Makanan Burung Hantu Peliharaan

Diposting pada

makanan burung hantu – Burung yang awalnya menyeramkan dan banyak ditakuti oleh semua orang, katanya yg banyak mengandung unsur mistis dan mitos katanya, namun pada zaman sekarang ini malahan menjadi trend dan banyak komunitas khusus owl lah ya, yang bersatu membentuk grup yang hobi untuk merawat dan memelihara burung liar ini menjadi burung peliharaan yang sangat unik.

Namun bagi temen-temen pemula yg baru ingin memelihara burung hantu ini sebaiknya harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik dan pakan yang digemari agar nantinya tidak kesusahan dalam memberikan rawatan hariannya. Di artikel kali ini akan dibahas tuntas Makanan Burung Hantu Peliharaan, penasaran ?. Yuk simak informasinya sampai habis dibawah ini ;

Memahami Pakan Kesukaannya Besrta Tips Rawatannya


Makanan Burung Hantu Anakan

Di alam liarnya burung hantu juga mengonsumsi serangga yg berukuran kecil, diantaranya jangkrik, ulat, cacing, semut, kroto dan lain sebagainya yang menjadikan pakan kesukaannya, terlebih bagi burung yang masih anakan.

Biasanya burung indukan burung ini jika sedang meloloh anakannya memberikan pakan-pakan alami seperti yg telah disebutkan diatas, berbeda dengan jenis burung yg sudah dewasa ya. Karena tubuhnya yg besar mungkin salah satu faktor untuk memenuhi asupan pakannya memakan – makanan yang besar juga.

Makanan Dewasa

Untuk burung hantu yg sudah mapan bisa dikatakan sudah besar dengan umur 2 – 3 tahun tentu kurang menyukai pakan serangga, walaupun temen-temen memaksa untuk memberikannya, itupun dengan porsi yg cukup banyak ya tidak bisa diberikan dengan takaran EF serangga seperti burung kicauan pada umumnya.

Baca selengkapnya :  Tips Cara Merawat Jalak Kebo Agar Gacor Siang Malam

cara-memelihara-burung-hantu

Alternatif lainnya, ya memberikan makanan yang sesuai dengan ukuran tubuh si burung tersebut, tentunya bisa kalian kasihkan pakan berat seperti :

– Sapi

– Ayam

– Tikus

– Ikan Lele

– Burung Kecil

Cara Pemberian Pakannya

Memang terlihat agak ekstrem ya temen-temen, akan tetapi jangan langsung diberikan langsung begitu saja berdasarkan point diatas, namun ada cara yg tepat untuk menyajikan makanan burung hantu ini ya.

Untuk sapi disini : kalian bisa menyajikan daging sapi dengan cara di iris atau di potong kecil-kecil atau tipis-tipis saja ya, di usahakan kondisi daging sapi yg kalian berikan masih segar agar siburung mau memakannya, serta kesehatannya juga terjaga.

Alternatif pakan yang digemarinya adalah ikan lele, dengan cara lele harus dalam kondisi mati ya, dengan sudah dibersihkan kotoran dalamnnya ikan bisa di potong mejadi 3 – 4 bagian agar dapat memudahkan burung untuk mengkonsumsinya. Nah untuk daging ayam cara menyajikannya sama ya harus dipotong kecil-kecil juga.

Selain itu burung-burung kecil / untulan (seperti : emprit, puyuh anakannya, dan jenis burung yang bertuhuh kecil pada umumnya. Nah untuk cara memberikan burung kecil ini harus dalam kondisi hidup, namun si burung hantu harus dimaksukan ke dalam kandang soltier yg berukuran agak besar ya, biar lebih mudah memburu si burung kecil yang kalian masukan di satu kandang bersamaan.

Untuk pemberian tikus sebaiknya yg masih anakan dan berwarna putih ya, akan tetapi tidak di anjurkan diberikan terlalu sering, cukup 1 atau 2 bulan sekali saja.

Tips Merawat Hariannya Dengan Tepat

Bagi kalian yang masih pemula yang belum pernah merawat burung hantu ini tentu kebingunan kan ?. Bagaimana sih cara memberikan rawatan hariannya ?.

Baca selengkapnya :  Penyebab Dan Solusi Kacer Suka Mandi Di Cepuk

Dalam memberikan perawatan burung hantu ini berbeda dengan jenis burung kicauan lainnya, yang membutuhkan sangkar, kerodong, penjemuran, mandi dan lainnya. Menurut saya malah ribet mengurus burung ocehan ketimbang burung hantu ?.

Burung hantu ini tidak membutuhkan kandang ataupun kerodong, terlebih yg sudah jinak ya, cukup kalian sediakan tangkringan dan rantai di kaki sebagai antisipasi burung agar tidak bisa terbang terlalu jauh. Hal yg pertama mungkin bisa dikatakan sulitya namun jika sudah terbiasa, ya tentu saja kalian akan lebih mudah dan memahami karakter si burung.

Berikan pelatihan dan perhatian khusus agar si burung kenal dengan si majikannya dan pola rawatan yg kalian terapkan pastikan burung nyaman dan akan menjadi jinak penurut nantinya yg akan menemani aktifitas kalian. Ya itu saja tips seputar makanan burung hantu beserta keunikan dan pola rawatan hariannya yg bisa dicoba, semoga bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari