Apa Itu Burung Punai Berikut Penjelasan Makanan, Harga, Suara

Diposting pada

Sudah kenal dengan burung punai? Jenis burung yang satu ini memang memiliki perpaduan warna yang bagus yakni hijau pada bagian tubuh burung punai. Perlu kamu ketahui, burung punai merupakan jenis burung yang sering ada di beberapa wilayah Indonesia.

Sebut saja seperti Sumatera, Sulawesi, Jawa dan beberapa daerah yang lainnya. Apalagi bagi kamu yang ingin melihat seperti apa burung punai, maka kamu bisa mengunjungi beberapa tempatnya.

Bukan hanya itu saja, sebenarnya ada beberapa burung punai yang hidup secara liar dan ada pula beberapa punai yang bisa dipelihara. Pastinya ada beberapa perbedaan mulai dari jenis makanan yang harus diperhatikan, motif warna pada burung punai dan beberapa hal lainnya.

Tentu masalah pemeliharaan juga harus diperhatikan dengan sebaik mungkin jika kamu ingin membeli burung punai untuk dipelihara. Apalagi sekarang ada berbagai jenis burung dengan berbagai harga yang bervariasi. Bagaimana? Ingin tahu lebih lanjut?.

Mengenal lebih dekat apa itu burung punai ?

Burung punai termasuk salah satu jenis burung yang bisa dipelihara walaupun begitu burung yang satu ini memang memiliki motif bulu yang bagus. Apalagi perpaduan warna antara hijau muda dan hijau tua tepat pada bagian dari kepala sampai leher dan bagian perut sampai kaki memang memiliki perpaduan warna yang menarik. Tetapi untuk bagian sayapnya sendiri memang memiliki berbagai warna seperti maroon dan ada pula beberapa garis yang ada pada pinggir sayapnya.

Mungkin kamu kenal dengan burung merpati, burung merpati juga masih memiliki ikatan keluarga dengan si punai ini. Biasanya jenis burung punai ini sering ada di atas ranting pohon karena inilah salah satu ciri khas dari burung punai jika dibandingkan dengan jenis burung yang lainnya. Bukan hanya itu saja, jenis burung yang satu ini juga bisa disebut dengan burung arboreal. Burung punai juga termasuk ke salah satu famili yang bernama columbidae.

Baca selengkapnya :  Efek Samping Pemberian Ulat Hongkong Untuk Murai Batu

Makanan burung punai

Kalau sebelumnya kamu sudah tahu mengenai apa itu burung punai, maka berbeda dengan hal yang kedua ini mengenai makanan burung punai. Kalau berbicara mengenai makanan burung punai pasalnya kamu harus tahu terlebih dahulu jenis burung punai apa yang kamu pelihara karena tidak semua burung punai bisa dipelihara dan ada juga beberapa jenis burung punai yang bisa dikatakan sebagai burung yang liar. Dan tentunya untuk masalah makanan memang berbeda antara burung yang liar dengan burung yang jinak.

Bagi kamu yang memiliki burung peliharaan jenis punai jinak, maka ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu pilih seperti jangkrik, belalang, udang, kerang, buah yang bisa dimakan ( contohnya apel, mangga dan beberapa jenis buah yang lainnya), dan berbagai macam biji – bijian.

Tetapi berbeda jika kamu menemukan burung punai liar maka ada beberapa jenis makanan seperti pucuk daun, berbagai jenis bunga, berbagai jenis biji – bijian, serangga, berbagai jenis kerang dan beberapa makanan yang lainnya.

gambar-burung-punai

Harga burung punai

Kalau kamu ingin membeli burung punai, ada kalanya kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis burung apa yang ingin kamu beli. Hal ini dikarenakan agar kamu mengetahui seperti apa jenis burung yang kamu beli nanti, apalagi jangan sampai kamu salah dalam membeli burung.

Biasanya perbedaan bisa dilihat dari bentuk paruh pada burung tersebut, motif bulu pada badan burung, tinggi besarnya burung tersebut dan berbagai hal yang lainnya.
Tetapi ada beberapa jenis burung punai yang biasa dijual seperti burung punai tanah, burung punai hijau, burung punai daun dan merah, burung punai daun Malaysia, burung punai Medan baru, burung punai penganten dan burung punai jambu.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Zebra Finch Beserta Harganya

Biasanya kamu bisa membeli jenis burung untuk satu pasang saja atau kamu juga bisa untuk membeli burung satu ekor saja. Tentu harga yang diberikan berbeda jelas antara kamu membeli satu ekor maupun sepasang atau membeli dua ekor dengan kelamin betina maupun jantan.

Suara burung punai

Suara memang merupakan aspek yang paling terakhir yang harus kamu ketahui, karena dengan memiliki suara burung yang bagus. Maka burung tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang.

Perlu kamu ketahui suara burung punai dengan kelamin jantan maupun betina memang memiliki suara yang berbeda sehingga tidak bisa disamakan antara satu sama lain. Melainkan suara burung betina seperti terlihat serak sedangkan pada burung jantan terlihat lebih bagus.

Tetapi tergantung juga pada setiap jenis burung karena pada dasarnya ada pula beberapa burung yang memiliki suara yang bagus dan ada juga beberapa burung yang memiliki suara yang standar.

Sekian penjelasan saya kali ini, semoga informasi mengenai burung punai bisa menambah wawasan kamu, ya!.