Mengenal Jenis dan Ciri Burung Lovebird Euwing Beserta Harga

Diposting pada

Bagi kamu pecinta burung, pasti sudah tak asing lagi dengan salah satu jenis burung yang bernama lovebird. Burung ini sudah seringkali muncul di berbagai kicau mania dan dijual di pasaran dengan harga yang cukup mahal. Lovebird memiliki banyak sekali jenisnya, lho.

Salah satu jenis dari burung ini adalah lovebird euwing. Jenis ini diketahui masih langka dan lumayan sulit untuk didapatkan dibandingkan dengan lovebird lainnya. Itu sebabnya, harga dari burung ini lumayan mahal dan paling banyak dicari.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang burung euwing ini, kamu bisa baca terus untuk mengetahui lebih detail terkait jenis, ciri, harga serta suaranya.

Mengetahui keunikan yang dimiliki oleh love bird euwing


Jenis-Jenis Lovebird Euwing

Perlu kamu ketahui bahwa asal mula penamaan dari burung lovebird euwing ini adalah sebuah akronim dari nama Eumelanin Wing. Dari namanya itu, kamu bisa langsung mengetahui sendiri bahwa sayap yang dimilikinya cenderung lebih tinggi dan memiliki warna yang gelap dibandingkan dengan warna pada tubuhnya.

Awalnya, burung ini pertama kali ditemukan di negara Belanda pada tahun 2004 lalu. Orang pertama yang berhasil menemukan jenis burung lovebird ini bernama Piet Verhijde. Menurut informasi yang beredar, burung euwing ini merupakan peranakkan antara lovebird hijau dan lovebird lutino fischeri. Sehingga hadirlah burung euwing yang tampak elegan dan mempesona dengan sayapnya yang tinggi.

Saat ini, ada tiga jenis lovebird euwing yang bisa kamu ketahui. Ketiga jenis euwing tersebut dibagi berdasarkan warna yang mereka miliki, yaitu:

Baca selengkapnya :  Harga Terbaru Lovebird Pale Fallow 2020

Lovebird Euwing Olive

Jenis euwing yang pertama ini memiliki warna yang lebih gelap daripada jenis lainnya. Biasanya, burung satu ini lebih sulit untuk ditemukan dan kalaupun ada, maka harganya akan sangat mahal sekali.

Lovebird Euwing Biru

Jenis lovebird euwing biru ini memiliki warna dominan ke arah biru. Jadi, jika kamu menemukan burung euwing dengan warna yang lebih pekat ke biru, maka sudah dipastikan bahwa burung tersebut termasuk ke dalam jenis yang ini.

Lovebird Euwing Hijau

Dan jenis burung euwing yang terakhir adalah euwing hijau. Seperti burung euwing biru, jenis ini memiliki warna bulu yang lebih dominan ke warna hijau dan memiliki warna yang begitu cerah dan bercahaya. Maka, tak jarang para kicau mania lebih sering membeli burung jenis ini karena memiliki warna yang cukup bagus dan menarik.

Lovebird-Euwing-Hijau

Ciri-Ciri Lovebird Euwing

Setelah kamu mengetahui apa saja jenis burung lovebird euwing, maka selanjutnya kamu harus mengetahui juga ciri dari burung euwing tersebut. Ciri-ciri ini akan membedakannya dari jenis lovebird lainnya. Yuk, langsung saja simak ciri-cirinya disini.

Ekor

Jika kamu melihat ekornya, maka kamu akan melihat warna hitam dibagian ekor beserta gradasi yang berwarna kuning. Gradasi itulah yang membedakan warna burung euwing dengan jenis lovebird lainnya.

Warna Bulu

Biasanya, jenis lovebird euwing hanya memiliki dua warna yang lebih dominan, yaitu warna kuning dan kehitaman. Selain itu, jenis burung ini juga memiliki warna yang cukup cerah untuk bagian dada. Kamu bisa menemukan warna putih atau juga warna kuning di bagian dada tersebut.

Sayap

Biasanya, sayap burung euwing ini memiliki warna persis seperti ekornya, yaitu berwarna hitam dengan gradasi berwarna kuning. Namun, khusus bagian sayap, kamu akan melihat corak dengan trotol-trotok layaknya pada burung lovebird blorok.
Kemudian, burung lovebird euwing memiliki warna punggung yang berbeda dengan warna sayapnya. Sehingga, ketika kamu melihat burung ini dari atas, maka akan terlihat seperti huruf V di bagian punggungnya tersebut.

Baca selengkapnya :  Download Smart Mastering MP3 Download Suara Burung Terlengkap

Paruh

Untuk warna paruhnya sendiri, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis lovebird lainnya, yaitu memiliki warna merah dibagian paruhnya.

Harga dan Suara Burung Euwing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa burung lovebird euwing terbilang langka dan cukup sulit untuk ditemukan. Hal tersebut ternyata dapat berpengaruh terhadap harga yang dimiliki oleh burung euwing. Selain kelangkaannya, ternyata suara dari burung euwing juga bisa berpengaruh terhadap harga, lho.

Biasanya, harga burung euwing itu berada pada kisaran dua sampai lima juta rupiah. Jumlah tersebut tentu saja tidak sekecil yang kamu kira. Nah, untuk bisa mendapatkan kualitas burung euwing dengan suara yang terbaik serta berkualitas, maka kamu harus rela mengeluarkan uang lebih banyak lagi daripada itu.

Namun, bagi para pecinta burung seperti kamu, mengeluarkan uang dengan nominal besar pun tentu tidak akan berat, bukan?.

Itulah informasi mengenai jenis, ciri, harga serta suara yang dimiliki oleh burung lovebird euwing. Dengan mengetahui hal ini, tentunya akan menambah wawasan mengenai jenis burung lovebird yang diberi nama euwing atau si sayap yang tinggi dengan warna kehitaman. Sehingga, kamu bisa lebih update dan mengetahui hal apa saja yang menjadi ciri-cirinya.