Cara Mudah Beternak Burung Beo Untuk Pemula

Diposting pada

Burung pintar yang asli berasal dari indonesia ini sangat banyak digemari sejak dulu, dengan keunikan yang belum tentu dimiliki oleh jenis burung kicauan yang lainnya. Permintaan pasar tinggi, dapat menjadikan peluang usaha beternak burung Beo yang cukup menjanjikan. Lalu bagaimana cara pemeliharaan beo dengan benar ? Simak ulasannya disini beserta gambar burung beo.

Tips Mudah Membudidayakan Beo, Si Burung Cerdas

1. Pemilihan Induk Berkualitas

Pemilihan-Induk-BerkualitasAwal yang baik untuk mulai membudidayakan hewan cerdas satu ini, bisa dimulai dengan memilih bibit berkualitas. Indukan yang berkualitas, kemungkinan untuk menghasilkan keturunan yang tidakkalah berkualitas pula. Belum lagi jika anda menyilangkan dengan sesama indukan berkualitas, maka hasil keturunannya pun cukup cantik nan menawan. Kualitas Beo bisa dilihat dari tidak adanya kecacatan dengan stamina kuat.

Anda dianjurkan untuk memilih indukan dengan gender yang berbeda, yakni jantan dan betina. Anda bisa mengembangbiakkannya, hingga jumlahnya sudah tidak terhitung lagi. Cara membedakan antara Beo jantan dan betina, terlihat dari beberapa ciri yang dimilikinya. Jika dilihat dari perilakunya, Beo jatan terlihat lebih pemalu daripada betinanya. Bahkan ketika bertengger, Beo jantan akan lebih banyak menundukkan kepalanya dan betinanya pun sebaliknya.

2. Pemilihan Pakan Tepat

Pemilihan-Pakan-TepatBeternak burung Beo, bisa diberikan pakan berupa pelet ataupun kroto yang masih segar dapat juga diselingi dengan buah pepaya yang manis dan matang, sangat bagus untuk melancarkan pencernaan burung. Pakan tersebut dirasa mampu mencukupi kebutuhan si Beo setiap harinya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Untuk Pemula

Untuk pemberian makanan burung beo bisa dilakukan 2 kali sehari,yakni pagi dan sore hari. Letakkan pakan burung beo ke dalam wadah pakan secukupnya, dan biarkan hingga Beo memakannya. Selain makanan, anda juga perlu menambahkan minuman sebagai pendamping pakan.

3. Siapkan Kandang Dengan Ukuran Lebih Besar

sangkar-burung-beoPersiapan sangkar burung beo : Sebelum membudidayakan burung pintar ini, anda perlu menyiapkan hunian nyaman bagitumbuh kembang si Beo. Kandang yang dibutuhkan, hampir mirip seperti memelihara burung kebanyakan. Hanya saja, anda membutuhkan ruang lebih luas bagi si Beo. Tambahkan alas pada dasar kandang, yang berfungsi untuk menampung sisa pakan yang terjatuh ataupun menampung kotoran.

Seperti memelihara hewan lainnya, beternak burung Beoperlu kandang yang ditambahkan dengan tempat pakan danminum khusus. Walaupun ukuran kandang cukup besar, idealnya satu kandang hanya diisi 2 Beo saja. Jika ingin menjodohkan keduanya, anda bisa menyatukan jantan dan betina dalam satu kandang. Perlengkapan hunain lengkap, kini saatnya memperhatikan lingkungansektiar kandang.

4. Jodohkan Jantan Dan Betinanya

Jodohkan-Jantan-Dan-BetinanyaProses budidaya hewan pintar satu ini, tidak lengkap tanpa adanya perkembangbiakan. Oleh karenanya, anda bisa menjodohkan antara jantan dan betina yang sudah memasuki umur cukup, untuk mengkawinkan keduanya. Penjodohan ini bisa dikatakan susah susah gampang, karena harus dilakukan dengan beberapa tahap. Sebagai langkah awal, jangan satukan jantan dan betina yang sudah matang dalam kandang yang berbeda.

Kandang keduanya harus diletakkan secara berdekatan, agar merasa akrab terlebih dahulu. Jikalau keduanya ada sinyal saling tertarik, barulah satukan dalam satu atap yang sama.Apabila perkawinan berhasil, betina akan lebih berisik dan berkicau. Dalam kasus ini, pisahkan betina ke tempat penangkaran untuk menetaskan telur. Langkah beternak burung Beo berikutnya, jemur beberapa saat indukan tersebut ketika fajar menyapa.

Baca selengkapnya :  Rahasia Sukses Ternak Burung Jalak Suren Serta Analisis Usaha

Melihat besarnya minat masyarakat untuk memelihara Beo, membuat peluang budidaya hewan satu ini cukup terbuka lebar. Letak Indonesia yang strategis, membuat budiaya hewan satu ini cukup diminati.

Bagi anda yang memiliki hobi memelihara berbagai burung hias, bisa mencoba membudidayakan hewan cerdas satu ini. Dengan kemampuan unik yang dimilikinya, membuatnya banyak dilirik sebagai salah satu hewan peliharaan favorit.