Mengenal Jenis Burung Tengkek Udang (Makanan, Harga dan Suara)

Diposting pada

Mengenal jenis burung tengkek udang (makanan, harga dan suara)!. Di Indonesia, ada banyak sekali aneka ragam jenis burung yang cantik dan mempesona. Sayangnya, keberadaan mereka sekarang amat langka dan jarang ditemukan di alam liar. Sebab, sudah banyak yang memburu kemudian menjualnya dengan harga yang mahal kepada para pecinta burung.

Memahami lebih dekat versi tengkek udang

Salah satu jenis burung yang mempunyai bulu berwarna indah dan mempesona adalah burung tengkek udang. Burung ini sangat populer dan memiliki warna bulu yang biru agak kehijauan. Sehingga, ketika ia sedang menukik di aliran air yang jernih, maka akan terlihat warna biru kehijauan yang terpancar dari bulunya yang lembut.

Perlu kamu ketahui bahwa burung ini terkenal dengan sebutan burung pemburu yang sangat cerdik. Pada saat akan menangkap mangsa, burung ini akan bertengger di sebuah ranting dengan sangat sabar. Ketika ada mangsa yang terlihat, maka ia akan segera menghampirinya dengan lincah dan sangat cepat.

Terkadang, banyak yang mengibaratkan burung tengkek udang itu ibarat anak panah yang melesat dengan kekuatan super. Ia bisa menangkap ikan yang ada di air sungai hanya dengan satu kali patuk pada saat itu juga. Dan jarang sekali ada tangkapannya yang meleset, lho. Itulah kenapa burung ini terkenal gesit dan super cepat.

Ketika kamu berniat memelihara burung ini, ada baiknya kamu sudah mengetahui perawatan yang tepat agar tidak membuat burung mati dengan sia-sia. Karena kebanyakan orang tidak bisa merawat burung ini dalam waktu yang amat lama. Hal tersebut disebabkan karena tengkek udang merupakan burung spesies kingfisher dan hidup di sekitar air serta alam bebas. Jadi, ketika kamu berniat ingin memeliharanya, maka kamu harus bisa menempatkan burung itu di tempat yang sesuai dengan habibat aslinya.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Rambatan, Beserta Harga Dan Suara

Umumnya, burung tengkek udang memiliki ukuran tubuh yang berbeda dengan yang lainnya. Ukuran tubuh mereka disebabkan perbedaan family antar tengkek udang. Seperti dalam sub family ceyx dan Alcedo, maka ukuran tubuh terkecil mereka yaitu tiga belas sentimeter sampai lima belas sentimeter.

Sedangkan dari golongan keluarga Halycon, ukuran tengkek udang cenderung lebih besar sekitar dua puluh sentimeter. Kemudian, burung ini juga memiliki warna putih sebagai warna dominan yang berada di seluruh tubuhnya. Menariknya lagi, ia juga memiliki warna hitam dan biru laut di bagian ekor serta sayapnya, lho. Cantik sekali, bukan?.

Bukan hanya itu, burung tengkek udang juga memiliki iris mata cokelat yang sangat tajam. Tak heran, jika ia memiliki pandangan yang begitu jelas ketika akan memburu mangsanya. Selain itu, tengkek udang juga memiliki paruh kehitam-hitaman serta kaki dengan warna merah yang indah.

Makanan, Harga dan Suara Burung Tengkek Udang

Ketika kamu berniat memelihara burung ini, maka kamu harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu terkait makanan yang ia makan. Biasanya, jika di alam liar, tengkek udang seringkali memakan ikan-ikan kecil yang ada di sungai. Nah, jika kamu ingin memelihara burung ini, maka kamu bisa menggunakan pangan yang berada di sekitar sungai atau pinggir kolam. Seperti hewan air berupa ikan, kepiting, udang, katak dan hewan air lainnya.

Makanan yang dibutuhkan

Ketika burung tengkek udang ini sudah selesai makan, maka ia akan memuntahkan semua duri atau tulang yang tidak bisa dengan mudah dicerna. Lalu setelah itu, ia akan mulai berdandan dan kembali diam di tempat yang menurut ia nyaman. Berdandan disini merupakan kebiasaan tengkek udang sehabis makan dan menjadi ciri khas yang ia miliki.

Baca selengkapnya :  Burung Derkuku - Habitat, Ciri, Makanan Dan Mitos

Selain itu, kamu juga bisa membuat makanan untuk tengkek udang dengan mencampurkan beberapa bahan seperti voer burung, 3 butir kuning telur puyuh, minyak ikan sebanyak 3 butir, dan 2 sendok teh kroto segar. Lalu, silakan blender semua bahan tersebut sampai menjadi lembut. Kamu juga bisa menambahkan potongan daging dari ikan mas atau mujair, lalu digiling sampai lembut. Lalu, aduk-aduk dengan menggunakan sendok, dan masukkan minyak ikan serta air panas. Aduk kembali sampai menjadi bubur yang terlihat kental.

Harga burung tengkek udang

Jika sudah bisa membuat makanan burung tengkek udang tersebut, maka selanjutnya kamu bisa membeli burung itu sekarang juga. Karena burung ini termasuk ke dalam jenis burung yang langka dan memiliki bulu yang indah, maka harga yang ditawarkan pun cenderung mahal, yaitu diatas satu juta rupiah.

Selain karena langka dan memiliki bulu indah, suara juga menjadi alasan utama kenapa burung ini memiliki harga yang begitu mahal. Tahukah kamu bahwa tengkek udang memiliki suara yang merdu dan seringkali dijadikan sebagai master bagi burung-burung lainnya. Nah, sudah terbukti bukan betapa istimewanya burung ini?.

suara burung tengkek udang

Link donwnload disini

Itulah informasi mengenai burung tengkek udang yang bisa kamu ketahui. Semoga kamu terhibur dan mendapatkan pengetahuan terkait burung ini disini, ya.