Manfaat Mandi Sore Untuk Burung Murai Batu

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sobat kicau mania ?. Insyallah sehat-sehat semuanya ye.. Selamat datang kembali di blog resmi kami Kacer. Dan disini kami akan membahas informasi yaitu tentang “Manfaat Mandi Sore Untuk Burung Murai Batu” Berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya :

Bagi para penghobi dan pecinta burung murai batu, tentunya sangatlah senang jika melihat burung kesayangannya sehat, gacor dan stabil bila diikutsertakan dalam latihan bersama (latber), (latpres) maupun kontes lomba burung berkicau tentunya.

Fungsi dan Tujuan Mandi Sore Untuk Burung Kicau

Okeh jadi begini, kenapa saya memilih untuk memandikan burung murai batu pada sore hari, apa Manfaat mandi sore dan berapa kali dalam seminggu burung itu harus mandi ?.

Yang pertama soal mandinya, kenapa harus sore hari ?. Menurut saya murai batu apabila dimandikan pada sore hari dia akan lebih setabil untuk tingkat birahinya. Namun tidak sedikit para hobiis tidak mengetahui dari fungsi dan tujuan mandi sore hari untuk burung murai batu ini.

murai-batu-mandi-sore

 

Malah terkadang banyak kalangan sobat kicau yang beranggapan tidak baik untuk mandi pada sore hari?. Yang baik dan bagus mandi pada malam hari untuk dapat meredam birahi dan membuat birahinya stabil. Apakah benar ?.

Apakah bagus jika burung murai batu mandi malam ?.

Kalau mandi malam hari menurut versi saya. Jadi saya memelihara burung murai batu ini, saya tidak pernah memandikan burung pada malam hari ya..?. Burung sangat kasihan dan dapat mudah kedinginan, yang nantinya dapat mengakibatkan burung kurang vit dan mudah drop nantinya. Karena menurut saya, sifat alam burung murai batu ini tidak pernah mandi pada waktu malam hari .. bener nggak ?.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Serindit

Untuk meredam birahi burung murai itu sendiri, ya itu tadi saya memandikannya pada waktu sore hari. Dan menurut saya juga hal ini akan membuat waktu dan efesiensi dalam perawatan burung murai batu anda, yang dimana kita selalu setiap harinya beraktifitas, dan menghabiskan banyak waktu diluar saat kerja.

Kenapa burung murai batu tidak dimandikan pada waktu pagi hari ?.

Menurut saya pada waktu pagi hari itu merupakan hal yang sangat baik hanya proses pengembunan dan penjemuran serta pemberian pakan (EF) saja, pada pagi itu anda dapat mengeluarkan murai batu sekitar pukul 5.00, karena udara masih cukup segar dengan sangat baik diembunkan secara rutin dan konsisten setiap harinya, sampai matahari keluar sekitar pukul 7 sampai pukul 9 pagi cahaya matahari pagi ini sangat baik untuk diserap oleh tubuh burung yang banyak mengandung vitamin D, untuk proses pertumbuhan burung agar semakin sehat, lincah dan rajin berkicau tentunya. Intinya apabila kita memandikan murai batu pada waktu sore hari, maka burung akan lebih stabil untuk birahinya”.

Terus berapa kali dalam seminggu burung itu harus mandi ?.

Sebenarnya sederhana untuk masalah pemandian burung murai batu anda, akan tetapi jangan disepelekan ya, untuk cara rawatan pemandian burung murai batu pasti berbeda-beda tergantung anda yang memelihara untuk dirumahan ataupun untuk burung lapangan lomba.

Menurut saya, karena saya ini pelihara burung murai batu untuk lomba cukup memandikan burung sekali dalam seminggu. Dengan cara memandikannya H-3 atau tiga hari sebelum murai batu saya mengikuti kontes lomba, contoh: jika murai batu ingin diikutsertakan ke arena lomba pada hari jum’at, maka burung saya mandikan di hari rabu sore dan seterusnya, pokoknya tiga hari menjelang lomba.

Baca selengkapnya :  Rahasia Di Balik Potensi Hobi Memelihara Burung Kicau

murai-batu

Itu menurut saya, burung pun tidak akan turun birahinya, kecuali untuk burung-burung yang sifatnya burungnya terlalu nakal, mungkin dia sering harus selalu dimandikan.

Untuk masalah pemberian ef (extra fooding) disesuaikan dengan karakter dan kebiasaan burung masing-masing tentunya.

Okeh pelajaran yang bisa kita ambil disini, burung kenapa harus mandi sore ? dan burung harus mandi berapa kai?. dan sudah saya jawab ini menurut saya, dan atau mungkin temen-temen dirumah juga memiliki versi sendiri.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar Manfaat Mandi Sore Untuk Burung Murai Batu. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda di dunia burung kicau. Terima kasih.