Inilah Keistimewaan Burung Pleci Yang Menjadi Primadona

Diposting pada

Kacamata termasuk burung berukuran kecil yang keberadaannya menggantikan kolibri sebagai burung kontes. Padahal awalnya burung ini diremehkan dan dipandang sebelah mata karena harganya yang murah. Keberadaan si kecil kolibri di arena kontes menghilang, mengingat burung kolibri saat ini termasuk salah satu burung yang dilindungi, sehingga para kicau mania beralih keburung kacamata sebagai burung kontes.

pleci

Burung ini disebut si kacamata, karena disekitar matanya dilingkari bulu halus bewarna putih, dan burung ini juga dikenal dengan sebutan burung pleci, yang lantaran mempunyai suara yang khas.

Dengan melambungnya popularitas si burung kacamata, diibaratkan meteor yang jatuh dari langit. Di negara tetangga seperti singapura, burung ini menjadi burung papan atas yang dijadika sebagai burung kontes. Dan memiliki harga jual yang tinggi. Bahkan burung ini merupakan tren gaya hidup yang sering dibawa kemana-mana.

Di indonesia, citranya sebagai burung pendatang baru digelanggang kontes bisa dikatakan fenomenal, pamornya tiba-tiba melambung melebihi kelas burung kenari dan lovebird, namun untuk harga perbandingan kenapa masih mahalan kedua burung itu ?.


Kiprah keluarga Zosteropidae

Pleci memiliki ukuran tubuh yang terbilang kecil. Dikalangan penggemar burung ini ternyata mempunyai banyak nama. Sampai-sampai bagi para fans berat dan komunitas burung ini memberikan nama pleci maniak.

Kacamata alias pleci atau zosterops, termasuk keluarga besar dari suku Zosteropidae. Kerabatnya banyak menyebar diberbagai belahan dunia, baik di afrika, asia dan australia. Di bumi nusantara, tercatat lebih kurangnya 35 jenis pleci. Para peneliti burung mengenalnya sebagai burung kunyit.

Baca selengkapnya :  Ciri Burung Perkutut Putih Serta Keistimewaan Dan Mitos

Menelusuri Jejak Berkibarnya

pleci-bakalan

Menelusuri jejak langkah pleci, sebelum namanya menggema dimana-mana seperti sekarang ini. Ternyata berawal dari penggemar pinggiran kota dan daerah setingkat kecamatan. Ini tentunya tidak lepas dari penyelenggara kontes, di daerah pinggiran yang digalang oleh para kicau mania dimana tempat mereka berkumpul.

Dari awalnya hanya sekedar tempat kumpul dan latihan biasa. Kemudian lanjut ke latihan bersama (latber) hingga berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi sampai ke arena kontes lomba besar, yang telah resmi menjadi burung kelas kompetisi yang sudah dapat dinilai oleh juri. Meskipun jurinya tersebut masih dalam proses analisa dan baru belajar bagaimana cara menilai burung pleci saat untuk dilombakan, dan belum benar-benar memahami aturan hal yang menjadi parameter untuk penilaian burung mungil ini.


1. Tingginya harga burung-burung unggulan kontes

Tidak bisa dipungkiri, jika saat ini harga burung unggulan dan siap untuk dikonteskan semakin tidak terjangkau oleh sejumlah kalangan penggemar burung. Sementara itu, animo kicau mania untuk dapat bisa terjun ke arena kontes membawa burungnya sendiri terbilang semakin banyak jumlahnya.

Bahkan, semakin banyak penggemar burung yang baru atau pendatang baru (new comer) yang ingin menjadi bagian dari komunitas pecinta burung berkicau. Dengan kehadiran burung kacamata, para kicau mania dapat memiliki, bahkan bisa membawanya ke arena kontes karena harganya relatif lebih rendah dibandingkan dengan burung-burung kontes lainnya.


2. Banyak ditemukan diberbagai daerah

Di alam bebas, baik taman maupun pinggiran kota atau di daerah pedesaan, terutama diladang buah dan pinggiran hutan, sangat mudah menemukan keberadaan pleci. Hal ini lantaran burung ini memiliki aktivitas dalam keseharian yang cukup tinggi. Hidupnya berkelompok dan selalu menyuarakan kicauan merdunya sambil mencari makanan di alam liar.

Baca selengkapnya :  Fakta Unik Burung Ababil Beserta Penjelasannya

3. Murahnya harga bakalan

Di sejumlah daerah, harga bakalan burung pleci yang baru ditangkap dialam, berkisar 10 ribu per ekor. Jadi jangan heran para penggemar bahkan ada yang memelihar lebih dari satu, bahkan ada yang sampai puluhan ekor. Tidak sedikit penggemar apalagi para pleci mania yang sudah pakar dan mengetahui jenis pleci yang prosepekan yang memiliki mental bagus untuk dapat dijadikan sebagai burung kontes.

Tidak hanya penggemar, masyarakan awam pun banyak yang ikut-ikutan untuk memelihara burung ini, selain ingin mencoba, yang terpenting harganya murah dan terjangkau dibandingkan dengan burung ocehan yang lainnya yang terlebih dahulu populer. Bagi anda yang tidak terlalu maniak dengan burung kicau, akan tetapi penasaran dan mau memelihara burung ini, tidak ada salahnya bagi mereka yang berkantong tipis untuk memilih pleci sebagai keinginannnya.


4. Perawatannya relatif mudah

Perawatannya burung si mungil ini relatif sangat mudah. Ini mungkin semakin banyak diminati setelah namanya menjulang tinggi. Kalau sebatas ingin membuatnya bertahan hidup, anda bisa mengamati dan analisa prilakunya, dan sesekali ingin menikmati suara kicaunya, penggemar pun dapat melakukan dengan perawatan sederhana. Misalnya hanya memberikan makan dan minum saja tanpa ada perlakuan khusus. Namun jika burung ini dirawat dengan baik maka akan mengeluarkan suara pleci yang gacor dan ngalas.

Bagi penggemar pemula, tentunya dengan memelihara pleci menjadi langkah awal yang baik jika ingin benar-benar menjadi kicau mania.


5. Mudah dibuat berkicau

Hal yang membuat sikacamata semakin banyak dilirik oleh para kicau mania adalah bakalannya yang baru ditangkap dari alam bebas, begitu dipelihara didalam sangkar, rata-rata langsung cepat berkicau. Kalau memahami benar perawatan yang baik dan benar, dalam hitungan minggu bisa rajin berkicau. Bahkan dalam hitungan bulan sudah dapat di ikutsertakan dalam arena lomba kontes dikelasnya.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Burung Kicau Omnivora Beserta Habitat Di Alam Liar

Dengan memilikinya dapat mewujudkan impian untuk muncul diarena kontes. Hal seperti ini tidak akan terjadi pada burung unggulan kontes favorit lainnya.

Itulah informasi yang dapat kami berikan tentang keistimewaan burung pleci yang menjadi primadona saat ini. Bagaimana apakah anda ingin memelihara burung kacamata si mungil ini ?.

Tetap tongkrongin terus informasi terupdate seputar burung kicau di blog resmi kami disini, terima kasih. Semoga bermanfaat.