Mengenal Ciri Burung Tledekan Gunung

Diposting pada

Memelihara burung dijadikan sebagai hiburan dan sarana pengilang stres bagi banyak orang. Kicauan burung di pagi hari adalah suatu hal yang menyenangkan untuk didengar, karena memberikan kesan tenang khas pedesaan. Oleh karena itu, sebagian besar orang memelihara burung selain dilihat corak warna bulu juga untuk suara kicauan yang dihasilkan oleh burung.

Berbagai pilihan jenis burung kicau pun tersedia, lengkap dengan suara khas yang dimiliki tiap burung. Setiap burung ini memiliki daya tariknya sendiri, mulai dari bentuk tubuh, corak, suara, ataupun yang lainnya. Kerap diadakan acara lomba yang ditujukan untuk mengadu kicauan burung. Hal ini pula yang menjadi alasan banyak orang mulai memelihara jenis burung kicau.

Tledekan Gunung adalah salah satu dari beberapa jenis burung tledekan yang termasuk ke dalam burung kicau. Burung tledekan ini kebanyakan dipelihara karena kicauannya dengan corak yang menarik sebagai nilai plusnya.

Namun, beberapa waktu ke belakang burung tledekan mulai tersisihkan di dalam ajang perlombaan. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menyurutkan minat para pencinta kicauan burung tledekan untuk tetap memeliharanya.

Burung tledekan gunung atau yang biasa disebut sebagai sikatan cacing, ada juga yang menyebutnya Hill Blue-Flycatcher. Burung ini memiliki nama latin Cyornis banyumas yang berasal dari famili Muscicapidae serta dari genus Cyornis. Burung tledekan gunung memiliki bentuk tubuh yang kecil dan dapat ditemukan di Pulau Kalimantan dan sekitar Pulau Jawa.

gambar-tledekan

Memahami keunikan burung tledekan gunung

Ciri Burung Tledekan Gunung

Ada banyak ciri yang dimiliki oleh burung tledekan gunung ini, tentu hal tersebut membuat burung dapat dibedakan antara burung yang satu dengan yang lainnya. Hal ini biasanya dilihat dari tampilan fisik burung itu sendiri, dan dinilai secara umum. Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini adalah ciri yang dimiliki tledekan gunung, antara lain:

  • 1. Memiliki panjang tubuh yang berkisar antara 14 hingga 15,5 cm.
  • 2. Berat tubuhnya yang hanya berkisar antara 14 hingga 17 gram.
  • 3. Bagian tenggorokan yang berwarna jingga.
  • 4. Ada bintik pada bagian dagu berwarna hitam.
  • 5. Bagian tulang ekor atau tunggir yang tidak mengkilap.
  • 6. Hidup sendiri atau berpasangan.
  • 7. Hidup di dataran rendah hingga 1300 mdpl.
Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Pleci Terupdate Di Tahun 2020

Ada ciri yang membedakan antara burung tledekan gunung yang jantan dam betinanya. Perbedaan yang ada di antara keduanya pada bagian corak yang dimiliki. Burung yang jantan memiliki kombinasi warna yang lebih menarik, yaitu biru atau cokelat dan jingga. Sedangkan untuk burung betina memiliki warna coklat.

Makanan Burung Tledekan Gunung

Makanan wajib yang diberikan kepada burung tledekan gunung adalah kroto yang dapat membantu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung. Kroto sendiri adalah telur dari semut kerengga yang biasa dijadikan sebagai pakan burung.

Apabila kroto diberikan kepada burung ini, ada banyak manfaat yang didapat. Namun, yang menjadi kendala saat ini adalah keberadaan kroto yang sulit untuk didapat.

Namun, kroto ini dapat diganti dengan makanan pengganti lain yang diberikan kepada burung. Hal yang terpenting dari makanan pengganti ini adalah mau atau tidaknya tledekan gunung tersebut.

Selain itu, pakan tersebut paling tidak harus aman, baik, dan bernutrisi bagi tledekan gunung. Makanan pengganti yang dapat dijadikan pilihan di antara ada ulat hongkong, ulat bambu, jangkrik, cacing tanah, voer, ulat jerman, egg food, dan buah-buahan.

Namun, perlu diingat untuk memberi makanan ini kepada burung tledekan gunung harus sesuai dengan takaran yang biasanya diberikan. Pemberian makanan pun harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan burung tledekan gunung yang sehat dan bergairah.

Usahkan untuk tetap melakukan pemberian kroto, paling tidak seminggu 3 kali. Hal ini penting dilakukan karena berperan sebagai pengatur birahi dan penambah stamina bagi burung.

Suara Burung Tledekan Gunung

Burung tledekan dikenal sebagai burung yang memiliki suara yang unik dan istimewa dibanding yang lainnya. Suara dari burung tledekan gunung ini juga dapat dikatakan cukup keras. Meskipun suaranya keras, tetapi suara tersebut masih terdengar enak dan tidak kaku. Selain itu, burung ini juga mempunyai irama yang cenderung lebih bervariasi dari pada jenis yang lain.

Baca selengkapnya :  Apa Itu Burung Anis Merah ?. Berikut Penjelasan (Lengkap)

Sara kicauan khas dari tledekan gunung membuat banyak orang memilih untuk memiliki burung yang satu ini. Meskipun pemeliharaannya bukan ditujukan untuk lomba tapi masih banyak yang memelihara dengan tujuan membuat suasana rumah lebih hidup.
Suara dari burung tledekan gunung juga dikenal dengan suara yang mendayu-dayu. Suara di antara burung yang jantan dan betina pun tidak jauh berbeda, sehingga keduanya tidak jauh berbeda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan berkaitan dengan burung tledekan gunung atau sikatan cacing.

Berikan makanan yang bernutrisi dan baik untuk burung agar mendapatkan kicauan yang maksimal. Selain itu, lakukan perawatan secara rutin kepada burung agar tidak merasa stres.