Burung Cucak Jenggot Jawa

Diposting pada

Halo sobat kicau, kembali berjumpa lagi bersama situs resmi Kacer.Co.Id, nah dikesempatan kali ini kami akan mengulas informasi seputar cucak jenggot jawa, diberbagai kalangan penghobi burung kicau mania khususnya di indonesia tentu sangat banyak penggemarnya untuk burung yang memiliki suara khas mbeset kasar ini untuk dapat dijadikan sebagai burung masteran ataupun kontes ya.

Ada beberapa pertanyaan dari temen-temen di fb yang menanyakan, cucak jenggot yang bagus dari daerah mana ?.

Sebenarnya untuk masalah kualitas burung dari jenis apapun tidak menjadi dasar patokan burung itu bagus atau tidaknya ya, tentu semua dikembalikan lagi dari pola rawatan harian ataupun setingan lomba yg kalian terapkan kepada burungnya, ya walaupun ada persentase juga dari trah asal-usul burung itu sendri, dan itupun tidak mutlak 100% ya temen-temen.

Mengenal Lebih Dekat Burung Cucak Jenggot Jawa


Harga Burung Cucak Jenggot Jawa Gacor

Nah untuk harga cucak jenggot jawa saat ini dipasaran tergolong cukup stabil ya, tidak begitu mengalami perubahan dari tahun 2020-2021, walaupun memasuki zaman pandemi covid seperti saat ini :

Jenis Harga
Burung Cucak Jenggot Jawa AnakanRp.150.000 - Rp.200.000
Burung Cucak Jenggot Jawa BahanRp.300.000 - Rp.350.000
Burung Cucak Jenggot GacoranRp.500.000 - Rp.850.000

Suara Cucak Jenggot Jawa

Bagi temen-temen yang masih penasaran bagaimana sih suara istimewa yg dimiliki oleh burung cucak jenggot jawa ini ?. Disini kami sediakan file audio mp3 masteran burung cucak jenggot jawa yg bisa kalian download secara gratis ya.

Baca selengkapnya :  Download Suara Burung Cucak Ranting Full Isian

download suara cucak jenggot jawa gacor

link – download

download suara cucak jenggot jawa betina

link – download

download suara cucak jenggot nembak kasar

link – download

Ciri Cucak Jenggot Jawa

Untuk kebanyakan dari temen-temen ini masih bingung ya untuk memedakan atau menentukan ciri dari jenis cucak jenggot jawa atau bukan ?. Terkadang jika kalian tidak paham tentu yg ada salah dalam memilihnya. Namun tidak usah khawatir ya kita akan bahas tuntas juga disini :

cucak-jenggot-jawa

Kita ambil contoh saja ya misalkan perbedaan cucak jenggot jawa dan sumatera :

Untuk postur tubuh cucak jenggot sumatera tentu lebih terlihat besar ya temen-temen kalau dibandingkan dengan yg jawa, perbandingannya seperti burung cucak rowo besarnya itu. Dan untuk cucak jenggot jawa tentu memiliki warna corak yang lebih terang pada bagian dada nya kuning menyala dan untuk yg jenis cucak jenggot sumatra agak gelap dan pudar ya.

Tips Membedakan Jantina Burung Cucak Jenggot Jawa

Nah bagi temen-temen yg masih kebingungan untuk melihat ciri jantan atau betinanya burung cucak jenggot, untuk menganalisa ciri cucak jenggot jawa jantan dan betina silahkan simak informasi lengkapnya dibawah ini :

– cucak jenggot jawa jantan

Yg pertama ini dilihat dari postur tubuhnya cenderung lebih panjang dan jenjang, dan bentuk kepalanya juga nampak lebih besar ya, yang disesuaikan dg paruhnya juga panjang dan terlihat kokoh.

Nah yang ketiga ini dari bentuk lehernya ya temen-temen jika kalian perhatikan dengan seksama maka, lehernya itu cenderung lebih besar dan panjang serta tampak kekar dan ketika menengok hanya pada lehernya saja yang bergerak.

Dan yg lainnya adalah bulu ekor ya, yg dimana posisinya mengikuti tegak lurus dengan tekuk dan punggung dalam berbagai posisi baik dalam posisi tenang sedang berkicau, berikutnya yaitu lingkar mata cenderung lebih besar dengan warna gelap mata tajam, terlihat garang atau seram.

Baca selengkapnya :  Tips Cara Merawat Jalak Kebo Agar Gacor Siang Malam

Dan berikutnya adalah tulang supit lebih rapat dan terasa keras saat ditekan dengan jari dan Berikut ini adalah suara kicaunya lebih bervariasi dan tidak monoton yg lebih condong dengan suara ngeriwiknya ya temen-temen.

Dan yang terakhir ini cucak jenggot jantan akan menunjukan prilaku membusungkan dada nya ya jika melihat atau ketemu dengan cucak jenggot lainnya.

Baca juga artikel lainnya : cara ternak burung cucak jenggot

cucak-jenggot-jawa-betina

– cucak jenggot jawa betina

Untuk yg betina nya ini yang pertama yaitu postur tubuhnya cenderung lebih pendek dan tampak buntet ataupun bulat dan berikutnya bentuk kepala cenderung lebih kecil dengan bentuk agak pipih ya.

Berikut ini adalah lingkar mata yang tampak lebih kecil dengan sorot mata yang nampak sayu-sayu, dan berikutnya adalah bentuk leher yang terlihat dan ketika menengok selalu disertai pergerakan tubuh, dan untuk bentuk ekor lebih pendek dan tampak melengkung mendekati tangkringan, walaupun ketika dalam posisi tenang ataupun saat si burung ini sedang tidur.

Dan berikutnya adalah tulang supit lebih renggang dan lunak jika ditekankan kalian raba ya, dan terlebih jika cucak jenggot betina tersebut sudah pernah pernah bertelur ya dan berikutnya adalah karakter suara hanya monoton saja ya.

Nah jadi itulah sedikit info yang bisa memberikan gambaran tentang burung cucak jenggot jawa yang bisa kalian jadikan referensi, apabila ingin memilih ataupun membelinya dan akan dijadikan sebagai burung peliharaan, semoga bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari