pengkrodongan

Untuk mengkrodong sangkar burung serindit ini tidak diwajibkan, dan hanya dipergunakan sesuai kebutuhan saja ya. Misalkan burung ini memang dirawat untuk menjadi burung lapangan atau ingin diikutsertakan dalam arena kontes, ya wajib untuk dikrodong setiap malam harinya agar bisa beristirahat dengan tenang dan dapat menyimpan tenaga.

Berbeda dengan burung yang hanya untuk menjadi isian burung ocehan lainnya, berarti tidak usah dikrodong baik sian dan malam hari tanpa krodong.

Lakukan perawatan yang anda berikan secara rutin dan konsisten, maka akan menghasilkan burung yang memiliki kualitas terbaik tentunya, selain burung itu sehat nan gacor pula, maka pasti akan indah pada waktunya. Demikian info yang dapat kami berikan sekiranya dapat bermanfaat bagi teman-teman kicau mania semua.