Inilah Perawatan Mabung yang Tepat Untuk Burung Cucak Rowo

Diposting pada

Saat ini masryarakat memang tengah menggilai hobi merawat burung. Ada berbagai macam burung yang biasa dipelihara seperti burung Kenari, Lovebird, juga Cucak Rowo. Burung Cucak Rowo merupakan burung yang begitu populer di kalangan msayarakat.

Bahkan karena terlalu populer hingga muncul lah lagu tembang Jawa yang bertema burung Cucak Rowo. Bagi pemilik burung tentunya ingin agar burungnya menjadi burung terbaik.

Terlebih lagi saat ini sudah banyak sekali kontes burung dengan hadiah yang lumayan. Melalui hal ini wajar saja jika banyak orang mulai melatih burung peliharaan mereka. Salah satu cara agar burung Cucak Rowo memiliki performa yang bagus ialah dengan memberikan perawatan terbaik. Terlebih lagi jika burung Cucak Rowo sedang mabung.

Tentu perawatan yang kamu berikan nantinya lebih ekstra lagi dibandingkan biasanya. Hal ini disebabkan karena kondisi burung yanng amat lemah. Mabung merupakan suatu kondisi dimana bulu-bulu burung rontok dan bukan merupakan penyakit. Jika perawatan yang dilakukan tidak benar maka burung tidak dapat melewati proses mabung secara tuntas.

Nah jika proses mabung tidak tuntas maka burung akan menjadi stres atau bahkan tidak mau berkicau lagi. Melakukan perawatan Cucak Rowo mabung dengan benar akan membantunya menjadi cantik dengan performa tingginya yang keluar.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus dan memuaskan maka perawatan yang kamu lakukan tidak boleh salah. Jangan sampai burung kamu malah mengalami stres dan hal buruk lainnya.

Maka dari itu perawatan burung Cucak Rowo Mabung memang butuh perhatian khusus. Untuk itu pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara merawat Cucak Rawa ketika mabung. Yuk disimak!

Cara pemeliharaan yang tepat saat cucak rawa sedang berganti bulu


Berilah Nutrisi yang Cukup Guna Memenuhi Kebutuhan Cucak Rowo

Cara pertama dalam perawatan Cucak Rowo mabung yang perlu kamu perhatikan ialah masalah nutrisi. Seperti halnya balita yang ketika ingin tumbuh kembangnya berjalan normal maka orang tua harus memberikan asupan nutrisi yang cukup.

Tidak ubahnya dalam merawat burung Cucak Rowo yang tengah mabung juga begitu. Perlu diingat jika bulu-bulu yang dilepaskan Cucak Rowo ialah sejatinya berisi protein. Melalui hal ini kamu harus paham jikalau begitu kamu harus memberikan kebutuhan protein yang cukup sebagai gantinya bulu yang dirontokkan.

cucak-rawa

Solusinya kamu bisa memberikan makanan yang kaya akan protein yang tinggi. Seperti yang telah kita singgung jika mabung adalah keadaan burung paling lemah. Untuk menumbuhkan bulu-bulu yang ada tentunya dibutuhkan energi yang lebih.

Kamu bisa memberikan tambahan suplemen pada makanan burung. Selain itu pepaya juga bisa dijadikan salah satu alternatif guna menambah energi Cucak Rowo. Hal ini disebabkan karena vitamin C berfungsi menambah daya tahan tubuh.

Memberikan Pakan Alami Lebih Banyak

Saat perawatan Cucak Rowo mabung, memberikan pakan alami lebih banyak akan berdampak bagus. Memberikan pakan alami memang akan berdampak baik guna menjaga kesehatan butung Cucak Rowo selama mabung. Beberapa pakan alami yang dapat kamu coba berikan seperti kroto, ulat maupun jangkrik.

Mandikan Cucak Rowo Seminggu Sekali

Berhubung masa mabung akan banyak bulu burung yang rontok maka untuk frekuensi mandinya lebih baik dikutangi. Jika kamu memandikan Cucak Rowo terlalu sering dalam masa mabung dapat menyebabkan burung jatuh sakit.

Solusi terbaik yanh dapat kamu coba ialah dengan memandikan burung seminggu sekali. Jika rontok yang dialami burung tidak wajar maka jemur Cucak Rowo selama 30 menit setiap harinya.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Perawatan Cucak Keling Agar Rajin Berkicau

Jangan lupa untuk melihat apakah bulu jarum sudah tumbuh atau belum? Jika sudah kamu boleh memandikannya. Jika bulu jarum belum tumbuh dan kamu sudah memandikan Cucak Rowo maka bulu lama akan sukar rontok.

Begitupun ketika menjemur Cucak Rowo kamu perlu perhatikan apakah burung sudah tumbuh bulu jarumnya? Jika belum dan kamu tetap menjemurnya maka akab membuat bulu lama sukar rontok. Melakukan perawatan Cucak Rowo mabung memang harus telaten.

Memisahkan Cucak Rowo Normal dan Mabung

Cara yang satu ini terllihat tidak terlalu dianggap serius. Padahal memisahkan antara Cucak Rowo yang sedang mabung dengan yang tidak begitu penting. Pasalnya Cucak Rowo mabung memang akan lebih mudah stres hingga membutuhkan suasana kondusif.

Cucak Rowo mabung bagus ditempatkan di tempat yang tenang. Untuk itu memisahkan antara yang mabung dengan yang normal tidak bisa dianggal sebagai hal yang sepele. Tempatkan burung mabung di tempat yang teduh juga sepi tentunya.

Lakukan Pemasteran

Perawatan Cucak Rowo mabung yang terakhir ialah melakukan pemasteran. Masa-masa mabung memang menjadi masa yang tepat guna melakukan pemasteran pada burung Cucak Rowo.

Akan tetapi kamu perlu memperhatikan satu hal yakni lakukan pemasteran ketika bulu sudah terlihat. Melakukan pemasteran pada masa mabung cenderung lebih mudah karena pada masa ini burung akan lebih suka mendengarkan dan diam.

Demikianlah sedikit ulasan perawatan Cucak Rowo mabung yang dapat kita ulas. Jika kamu penggemar burung maka jangan sampai melewatkan perawatan terbaik untuk burung kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!.