Manfaat Minyak Ikan Untuk Burung Murai Batu

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sobat kicau mania ?. Kali ini saya ingin memberikan tips minyak ikan yang bisa anda gunakan dan diberikan kepada burung murai batu kesayangan anda. Baik manfaat, cara pemberian serta efek sampingnya.

Minyak ikan merupakan salah satu penunjang untuk mahkluk hidup agar dapat bisa lebih optimal dan menghasilkan sesuatu yang bernilai sangat penting bagi kebutuhan tubuh, minyak ikan ini banyak sekali mengandung omega 3 seperti asam lemak nabati maupun hewani yang diperlukan untuk kesehatan baik manusia maupun hewan peliharaan.

minyak-ikan-untuk-burung

Namun cairan yang dihasilkan oleh minyak ini tidak diproduksi secara alami oleh tubuh, pada umumnya terdapat 2 jenis asam lemak yang dihasilkan oleh omega 3 yang terkandung di dalam minyak ikan ini, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) yang sangat baik untuk masa pertumbuhan setiap mahkluk hidup agar selalu sehat dan kuat.

Kandungan minyak yang sangat baik bila dikonsumsi oleh burung kicauan


Apakah bagus minyak ikan diberikan ke burung murai

Manfaat minyak ikan ini apabila diberikan kepada burung murai batu secara rutin, maka secara langsung akan memberikan dampak, membuat bulunya semakin halus tentunya. Bulu tidak mudah pecah, namun burung juga akan lebih pintar dalam menerima suara isian dari jenis burung ocehan lainnya, jadi burung sangat mudah masuk isian burung masteran intinya.

Yang dimana minyak ikan ini banyak mengandung DHA yang sangat tinggi dan baik jika diberikan kepada burung murai batu yang masih trotol dan murai batu yang sering diikutsertakan dalam lomba (kontes) karena sangat baik untuk masa pertumbuhan tulang dan membantu kecerdasan burung murai tersebut.

Baca selengkapnya :  4 Langkah Mudah Cara Ternak Burung Pleci

Terus minyak ikan itu juga karena dia tinggi kandungan omega 3 nya, secara tidak langsung itu sebagai pengganti fungsi sebagai metabolis burung itu sangat bagus, menghindarkan dari infeksi, melancarkan nafsu makan. Jadi apabila burung itu diberikan minyak ikan, maka burung sangat senang dan lahap untuk mengkonsumsi makanan yang kita berikan setiap harinya, dan yang pasti dengan nafsu makan yang dimiliki oleh burung murai tentunya burung akan menjadi lebih sehat dan rajin berbunyi (gacor).

Dengan efek dari minyak ikan ini juga dapat mencegah kaki burung yang berkarak ngedeker, kalau orang sering menyebutnya medang. Karena burung yang dirawat di dalam sangkar dan tidak bisa terbang bebas seperti dialam liarnya banyak kemungkinan burung rawatan yang dipelihara pasti akan medang kakinya, namun dengan manfaat minyak ikan ini tergolong suplemen ya yang bisa membantu untuk melancarkan metabolisme tubuh burung yang dapat menjaga kesetabilan burung lebih terjaga (burung akan lebih stabil), serta dapat juga untuk menetralisir dan mencegah kaki burung untuk medang / nyisik.

minyak-ikan

Teknik mencampurkan ke makanan

Jika anda memberikan minyak ikan ini diupayakan cari minyak ikan yang berbentuk butir / bulat yang dilapisi oleh kulit seperti biji yang didalamnya terdapat minyak ikan, banyak sekali anda dapatkan di kios burung ataupun di apotik terdekat. Jadi pemberiannya ini bukan seperti memberikan kepada ayam yang langsung mentah-mentah bersama kulit minyak ikannya tersebut, melainkan anda harus menyiapkan suntikan yang masih fresh yang nantinya dapat kita pindahkan terlebih dahulu dari butiran minyak tersebut kita sedot kedalam suntikan lalu disuntikan kepada EF jangkrik yang berukuran kecil ataupun sedang, serta dibuang kakinya.

Dalam penyuntikan minyak ikan ke jangkrik ini dapat anda mengarahkan kebagian leher atas jangkrik ataupun lewat perut bawah dibagian anus jangkrik tersebut yang pasti anda menyuntikan minyaknya harus menggunakan insting yang sekiranya cukup dan minyak tersebut sudah dipastikan telah masuk kedalam perut jangkrik tentunya.

Baca selengkapnya :  Manfaat Memiliki Burung Kacer Betina Untuk Ngecas Sang Jantan

Dan menurut saya jika dalam pemberiannya jangan terlalu banyak yang disuntikan ke dalam perut jangkrik. Dan diusahakan jangan sampai pecah dalam penyuntikan, karena jika pecah cairan minyak ikan tersebut melumuri badan jangkrik burung tidak langsung menyantapnya, melainkan mematuk-matuk dan terkadang digosok-gosok dan dimainkan oleh burung tersebut, yang dikhawatirkan minyak ikan yang sudah tercampur terkontaminasi dengan kotoran.

Catatan : Dalam pemberian minyak ikan ini anda harus rutin dan konsisten, bertahap dengan batas waktu 1 – 2 minggu sekali ataupun boleh juga 1 bulan sekali, dan bisa juga dipakai 3 hari menjelang lomba (H-3).

Apa efek sampingnya ?

Apa dampak dan efek sampingnya jika diberikan ke burung murai dalam jangka waktu yang panjang ?. Yang jelas disini karena minyak ikan ini sifatnya sebagai suplemen penunjang yang sangat baik untuk setiap jenis burung ocehan khususnya untuk burung murai batu.

Tidak ada salahnya anda untuk memberikan secara rutin dengan takaran yang pas dan tepat untuk burung kesayangan anda yang nanti pasti akan menimbulkan efek yang baik seperti : bulu burung akan terlihat lebih mulus (licin) mengkilat seperti dilapisi oleh minyak, bulunya sangat halus dan bagus tidak mudah pecah, serta burung akan lebih lincah dan gesit karena memiliki asupan yang baik didalam tubuhnya. Namun suara burung juga akan lebih maksimal jika mengeluarkan kicauannya tanpa adanya sesak nafas ataupun serak.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar minyak ikan untuk burung. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.