Cara Mudah Ternak Ulat Kandang

Diposting pada

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan ulat jenis ini? Ulat jenis ini juga sering digunakan sebagai salah satu makanan untuk beberapa hewan, sebut saja salah satunya adalah burung.

Biasanya jenis ulat yang satu ini memang memiliki warna yang kecokelatan dan bentuknya juga tidak terlalu besar seperti jenis ulat yang pada dasarnya. Tetapi dilihat terlebih dahulu seperti apa hewan yang ingin memakan jenis ulat yang satu ini.

Kalau untuk masalah budidaya sendiri, ulat jenis ini juga sudah sering sekali menjadi salah satu hewan yang dibudidayakan. Sehingga tidak heran jika masih banyak beberapa orang yang masih menggunakan ulat satu ini sebagai hewan budidaya, biasanya cara melakukan budidaya memang terbilang susah.

Karena banyak banget beberapa orang yang gagal dalam melakukan budidaya tetapi hal ini tidak akan terjadi jika kamu memahami seperti apa cara budidayanya. Bagaimana? Ingin tahu bagaimana caranya? Cekidot!.

Tips Mudah Budidaya Ulat Kandang Untuk Pakan Burung Berkicau

Memilih tempat yang cocok

Tips yang paling utama yang harus kamu lakukan adalah memilih tempat yang cocok. Jika tempatnya saja tidak cocok lalu bagaimana kamu bisa melakukan budidaya dengan lancar. Maka dari itu, hal yang terpenting adalah memilih tempatnya terlebih dahulu karena dengan adanya tempat maka kamu bisa melakukan hal yang selanjutnya. Tetapi dalam memilih tempat juga tidak boleh asal tetapi harus dilihat terlebih dahulu bagaimana situasi kondisi mengenai tempat untuk ulat kandang tersebut.

Baca selengkapnya :  Rahasia Sukses Budidaya Burung Cendet

Biasanya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingjn memilih tempat yang sesuai yaitu pastikan memiliki suhu yang dingin. Hal ini dikarenakan ulat jenis ini memang tidak suka sekali jika berada di tempat yang memiliki suhu panas.

Jika kamu memiliki tempat yang kosong tetapi masih layak huni, maka kamu bisa membuat tempat tersebut sebagai kandang dari ulat jenis tersebut. Pastikan juga tempat itu memang tertutup karena jika terbuka maka akan banyak kotoran yang masuk ke tempat tersebut.

Membuat tempat tinggal ulat

Kalau tips yang pertama memang diminta untuk memilih tempat yang cocok maka berbeda dengan tips yang kedua ini yaitu membuat tempat tinggal ulat. Ulat kandang juga harus memiliki tempat yang nyaman, hal ini dikarenakan agar proses budidaya bisa berjalan dengan lancar dan tanpa ada hambatan sama sekali.

gambar-ternak-ulat-kandang

Jika ingin membuat tempat tinggal untuk ulat tentunya tidak sembarang melainkan ada syarat dan ketentuan mengenai pembuatan tempat tinggal ulat tersebut. Nah, kamu bisa memanfaatkan barang yang masih bisa terpakai seperti triplek salah satunya, triplek juga bisa dijadikan sebagai alat pembuatan tempat tinggal ulat. Ukurannya bisa diperkirakan sekitar panjang satu meter dan lebar satu meter pula untuk pembuatannya.

Rata – rata memang tempat tinggal ulat berbentuk persegi sehingga kamu bisa membuat dengan berbentuk persegi pula tetapi jika kamu memiliki ulat yang banyak maka kamu bisa membuat yang lebih besar.

Memilih ulat betina

Tips yang ketiga ini berbicara mengenai memilih ulat kandang betina, perlu kamu ketahui jika ingin melakukan budidaya maka hal yang terpenting adalah memilih ulat betina yang benar.

Terkadang ada beberapa cara jika kamu ingin memiliki ulat betina yaitu kamu bisa menangkap ulat betina itu secara langsung, atau kamu bisa beli langsung di beberapa toko yang sering menjual ulat betina. Pastikan kamu mengetahui mana ulat betina yang memiliki kualitas yang terbaik dan mana ulat betina yang memiliki kualitas yang buruk.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Jalak Kebo

Biasanya jika kamu ingin memilih ulat betina yang siap untuk dibudidayakan maka ada beberapa syarat seperti kamu harus melihat terlebih dahulu apakah ulat betina memang dalam keadaan sehat atau tidak.

Karena hal ini bisa saja mempengaruhi proses budidayanya, selanjutnya adalah pastikan bahwa ulat betina memang memiliki ukuran yang besar dan juga memiliki gerak yang aktif. Jika kamu menemukan ulat betina yang memiliki gerak yang pasif maka kamu tidak perlu menggunakan ulat betina seperti itu.

Menanam ulat

Jika kamu sudah memilih ulat betina maka tips yang keempat ini adalah menanam ulat. Dalam menanam ulat juga harus ada beberapa langkah yang kamu perhatikan seperti kamu bisa membersihkan tempat tinggal ulat terlebih dahulu, kemudian kamu tinggal menambahkan bahan untuk menanam ulat.

Dan jangan lupa untuk diratakan agar bahan untuk menanam tersebut memang rata untuk semua bagian, jika sudah selesai maka bisa langsung masukan saja ulat kandang sesuai dengan ukuran satu meter kali satu meter.

Memberikan makanan ulat

Maka tips yang kelima ini bisa kamu lakukan setiap hari, karena kamu pastinya memang harus memberikan makanan ulat. Biasanya kamu bisa memberikan dua sampai tiga kali sehari tetapi tidak boleh lebih dari biasanya.

Kalau untuk makanan ulat sendiri mudah banget ditemukan karena ada beberapa makanan ulat seperti pepaya, ubi dan berbagai jenis makanan ulat yang lainnya.

Dalam melakukan pembudidayaan ulat kandang juga harus diawasi sebaik mungkin, pastikan tidak ada yang terlewatkan sama sekali. Semangat!.