Ciri Tledekan Laut, Beserta (Harga dan Suara)

Diposting pada

Hewan peliharaan ada banyak sekali yang dapat dijadikan pilihan. Selain kucing, anjing, dan ikan, hewan yang sering dijadikan peliharaan adalah burung. Burung dijadikan pilihan banyak orang untuk dipelihara karena berbagai alasan, ada yang dinikmati keindahan bulu, kicauan yang merdu, serta untuk mengikuti ajang perlombaan burung. Perlombaan ini umumnya mengadu suara kicauan dari burung.

Ada begitu banyak spesies burung yang ada di dunia lengkap dengan keunikan yang dimilikinya. Jenis burung yang biasanya dipelihara dan dijadikan burung perlombaan ada banyak. Setiap jenis burung memiliki keunggulan dalam hal kicauannya, tentu saja memiliki ciri khas masing-masing.

Kicauan dari burung pun dapat dipengaruhi oleh perawatan yang diberikan kepada burung itu sendiri. Mengingat burung termasuk hewan yang mudah stres, pada kondisi tersebut burung bisa saja enggan berkicau.

Salah satu jenis burung kicau adalah tledekan laut yang masuk ke dalam famili Muscicapidae serta genus Cyanoptila. Burung yang satu ini memiliki nama latin Cyanoptila cynomelana, tetapi burung ini lebih dikenal sebagai sikatan biru putih dan seruling laut. Namun, ada banyak orang yang menyebutnya sebagai Blue-and-white Flaycatcher karena corak yang dimilikinya. Janis burung tlendekan ini memiliki suara yang sangat merdu.

Tledekan laut adalah salah satu jenis burung tledekan yang dapat dijumpai keberadaannya di Indonesia. Burung ini akan bermigrasi ke hutan Indonesia, pada saat negara tempat burung itu tinggal sedang mengalami musim dingin.

Ada banyak negara yang menjadi tempat asal burung itu tinggal, di antaranya ada Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, China, dan Rusia. Dari tempat asal tersebut, burung akan bermigrasi ke negara Indonesia, Laos, Taiwan, Vietnam, dan Filipina.

burung-selendang-biru

Mengenal keistimewaan tledekan laut yang perlu anda ketahui

Ciri Burung Tledekan Laut

Burung tledekan laut atau Cyanoptila cynomelana ini memiliki ciri yang dapat membedakan antara burung yang satu dengan burung yang lainnya. Mengingat ada banyak jenis dari burung tledekan itu sendiri yang sudah menyebar. Mengetahui ciri yang dimiliki ini tentu saja akan sangat bermanfaat untuk mengetahui jenis yang tepat dari setiap burung tledekan. Ciri yang dimiliki oleh burung tledekan laut di antaranya ada:

  1. Ukuran yang dimiliki oleh tledekan laut adalah berkisar antar 16-17 cm dengan berat berkisar di 25 gram.
  2. Memiliki corak yang cerah tapi tetap bervariasi.
  3. Bentuk tubuh dari tledekan laut tampak lebih besar.
  4. Bentuk ekornya lebar.
  5. Paruhnya cenderung tebal dengan ukuran sedang yang berwarna hitam pekat.
  6. Matanya berwarna hitam pekat dengan bulu yang di sekitar mata pun berwarna hitam.
  7. Bagian kaki berwarna hitam yang berukuran sedang dan lengkap dengan kuku yang tajam.

Suara Burung Tledekan Laut

Setiap burung memiliki suara khasnya masing-masing, yang menjadikan daya tarik tersendiri untuk memelihara burung tledekan. Selain itu, suara ini juga dijadikan sebagai pembeda dari setiap burungnya. Kicauan atau suara burung semacam tledekan ini yang kerap kali dijadikan sebagai ajang perlombaan. Meskipun terdengar sama, tetapi sebenarnya setiap burung ini memiliki ciri khas yang hanya ada pada tledekan laut.

Ciri khas tledekan laut atau yang dikenal dengan sikatan biru putih ini memiliki suara kicauan yang cukup nyaring. Meskipun cukup nyaring, tetapi volume suara dari sikatan biru putih ini termasuk tidak begitu tinggi. Dinamika irama dari kicauan burung ini pun terbilang sedang. Namun, bunyi dari kicauan burung tledekan laut sedikit cepat.

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Jalak Thailand, Habitat, Karakter, Daya Tarik

Download link disini

Harga Burung Tledekan Laut

Banyak pencinta burung yang menyukai tledekan laut bukan hanya karena corak bulu yang bagus dan suara yang memesona saja. Salah satu alasannya juga berkaitan dengan harga yang ditawarkan dari burung ini. Harganya dapat dikatakan bersahabat dengan kantong kalangan masyarakat menengah ke bawah yang menginginkan burung cantik semacam tladekan laut. Burung ini adalah paket komplit yang dapat dijadikan pilihan sebagai burung peliharaan di rumah.

Harga yang ditawarkan dari setiap jenis burung tledekan cenderung berbeda-beda. Meskipun begitu, harga setiap jenisnya tidak akan jauh berbeda. Ada istilah “ ada harga, ada rupa” begitu pula berlaku pada burung. Burung tledekan laut yang dijual dengan harga yang paling rendah akan mendapatkan burung yang masih bakalan. Umumnya, burung yang belum bisa membuka paruh akan lebih rendah, tetapi memiliki risiko untuk merawat hingga tumbuh dewasa.

Harga burung tledekan laut sendiri berkisar antara Rp 50.000 – Rp 150.000. Kisaran harga tersebut disesuaikan dengan burung yang dipilih, semakin bagus tentu harganya akan semakin tinggi. Jenis tledekan laut ini memiliki harga yang tidak jauh berbeda dengan jenis yang lainnya.

Namun, jika burung tledekan laut itu sudah tumbuh dewasa dan full gacor, harga dari burung pun akan semakin tinggi dan terpaut cukup jauh dengan jenis tledekan yang lainnya.

Sekian informasi yang dapat disampaikan berkaitan dengan burung tledekan laut. Mulai dari ciri, suara hingga harga jualnya di pasaran.