Apa itu burung Kutilang Jambul ?. Berikut Penjelasan (Lengkap)

Diposting pada

Burung kutilang jambul merupakan satu dari sekian banyak ragam burung kicau yang ada di tanah air. Puluhan jenis burung kicau di alam telah dijadikan burung peliharaan oleh berbagai hobiis burung di berbagai daerah di Indonesia.

kutilang-jambul

Inilah definisi menyeluruh


Mengenal jenis burung impor

Tidak sebatas burung kicau lokal, burung kicau impor pun telah banyak ditangkarkan hobiis burung kicau di Indonesia. Bahkan, beberapa di antara burung kicau impor tersebut telah mengungguli burung kicau lokal karena daya pikat dan kelebihannya. Sangat wajar jika burung kicau banyak dipelihara penggemar burung kicau dan sering dikonteskan.

burung kutilang jambul (red whiskered bulbul) pernah meramaikan pasaran burung kicau dan mendapat respon cukup baik dari pada hobiis. Burung asal Thailand ini memiliki ciri khas dengan adanya jambul berwarna hitam di atas kepalanya, warna merah dekat tenggorokannya, dan warna putih pada bulu dadanya. Panjang tubuhnya sekitar kurang lebih 20cm diantara kerabatnya, penampilan kutilang jambul tergolong sangat baik, karena corak bulunya yang paling menarik. Sebutan lain dari burung ini adalah merbah jambul.

Sayangnya, keberadaan kutilang jambul di pasaran tidak berlangsung lama karena adanya larangan impor akibat flu burung.

Di Malaysia dan Singapura, kutilang jambul dikenal dengan sebutan kecuk. Burung kicau ini sering dikonteskan di Singapura, Johor Baru (Malaysia), dan Thailand di even Kings Cup, yang hadiahnya berupa mobil dan tropinya diserahkan langsung oleh Raja Thailand atau diserahkan permaisuri kerajaan. Secara fisik, penampilan kutilang jambul bisa dikatakan paling gagah dan cukup keren di antara keluarga besar pyconotidae.

Baca selengkapnya :  Inilah Perawatan Yang Tepat Untuk Murai Batu Mabung (Molting)

Habitat dan kebiasaan

Kutilang jambul menyukai daerah pinggiran hutan, taman kota, sampai kebun dekat lingkungan penduduk. Bahkan, burung kicau ini sering terlihat bertengger di kabel listrik. Hanya saja, kutilang jambul lebih senang hidup soliter dan terkadang berpasangan. Selain memakan jenis serangga , kutilang jambul ini juga sangat menyukai buah-buahan yang mengandung banyak air.

burung-kutilang-jambul

Ciri dan fisik

Jenis kelamin kutilang jambul thailand hampir mirip dengan jenis kutilang emas namun tidak bisa dibedakan dari ukuran tubuhnya, tetapi dari warna yang khas pada bagian garis mata seperti warna kombinasi coklat dan merah. Ciri-ciri fisik yang telah disebutkan adalah ciri burung jantan, sedangkan pada jenis betinanya tidak memiliki warna tersebut dibagian garis matanya.

Selain itu, warna pada bulu penutup ekor bagian bawah tidak semerah jantannya. Dari segi suara dan kicauannya yang pasti berbeda. Kutilang jambul jantan lebih bervariasi dan lebih rajin dari kutilang jambul betina.

Makanan yang dibutuhkan

Uniknya kutilang thailand ini kurang menyukai ulat hongkong (UH). Oleh karena itu, agar bertambah sehat perlu diberi pisang kepok dan pepaya, terutama untuk perawatan tahap awal. Namun anda dapat memberikan pakan buah – buahan tersebut 3 – 4 hari. Setiap harinya buah harus selalu diganti dengan yang baru, agar selalu menjaga fresh dan kesegaran pakan burung, agar selalu terjaga kesehatannya.

Agar tidak terlalu tergantung pada pakan jenis buah saja, pemberian harus bervariasi di selang – seling dengan pakan jenis serangga seperti kroto ulat daun, jangkrik, cacing tanah, agar bertujuan burung tidak bosan.


Karakter burung

Burung kicau jenis ini yang memiliki suara keras dan pecah, merupakan burung yang bertipe galak dan tergolong burung yang sangat giras dan sulit untuk dijinakkan.

Baca selengkapnya :  Melihat Peluang Bisnis Burung Kenari Yang Sangat Menjanjikan

Daya tarik

Berpenampilan paling menarik dikelasnya, dengan jambul kecil di atas kepalanya dan warna bulunya yang cukup cerah adalah daya tarik tersendiri. Serta burung jenis ini sangat mudah dalam perawatannya dan cepat rajin berkicau.


Demikian pembahasan singkat mengenai burung kutilang jambul untuk menambah wawasan anda dalam dunia perburungan – salam kicau mania, semoga bermanfaat.