Ciri-Ciri dan Jenis Burung Merpati Balap yang Bagus

Diposting pada

Di Indonesia ada banyak jenis burung. Mulai dari burung pemakan biji-bijian sampai burung pemakan serangga. Ada burung dicari kicauannya, ada juga yang dicari kecepatannya dalam terbang. Semuanya bisa ditemukan dengan mudah. Terlebih, sudah banyak peternak dari berbagai jenis burung.

Salah satu burung yang sangat terkenal di Indonesia adalah burung merpati. Burung yang satu ini sudah dikenal sejak zaman dulu, sebelum adanya alat elektronik. Di mana, pada zaman dulu, burung merpati digunakan untuk mengantar dan mengirim surat. Salah satu merpati yang sering dicari adalah merpati balap. Sebenarnya, balap merpati berasal dari Belgia pada pertengahan abad ke-19.

Balap merpati sering dilakukan oleh berbagai kalangan. Di mana, sebelum melakukan balapan ini, orang-orang kan memilih terlebih dahulu merpati dengan kualitas balap yang baik. Sehingga, bisa memenangkan permainan.

Ciri-Ciri Merpati Balap yang Bagus

Untuk mendapatkan burung merpati balap yang bagus, maka harus mengetahui beberapa ciri di bawah ini.

burung-merpati-balap

Kepala

Ciri pertama, bisa dilihat dari kepalanya. Di mana, untuk burung merpati yang bagus, memiliki bentuk kepala proporsional dan cukup besar. Bentuknya lonjong dengan ukuran tidak terlalu kecil atau besar.

Leher

Ciri yang selanjutnya bisa dilihat dari lehernya. Di mana, burung merpati balap yang baik memiliki leher tegak dan pendek serta proporsional. Bentuk leher yang seperti ini akan membantunya menjaga posisi terbang terhadap udara.

Baca selengkapnya :  Efek Samping Pemberian Ulat Hongkong Untuk Murai Batu

Paruh

Bentuk paruh juga memengaruhi apakah burung merpati yang dipilih bagus untuk balapan atau tidak. Biasanya, burung merpati yang bagus memiliki paruh pendek, lurus, kuat dan ujungnya melengkung.

Mata

Bagian mata juga memengaruhi kualitas dari burung merpati balap ini. Di mana, untuk yang kualitas balapnya bagus memiliki mata jernih dan berwarna kuning, dengan kornea mata berwarna hitam, kecil, serta bening.

Sayap

Burung merpati yang kualitasnya bagus dalam balapan memiliki sayap yang tebal, rapi, lebar, rapat dan panjang. Umumnya, untuk kualitas yang baik harus memiliki sayap rata dari mulai ujung hingga pangkal dan menyerupai daun pisang. Jenis burung merpati ini memiliki 2 bagian sayap, yaitu sayap terbang primer dan sekunder.

Tulang

Sementara, untuk bagian tulang sayapnya berbentuk merit (bagian pangkal besar, semakin ke ujung semakin kecil). Tulang sayap yang baik pun harus keras, tebal dan rapat. Untuk tulang dadanya sedikit melengkung untuk mengurangi hambatan angin. Biasanya, merpati balap dengan kemampuan terbangnya tinggi memiliki tulang dada lebih panjang mendekati anus.

Bulu Halus dan Bulu Ekor

Terakhir, bisa dilihat dari bulu halus dan bulu ekornya. Di mana, merpati yang memiliki kualitas balap unggulan cenderung mempunyai bulu halus mengkilap, licin, bercahaya, dan air tidak menempel pada bulu.

Sementara, untuk bulu ekornya rata-rata berjumlah 12 helai dan pada posisi terbang, terlihat seperti bentuk jagung yang masih terbungkung. Umumnya, panjang bulu ekor merpati balap lebih panjang dari bulu sayap, dengan selisih sekitar 2 cm.

Jenis Burung Merpati Balap

Jenis merpati ini pun dibedakan berdasarkan beberapa hal, seperti jenis berdasarkan tipe terbangnya, berdasarkan langkahnya, berdasarkan jalur atau jalan dan berdasarkan cara masuk ke joki. Untuk lebih jelasnya, berikut pembahasannya.

Baca selengkapnya :  10 Macam Dan Jenis Gambar Burung Cendrawasih Yang Terpopuler

harga-merpati-balap

Jenis Berdasarkan Tipe Terbangnya

Menurut tipe terbangnya, ada 3 jenis merpati balap, diantaranya tipe full wing yang sangat populer, tipe ¾, dan tipe ½. Di mana, tipe terbang ini dilihat dari kepakan sayapnya.

Jenis Berdasarkan Langkahnya

Untuk yang jenis berdasarkan langkahnya ini ada 3 jenis, yaitu langkah panjang atau satu-satu yang sering digunakan untuk lomba balap jarak jauh (> 1000 meter. Ada juga langkah rapat, yang ideal untuk diperlombakan pada lomba cepat jarak pendek. Terakhir, ada kombinasi, yang merupakan kombinasi dari kedua jenis merpati sebelumnya.

Jenis Berdasarkan Alur atau Jalan

Jenis merpati balap berdasarkan alur atau jalannya dibedakan menjadi 4 jenis. Pertama, jalur atas, yang biasa diikutsertakan pada perlombaan jarak jauh. Kedua, ada jalur tanggung, yang ketika dilepaskan, terbangnya tidak terlalu tinggi.

Ketiga ada jalur bawah, yang bagus bila diikutsertakan pada lomba jarak dekat. Terakhir, ada jalur L (kombinasi), yang merupakan kombinasi dari ketiga jenis sebelumnya.

Jenis Berdasarkan Cara Masuk ke Joki

Selain dilihat dari alur, tipe dan langkahnya, jenis merpati ini pun dibedakan dari cara masuk ke joki. Berdasarkan jenis ini, ada tiga macam, yaitu tembak keras atau nulup, tembak sedang atau rapi dan temabk aus.

Nah, itulah beberapa ciri dan jenis dari burung merpati balap. Jenis burung merpati yang satu ini sangatlah populer. Terlebih dengan adanya perlombaan-perlombaan yang diadakan. Baik, perlombaan jarak jauh maupun perlombaan jarak dekat.