Inilah Rahasia Makanan Terbaik Untuk Burung Kacer Juara

Diposting pada

Memberikan pakan terbaik, merupakan salah satu kunci dan rahasia bagi burung kacer anda agar bisa gacor dan memenangkan setiap kejuaraan di gantangan. Selain itu, sebagai salah satu andalan di dalam dunia perkicauan, pastinya burung satu ini memang dijadikan banyak petarung karena dikenal memiliki kualitas yang apik dan jempolan.

Hal tersebut tentunya juga didukung dengan makanan terbaik untuk burung kacer yang bisa anda berikan. Berikut simak beberapa makanan yang biasa diberikan.

 

Menu Makanan Yang Membuat Kacer Menjadi Juara

1. Cacing

Makanan satu ini bisa juga anda berikan untuk burung kacer anda agar bisa memberikan kejuaraan ketika pertandingan.

Anda bisa juga memberikan cacing kepada hewan peliharaan anda dikarenakan cacing tanah sendiri memiliki sumber sebagi protein hewani yang dibutuhkan oleh kacer anda.

Untuk itu, anda pun dapat memberikan menu ini setiap dua kali dalam satu minggu secara rutin.


2. Voer

voer-topsongSalah satu makanan terbaik untuk burung kacer yang tidak boleh terlewatkan bergitu saja adalah voer. Makanan satu ini memiliki bentuk yang bulat dan memanjang seperti peler yang memang telah dijadikan makanan pokok bagi kebanyakan jenis burung kicau.

Hal ini disebabkan karena voer terbuat dari berbgai bahan yang memiliki nutrisi dan vitamin yang baik untuk perkembangan burung. Selain itu, voer sendiri bisa juga diberikan rutin secara setiap hari dengan jumlah takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Untuk pemberian maknan pokok ini, anda bisa dikombinasikan dengan ekstra fooding dari berbagai hewan kecil lainnya seperti jangkrik, ulat, telur kroto.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Murai Batu Tangkapan Hutan

Hal ini bertujuan agar burung tidak jenuh jika mendapatkan menu yang sama setiap hari. Anda juga jangan lupa untuk selalu membersihkan sisa-sisa voer yang menempel pada wadah untuk menghndari tumbuhnya jamur tiap dua hari sekali.

Berikanlah voer untuk kacer kualitas yang terbaik. Bukan berarti dengan yang mahal dan menjanjikan kualitas, belum tentu kacer anda menyukainya, dan bagaimana cara mengetahui burung jenis atau merk voer yang cocok. Dilihat dari cara mengkonsumsi voer dan dari kotorannya, jika burung kacer anda doyan dan nafsu untuk memakannya, setelah itu analisa dari feces burung kering atau basah (mencret).

Jika kotoran burung kacer bagus, dan kering berarti voer yang anda berikan cocok. Namun jika sudah ketemu voer yang pas dan cocok jangan diganti – ganti lagi untuk mencoba jenis voer merk lainnya.

Saran dari saya, pada umumnya berikan voer topsong untuk kacer agar cepat gacor. dan voer untuk kacer mabung baiknya menggunakan voer fancy untuk kacer agar kacer gacor siang malam.


3. Ikan

ikan-kecilSelain itu, anda juga bisa memberikan makanan terbaik untuk burung kacer yakni ikan. Meskipun pada alam bebas, ikan bukan merupakan mangsa yang utama dari burung kacer, akan tetapi banyak pecinta kacer ini juga memberikan berbagai manfaat yang baik bagi burung.

Hal ini dikarenakan pakan ikan banyak digunakan untuk memberikan asupan burung yang sedang stres agar terangsang dan mampu memunculkan gacoran terbaik dan bisa menjadi juara.


4. Telur Semut Kroto

krotoSalah satu makanan ekstra yang bagus bagi burung kcer adalah telur semut kroto. Hal ini dikarenakan jenis makanan satu ini sangat bermanfaat untuk merangsang performa gacoran yang dimiliki si burung.

Baca selengkapnya :  Inilah Suara Ancaman Murai Batu Wajib Punya Untuk Burung Lomba

Sehingga nilai kandungan gizi dan protein yang bisa dikatakan cukup tinggi sehingga dapat membantu burung dalam menjaga kesehatannya, hal ini nantinya juga dapat membuat burung memberikan performa primanya.


5. Ulat Hongkong

ulat-hongkongMakanan terbaik untuk burung kacer yang bisa anda berikan selanjutnya bagi pecinta burung kicau satu ini adalah ulat hongkong. Ulat ini memiliki kandungan protein dan kaloriyang bagus, sehingga dalam pemberian pakan dengan ulat hongkong sebagai ekstra fooding tentunya perlu diperhatikan.

Anda tentunya tidak boleh terlalu berlebihan untuk memberikannya karena pakan ini memiliki sifat untuk menghangatkan tubuh kacer.

Untuk pemberian pakan ulat hongkong yang ideal diantaranya adalah dengan mengonsumsi sebanyak 6 ekor sebelum berlangsungnya perlombaan.

Hal ini tentu saja dapat membuat kacer anda bisa menjadi juara. Pemberian ekstra food tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh burung kacer. Hal ini dikarenakan pemberikan pakan tersebut dapat memberikan tambahan protein dan vitamin agar burung kacer menjadi lebih sehat dan bisa memenangkan perlombaan.

Catatan : untuk pemberian pakan ulat hongkong tidak dianjurkan untuk dikonsumsi kacer setiap hari, karena dapat merusak bulu dan mata kacer. Gunakan EF (UH) ulat hongkong ini seperlunya saja ketika saat menyetel birahi dilapangan saat mau di ikut sertakan dalam lomba.