Ciri dan Perawatan Burung Merpati Kolong yang Baik

Diposting pada

Ada banyak jenis burung yang terdapat di Indonesia. Selain burung yang dilindungi, ada beberapa burung unik lainnya dengan ciri khas masing-masing. Setiap daerah pun memiliki jenis burung khas masing-masing.

Selain ada burung kicauan, di Indonesia pun terdapat burung lomba. Salah satunya adalah burung merpati. Jenis burung ini merupakan salah satu burung yang sedang banyak diperlombakan. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang membudidayakannya dan burung ini pun selalu menjadi incaran orang-orang.

Biasanya, burung merpati yang digunakan untuk perlombaan harus mempunyai kemampuan terbang dan mendarat dengan tepat. Di mana, untuk bisa menghasilkan kualitas yang baik harus dilatih secara baik pula. Hanya saja, memang sudah ada calon merpati kolong dengan kualitas yang bagus.

Ciri-Ciri Merpati Kolong yang Baik

Adapun beberapa ciri dasar dari burung merpati ini. Di mana, ciri-ciri ini biasanya diketahui oleh orang pada umumnya. Berikut beberapa ciri umum burung merpati yang bagus.

gambar-merpati-kolong

Ukuran Kepala

Biasanya, merpati kolong yang bagus memiliki ukuran kepala besar. Di mana, bagian batok kepala depannya lebih tinggi daripada bagian kepala belakang. Ukuran kepala yang seperti ini akan membantu merpati dalam proses pendaratan.

Ukuran dan Bentuk Paruh

Ciri yang selanjutnya dari burung ini bisa dilihat dari bentuk dan ukuran paruh. Di mana, untuk merpati yang bagus biasanya memiliki bentuk paruh runcing. Selain itu, ukuran dari paruhnya tidak terlalu panjang dan besar.

Baca selengkapnya :  Manfaat Kelabang Dan Efek Sampingnya Bagi Burung Kicau

Mata

Burung merpati kolong yang baik bisa juga dilihat dari matanya. Biasanya, mata yang dimiliki oleh merpati bagus adalah kering dan jernih.

Sehingga, terlihat seperti ada kaca di dalamnya. Sementara itu, pupilnya berwarna hitam pekat dan sangat responsif terhadap cahaya. Mata yang seperti ini mempunyai kemampuan melihat sangat bagus.

Bentuk Leher dan Bentuk Badan

Ciri yng selanjutnya bisa dilihat dari bentuk leher. Di mana, untuk merpati yang bagus memiliki bentuk leher panjang dan tegak. Selain itu, bentuk badannya pun mirip huruf V atau seperti jantung pisang. Sementara, tulangnya sangatlah kuat.

Sayap

Ciri merpati kolong yang bagus juga bisa dilihat dari sayapnya. Di mana, bagian sayapnya lentur dan kuat. Selain itu, bahunya juga tebal dan seimbang antara bagian kanan dan kiri.

Bagian Ekor

Sementara, untuk bagian ekornya lebih rapat. Ekor yang rapat akan membantu burung berhenti di tepat yang tepat. Biasanya, fungsi ekor pada burung adalah sebagai pengereman ketika terbang.

Bagian Kaki

Ciri terakhir yang bisa dilihat adalah dari bagian kaki. Di mana, untuk merpati kolong bagus memiliki kaki yang tampak bersisik dan panjang. Bentuk kaki yang seperti ini akan membantunya mudah untuk dipegang.

Cara Merawat Burung Merpati Kolong

Perawatan dari burung ini tidak bisa sembarangan. Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa cara tersebut.

burung-merpati-kolong

Pemilihan Pakan

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah pemilihan makannya. Di mana, para peternak bisa memberikan jagung, beras merah dan kacang hijau untuk pakannya. Untuk minumnya bisa dicampur dengan neo antiseptic.

Di mana, dengan penambahan ini bisa mencegah penyakit dan kutu pada bulunya. Selain makan dan minum, peternak pun harus memberikan suntikan vaksin setiap 3 bulan sekali.

Baca selengkapnya :  Ciri Khas Suara Perkutut Lokal yang Memiliki Kualitas Terbaik

Penjemuran

Untuk menghasilkan merpati kolong yang baik, maka diperlukan penjemuran. Di mana, penjemuran ini bertujuan agar burung tersebut tdak mudah terserang penyakit dan tentunya bisa membuat tulangnya kuat. Biasanya, penjemuran dilakukan setiap pagi hari di bawah sinar matahari.

Melakukan Latihan

Latihan diperlukan agar hasil dari burung ini bisa bagus. Pelatihan ini harus dilakukan dengan sabar. Latihan pun harus dilakukan dari mulai anak burung sampai burung akan dilombakan. Pelatihan yang dilakukan secara bertahap ini bisa menghasilkan burung yang bagus. Sehingga, harus dilakukan sesabar mungkin dengan waktu yang cukup lama.

Melakukan Uji Coba

Setelah melakukan pelatihan pada burung merpati kolong, maka peternak juga harus melakukan uji coba terlebih dahulu. Uji coba ini bisa dilakukan dengan burung merpati milik teman atau tetangga. Setelah sering dilakukan uji coba, maka cobalah untuk mengikuti lomba.

Mandikan Sebelum Memulai Lomba

Cara terakhir ini dilakukan ketika burung akan dilombakan. Biasanya, sehari sebelum atau malam harinya mandikan dulu burung tersebut. Hal ini bertujuan agar bulunya bersih. Sehingga, esoknya bisa terbang dengan ringan dan bagus. Hanya saja, cara yang terakhir ini masih jarang dilakukan oleh orang-orang.

Itulah berbagai macam hal tentang burung merpati kolong. Untuk mendapatkan yang terbaik, maka harus melihat ciri-cirinya terlebih dahulu.

Sementara, jika memang sudah mendapatkan calon burung yang bagus, maka diperlukan perawatan dan latihan rutin. Sehingga, bisa memenangkan lomba.