Cara Mengatasi Kacer Mangap Saat Di Gantangan Lomba

Diposting pada

kacer mangap – Banyak masalah yang terjadi pada seekor kacer yang akan dilombakan yang membuat kita kebingungan di mana kita di tuntut harus cepat dan tanggap untuk menyelesaikan masalah ini agar terhindar dari yang namanya kondangan ?.

Dengan tujuan untuk menyelamatkan tiket yang sudah kita bayar kan salah satu permasalahannya adalah fenomena pada saat dilombakan maupun yang sudah digantangkan, ada sebuah anggapan yang mana pada saat dilombakan atau karakter yang sudah digantangkan itu adalah ciri-ciri seekor kacer yang lagi kepanasan ?.

Sehingga dari temen-temen ada yang berinisiatif untuk memberikan perlakuan atau tindakan untuk mengatasi kepanasan yaitu seperti memandikannya, menyemprot tangkringan dan dan lain sebagainya. Namun hasilnya ada yang sukses akan tetapi ada juga yang gatot alias gagal total ?.

Penyebab Kacer Mangap Saat Lomba

Catatan :

Apakah kacer yang mangap di lapangan / area gantangan itu menandakan si kacer sedang kepanasan ?

Jawaban nya : Tentu tidak !.

Karena menurut pengalaman saya ada dua penyebab, yang pertama mangapnya itu bisa jadi ya karena memang sedang kepanasan yang kedua kacer mangap itu adalah karena hilang Fighter atau takut. Nah untuk lebih jelasnya Mari kita bahas satu persatu :

kacer-mangap-kenapa

Kondisi Karena SiKacer Kepanasan

Yang pertama kacer yang mana pada saat dilombakan yaitu karena memang benar-benar lagi kepanasan yang ditunjukkan dengan baik pada saat di area lomba atau kacer yang sedang digantangkan.

ciri-cirinya adalah mangap sambil bunyi terpatah-patah nafas ngos-ngosan sambil membuka kedua sayapnya sedikit dan jika Bagong Bagong sambil mangap dan penyebabnya penyebabnya adalah terlalu banyak penjemurannya pada saat perawatan harian durasi pemandian yang diberikan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, kesalahan pemberian jenis makanan tambahan yang bisa berdampak mangap pada seekor kacer.

Baca selengkapnya :  Kacer Hanya Diam Saat Di Trek

Penyebabnya Dan Solusi Kacer Kepanasan :

Contoh terlalu banyak memberikan jangkrik menjelang lomba atau pada saat lomba dan memberikan ulat terlalu banyak di cuaca yang panas terik yang berdampak pada naiknya suhu tubuh sikacer.

Dan solusinya yang sikat pertama pada saat di area lomba solusinya segera mandi kan terus sampai puas dan setelah mandi kan kroto standby extra fooding jangkrik Jangan diberikan dulu karena fokus untuk mendinginkan, kerodong karpet dan tangkringan di semprot basah, setelah itu kondisikan di tempat yang sejuk dan menjauh dari area lomba.

Nah untuk rawatan harian nya adalah : Kalian bisa mandikan tiap sore atau malam, jemur dikurangi 50% dari biasanya misalkan cukup seminggu 2 kali maksimal 30 menit saja.

Untuk pemberian EF jangkrik berikan maksimal 3 pagi 3 sore kroto berikan dua hari sekali dan istirahatkan penuh krodong longgar dan letakkan di ruangan yang sejuk dan nyaman.

Kondisi Karena SiKacer Ketakutan

Dengan kejadian ini biasanya si kacer ini kehilangan Fighter atau takut yang menunjukan cirinya : dengan paruh terbuka lebar (mangap) akan tetapi tatapannya kosong dan tidak mau bunyi sama sekali dan pada saat digantang kan hanya loncat-loncat sambil mangap ?.

Baca juga : Cara Pulihkan Mental Kacer

Penyebabnya Dan Solusi Kacer Yg Ketakutan :

Penyebabnya adalah untuk perawatan hariannya biasanya terlalu banyak pemandiannya, durasi penjemuran sedikit dan terlalu banyak EF yang mendinginkan seperti kroto, ulat bambu, cacing dan lain-lain dan itu solusinya seperti ini :

Pengkondisian dilapangannya temen-temen segera buka krodong di tempat yang nyaman, lalu jemur kacernya dan berikan ulat Hongkong bertahap dari 5 sampai 20 ekor dan jika sudah mau buka ekor tetap biarkan dulu sampai benar-benar konslet.

Baca selengkapnya :  Tips Mendapatkan Stamina Burung Murai Tanpa Umbaran

Dan jika sudah yakin benar-benar konslet berikan jangkrik 1 sampai 2 ekor lalu kerodong dan mendekat ke area lomba agar emosinya tetap terpancing dan siap untuk digantangkan.

Dan untuk rawatan hariannya : Untuk porsi mandi dikurangi 50% dari sebelumnya misalkan yang tadinya mandi tiap hari bisa dikurangi menjadi seminggu 1 sampai 2 kali dan ditambah durasi penjemurannya yang tadinya jemur tidak pernah dijemur sama sekali boleh ditambah jemurnya menjadi seminggu dua kali, maksimal 3 jam dan waktunya pagi setelah mandi, kasihkan jangkrik standar aja maksimal 5 pagi 5 sore dan mempersembahkan kroto dihilangkan dan istirahatnya penuh krodong letakkan di ruangan yang nyaman.

Nah itu tadi pembahasan tentang cara mengatasi kacer mangap pada saat dilombakan dan saya simpulkan yang mana pada saat dilombakan itu ada dua penyebab yang pertama yang benar-benar lagi kepanasan dan yang kedua yaitu kacer yang takut, ciut, down kehilangan fighternya. Semoga pembahasan kali bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari