Rahasia Mencetak Murai Batu Juara Kontes

Diposting pada

Banyak sebagian para penghobi burung murai yang menyepelekan rawatan harian, yang mereka fokuskan hanyalah setingan saja. Justru itu mereka yang tidak bisa mengenal karakteristik burung gacoannya sendiri. Dalam perawatan sehari-hari sangatlah menentukan hasil yang maksimal nantinya untuk lebih karakter burung tersebut.

Jangan banyak alasan jika terbentur masalah waktu! dan kesibukan masing-masing, namanya juga hobi bisa diatur segalanya dan tidak dibuatnya ribet tentunya, dengan anda yang ingin memelihara burung , ya semua ada resikonya tentunya harus konsisten dan berkorban waktu dan tenaga dalam merawatnya.

Penasaran ingin tahu lebih jelasnya, yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Untuk Menjadikan Murai Batu Memenangkan Kontes

1. Dengan Memandikannya Secara Rutin

murai-batu-mandiRahasia pertama yang bisa anda lakukan untuk mencetak burung murai batu agar menjadi juara adalah dengan memandikannya setiap hari. Untuk itu, anda pun perlu melakukannya karena dengan mandi secara rutin akan membuat burung tetap bersih dan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang burung kapan saja. Anda juga perlu mengangin-anginkan burung dengan cara disemprot dalam sangkarnya secara langsung.

Untuk mencetak murai batu juara kontes, anda sebaiknya tidak memandikan burung terlalu lama dan menyemprot burung terlalu keras. Karena hal tersebut ternyat dapat menimbulkan luka pada burung. Sehingga nantinya akan berdampak pada kualitas burung dan burung juga tidak akan tampil denganpenuh performa nantinya.

Baca selengkapnya :  Rahasia Memahami Karakter Burung Murai Batu

2. Dengan Melakukan Pengembunan Burung

pengembunan-murai-batuSelain itu, anda juga bisa melakukan pengembunan atau mengangin-anginkan sehingga burung dapat beradaptasi dengan tempat tinggal dan lingkungan sekitarnya.

Hal itu dikarenakan burung murai batu merupakan burung kicau yang membutuhkna waktu yang cukup lama untuk mampu beradaptasi. Pengembunan ini biasanya juga bisa dilakukan dalam waktu sekitar 30 menit sebelum anda akan memandikannya.

3. Dengan Mengatur Pola Makan Yang Sesuai

pola-makan-murai-batuUntuk mencetak murai batu juara kontes, anda juga perlu untuk mengatur pola makan yang sesuai. Pola makan pada burung kicau tersebut haruslah sangat diperhatikan karena dengan memberi makan yang teratur akan memuat burung akan mendapatkan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan. Untuk pemberian makannya biasanya dapat diberikan saat burung selesai dimandikan. Anda dapat memberikan jangkrik dengan porsi yang sesuai.

Selain itu, anda juga bisa menyesuaikan pemberian porsi makan disesuiakan dengan ukuran tubuh dari burung yang dipeliharanya tersebut. Anda bisa meletakkan makanan tersebut di dalam wadah agar burung dapat bergerak setelah mandi. Anda juga bisa memberikan berbagai makanan yang bervariasi seperti cacing ataupun kroto selama seminggu sekali agar nutrisi dari burung anda dapat bertambah.

4. Dengan Melakukan Penjemuran

penjemuran-murai-batuSelain memberikan makanan yang bergizi dan bernutrsi, anda juga perlu untuk menjemur murai batu secara teratur. Anda bisa menjemurnya setelah burung selesai dimandikan. Biasanya anda akan membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 jam untuk menjemurnya.

Namun, lamanya proses penjemuran ini dapat anda sesuaikan dengan kondisi burungnya sendiri. Saat sedang menjemur, sebaiknya burung juga dijauhkan dari hewan peliharaan lain dan pastikan burung dalam keadaan aman.

5. Dengan Melakukan Pemasteran Burung

pemasteran-burung-murai-batuHal apa yang dapat anda lakukan untuk mencetak murai batu juara kontes adalah dengan melakukan proses pemasteran suara. Hal ini disebabkan karena pastinya anda ingin memiliki murai batu yang pintar untuk berkicau dan memiliki suara yang merdu dan enak untuk didengar.

Baca selengkapnya :  Manfaat Terapi Bambu Gila Untuk Perpanjang Durasi Ngekek Lovebird

Tentunya anda juga perlu melakukan cara ini akan burung anda bisa menjadi juara kontes.

Saat menjelang perlombaan, anda juga perlu mengisolasinya sekitar 6 hari sebelum waktunya perlombaan. Hal ini dikarenakan agar burung mendapatkan waktu untuk menenangkan diri.

mp3-masteran-burung-murai-batuHal tersebut diakrenakan 6 hari dapat dikatakan sebagai waktu yng cukup untuk memberikannya waktu istirahat.

Cara memaster murai batu ada 2 jenis, yang pertama menggunakan audio mp3 dan dapat juga dilakukan dengan burung kicau asli yang lainnya. Bertujuan untuk memberikan materi isian untuk senjata andalan saat burung di arena kontes.

Berikut anda dapat mendownload secara gratis suara audio mp3 kicau burung murai batu :

suara murai batu juara lomba

Download link disini


murai batu mp3

Download link disini


murai batu betina

Download link disini


murai batu borneo

Download link disini


suara burung murai batu hutan medan gacor

Download link disini


suara murai hutan asli mp3

Download link disini

Catatan disini : Semua dikembalikan kembali kepada diri anda yang memelihara dengan cara perawatan yang baik dan sempurna sesuai dengan karakter burung anda masing – masing.

Bicara tentang karakter murai ?. Baca tips berikut : Rahasia Memahami Karakter Burung Murai Batu

Namun murai batu harga dapat bernilai tinggi jika anda sudah berhasil mencetak tropi juara baik di kelas latber, latpres ataupun kelas lomba (kontes). Demikian info yang dapat kami berikan, Semoga bermanfaat.