Burung-Anis-Kembang

Mengenal Burung Anis Kembang, Habitat, Ciri, Sifat, Perawatan, Harga

kacer.co.id – penulis blog kembali update informasi seputar burung kicau anis yang dimana artikel kali ini akan dibahas lengkap habitat, ciri, sifat, cara merawat, dah harga burung anis kembang.

Anis Kembang atau Zoothera Interpres memiliki suara dan alunan lagu yang sangat baik, suaranya sangat merdu, tipe suara anis kembang ngerol, sehingga cendrung mendominasi suara ocehan burung lainnya. Burung anis kembang ini memiliki lagu yang variatif namun variasi suara burung tersebut tergantung pola anda memasternya. Selain itu, Anis Kembang juga memiliki karakter suara yang merdu.

Burung-Anis-Kembang

Meski suara vokalnya bisa sangat keras, tapi tidak memekakan telinga, namun apabila burung ini sudah mapan dan jadi. jenis burung Anis kembang ini tergolong burung gacor dor siang – malam yang akan berkicau terus menerus, hanya berhenti jika ditempatkan tempat yang sunyi dan gelap atau bisa dikrodong.


Memahami karakter burung kicau anis kembang

Habitat burung anis kembang

habitat-burung-anis-kembangBurung anis kembang tersebar di daerah nusa tenggara, sunda besar, malaysia dan filipina. Jumlahnya dialam pada daerah-daerah tersebut makin sulit untuk ditemukan dengan kondisi habitatnya sekarang burung anis kembang ini termasuk langka menurut catatan BirdLife Indonesia.

Namun burung anis kembang ini masih banyak dijumpai didaerah flores dan kalimantan. Anis kembang hidup pada hutan primer dan sekunder, daerah petak-petak hutan yang terisolasi dengan ketinggian sekitar 200 – 1300m di lombok dan sumbawa sedangkan di flores kalimantan pada dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1000m.

Baca selengkapnya :  Rahasia Setelan Burung Kacer Untuk Lomba Agar Bongkar Isian

Ciri-Ciri Burung Anis Kembang

Anis kembang termasuk jenis burung monomorfik, yaitu burung dengan penampilan antara jenis kelamin yang sangat mirip dan sama, sangat sulit untuk membedakan mana yang jantan dan betinanya.

Ciri secara umum yang sering digunakan orang untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina adalah bentuk dan struktur mata dan kelopaknya, kontras pada bulu, cara berdiri – fisik dan cara ngeriwiknya serta crecetan anis kembang jantan sangat mudah untuk dibedakan dengan yang betina.

ciri ciri anis kembang jantan dan betina

ciri-ciri-anis-kembang-jantan-dan-betina

Ciri Anis Kembang Jantan

  • Berbulu mata menonjol – sorotan tajam dan fokus.

  • Warna bulu lebih tegas kontrasnya dan lebih mengkilap.

  • Warna bulu pada pantat terlihat jelas ada warna hitam dan abu-abu, berlekuk-lekuk menyerupai pola gambar awan.

  • Untuk Anis kembang trotolan / bakalan, saat ngeriwik suara merdu, kencang dan buka paruh.

  • Cara fisik berdirinya lebih menggapit – tegap dan gagah.

  • Ketika sedang birahi – jika didekatkan dengan betina, anis kembang jantan akan bergaya menanduk-tanduk seperti gaya sundul mirip ular kobra.

Ciri Anis Kembang Betina

  • Berbulu mata datar.

  • Warna bulu pantat hanya sewarna (warna putih). Bisa bewarna terang dan keruh.

  • Untuk anis kembang trotolan betina, saat ngeriwik hanya menggembung-gembungkan leher saja, meskipun suaranya terdengar keras.

  • Cara berdiri fisik dan gayanya kaki sedikit merenggang dan agak menunduk.

  • Ketika saat didekatkan dan diperdengarkan suara anis kembang jantan, sayap burung anis kembang betina akan menggelepar dan bergetar-getar, membuka dan menutup sayap terus-menerus.

Sifat (Karakter) kelebihan dan kekurangan anis kembang

Kelebihan

  • Memiliki suara dan alunan lagu yang sangat baik.

  • Suaranya merdu, tipe suara anis kembang ngerol dengan membawakan lagu yang variatif dan variasi.

  • Meskipun suaranya keras, kencang dikarenakan berirama merdu, jadi tidak terlalu memekakkan telinga para pendengarnya.

Baca selengkapnya :  Manfaat Bawang Putih Untuk Burung Kicau

Kekurangan

  • Anis kembang ini sangat mudah terserang penyakit, daya tahan tubuhnya sangat rentan.

  • Sangat mudah stress dan cenderung rentan pada gangguan di lingkungan sekitarnya.

Tips Cara Merawat Burung Anis Kembang

Dalam perawatan anis kembang tidaklah sulit, melainkan sama seperti merawat dan memelihara burung kicau pada umumnya seperti mandi dan jemur. Namun ada beberapa teknik khusus yang harus diterapkan secara rutin dan konsisten oleh pemilik anis kembang dalam cara pemberian pakannya agar burung dapat selalu sehat dan gacor (rajin bunyi), perawatan anis kembang macet bunyi.

Makanan-Burung-Anis-Kembang

  • Makanan Burung Anis Kembang : Pakan yang bagus dan alami untuk anis kembang dapat anda berikan berupa serangga seperti : cacing dan kroto. Yang dimana menu pakan yang diberikan memenuhi KANDUNGAN GIZI yang baik untuk burung anis kembang. Namun pemberiannya dapat dilakukan secara variasi di selangi oleh buah-buahan yang sangat baik dan diperlukan untuk kecukupan nutrisi, protein vitamin dan mineralnya.

  • Kroto segar cukup diberikan 1 sendok teh (sedikit saja) maksimal 2 kali dalam 1 minggu. Contoh : pemberian kroto terjadwal pada hari senin dan hari jum’at (pagi hari).

  • Pemberian cacing diberikan 2 ekor – 3 kali dalam 1 minggu.

  • Pemberian buah segar secara rutin setiap harinya, dari hari senin sampai hari jum’at diberikan buah pepaya. Namun di hari sabtu dan minggu dapat diberikan buah apel atau pisang kepok.

  • Jangan lupa diberikan multivitamin yang dicampur didalam air minum burung, minimal seminggu sekali saja.

Daftar Harga burung Anis Kembang Terbaru


Jenis Burung Anis

  • Burung Anis Kembang Gacor Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000

  • Burung Anis Kembang Bakalan Rp 700.000 – Rp 750.000

  • Burung Anis Kembang Trotolan Rp 800.000 – Rp 850.000

  • Burung Anis Kembang Ngriwik Rp 850.000 – Rp 900.000

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Manyar (Habitat, Makanan, Dan Suara)

Namun semua dikembalikan lagi kepada pemilik burung, kunci utama keberhasilan dalam merawat burung anis kembang adalah kemampuan kita menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental burung kicau itu sendiri, dengan tercukupinya vitamin, mineral, protein dan kandungan yang dibutuhkan oleh burung. Dan selalu menjaga kenyamanan burung kita dalam kondisi tenang, senang, nyaman dan tidak tertekan tentunya.

Demikian informasi – dari penulis yang dapat kami berikan seputar – Mengenal Burung Anis Kembang, Habitat, Ciri, Sifat, Perawatan, Harga yang kiranya dapat menambahkan wawasan, materi semua para kicau maniak. Semoga bermanfaat.