Cara Mudah Perawatan Burung Kapas Tembak Agar Cepat Buka Ekor

Diposting pada

Dari banyaknya fauna tersebut, burung menjadi salah satu hewan yang banyak diburu untuk dipelihara. Tidak hanya berdasarkan dari warnanya yang indah, suara yang dimilikinya mampu menarik pecintanya. Burung Kapas Tembak, menjadi burung masteran yang banyak dicari di pasaran. Yuk simak bagaimana cara konservasi memelihara burung kapas tembak agar rajin berkicau.

Tips Pemeliharaan Burung Masteran

1. Biarkan Burung Mandi Embun Setiap Pukul 5 Pagi

Seperti manusia pada umumnya, burung juga menyukai embun yang berasal dari nuansa pagi hari. Selain terasa segar, udara sekitar terasa ringan tanpa adanya polusi. Jika dilakukan secara rutin, sistem pernafasan akan bersih dan tidak ada sumbatan.

Ternyata hal ini juga berlaku bagi hewan peliharaan anda. Cobalah untuk membiarkan burung peliharaan untuk menghirup udara segar bersama.

Setiap hari pukul 5 pagi, biasakan burung peliharaan untuk bercengkrama bersama embun. Berdasarkan habitat aslinya, burung liar akan mulai berkicau ketika waktu favoritnya muncul.

Kicauan yang dilakukannya, membuat suasana pagi menjadi lantunan lagu yang indah. Ketika anda membiasakan hal tersebut, burung kapas tembak akan termotivasi untuk berkicau serta meningkatkan mentalnya.

2. Jangan Lupa Untuk Membersihkan Badannya

Menjaga kebersihan hewan peliharaan, merupakan keharusan sebagai pemilik hewan peliharaan. Bila kebersihan hewan terjaga, daya tahan tubuh hewan tersebut akan terjaga denganbaik. Lakukan secara rutin, maka burung peliharaan tetap tampil prima. Burung satu ini tidak akan mudah terserang penyakit, akibat dari sisa makanan atau kotoran yang masih menempel.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Serindit Agar Cepat Gacor

Mandikan burung peliharaan secara teratur, setiap memasuki pukul 7 pagi. Untuk membersihkan badannya, anda cukup menggunakan semprotan yang banyak digunakan untuk memandikan burung peliharaan. Menyemprotkan air kepada badannya, dirasa sudah cukup untuk memberihkan berbagai kotoran yang masih menempel di badannya. Pembersihan badan perlu dilakukan, agar burung terhindar dari berbagai penyakit.

3. Angin Anginkan Seusai Dimandikan

burung-kapas-tembakUsai membersihkan tubuhnya, disarankan untuk mengangin anginkan si burung Kapas Tembak. Apabila anda langsung membawanya ke dalam ruangan, kemungkinan burung akan sakit. Fungsinya agar bulu burung yang masih basah, akan mengering dengan sendirinya.

Ketika semua bulu sudah mengering sempurna, barulah untuk menjemurlah burung satu ini dibawah sinar matahari langsung kurang lebih satu jam.

Selagi menjemurnya, anda bisa memberikan pakan berupa voer, minum, dan bauh. Setelah satu jam berlalu, anda bisa membawa gantang burung peliharaan menuju tempat yang lebih teduh. Disarankan untuk meletakkan gantang burung, di suatu tempat yang dilengkapi dengan gemercik air. Hal ini berfungsi agar burung merasa lebih nyaman, dan terpancing untuk berkicau setelahnya.

4. Berikan Pakan Secara Rutin

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan untuk menambah energi, sekaligus memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya. Pemberian pakan kepada burung Kapas Tembak, bisa dilakukan pagi dan sore hari.

Makanan burung kapasan adalah buah-buahan dan serangga untuk memenuhi gizi si burung, anda bisa memberikan buah pisang atau pepaya setiap harinya dan diberikan pakan tambahan 3 ekor jangkrik, kroto yang masih segar, ataupun ulang hongkong sebanyak 3 ekor. Jika memungkinkan, anda bisa memberikannya setidaknya seminggu dua kali.

kapas-tembak-buka-ekorHewan pemakan buah buahan ini, seringkali diburu karena suara khas seperti memiliki suara tembakan.

Kerap kali burung peliharaan ini, diikutkan dalam berbagai ajang kompetisi. Tipe burung ini memang cocok diikukan lomba, karena terlihat gagah dan lebih aktif berkicau serta gaya buka ekor yang sangat luar biasa.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Prenjak Kepala Merah Agar Memiliki Kicau Indah

Menampilkan Burung Kapas di kompetisi, anda akan mendapatkan nilai tambah bagi para kicau mania.

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar perawatan kapas tembak, untuk kiranya dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda di dunia perburungan kicau mania, semoga bermanfaat.