Makanan Burung Sirtu

Diposting pada

Halo sobat kicau mania, kembali lagi masih bersama Kacer.Co.Id nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips seputar makanan burung sirtu, mungking dari kalian ada yang belum mengetahuinya, karena masih pemula dan baru mulai mencoba untuk merawatnya ya ?.

Burung sirtu ini dikenal dengan nama lain, dan kebanyakan orang menyebutnya dengan panggilan cipoh ya temen-temen, karena dari karakter suaranya yang monoton jika berkicau ngeplong sangatlah nyaring. Nah untuk jenis makanan burung sirtu di alam liar tentu hampir sama seperti burung lain pada umumnya ya, karena burung ini sangat menyukai pakan serangga kecil seperti semut, kroto, laba-laba, jangkrik, rayap, cacing dan ulat.

Oke langsung aja kita lanjut ke pokok bahasannya ya, yuk mari simak inormasi selengkapnya dibawah ini :

Makanan Burung Cipoh Agar Cepat Gacor


Makanan Favorit Burung Sirtu

Kira-kira apa makanan burung sirtu ?. Perihal penting yang harus kalian ketahui sebagai pemilik / perawatnya yaitu salah satu makanan pokok burung sirtu adalah jangkrik dan ulat hongkong. Walaupun pakan ini tergolong sebagai makanan pendukung atau ekstrafood tapi wajib juga harus kalian kasihkan setiap harinya, agar kondisi burung selalu terpenuhi asupan protein tinggi yg baik.

Nah tips sebelum memberikan pakan jangkrik ataupun ulat ini kepaad burung, sebaiknya serangga sebagai pakan utamanya haruslah sehat ya, jadi harus di rawat juga dan diberikan makanan seperti daun-daunan atau buah. Untuk pemberian pakan untuk jangkrik saya pribadi biasanya memberikan daun singkong muda dan jagung manis, dan untuk pakan ulat hongkong bisa kalian berikan buah pisang beserta kulitnya ya.

Baca selengkapnya :  Jenis Cucak Ijo Kalimantan

makanan-pokok-burung-sirtu

Dari asupan yang di pakan oleh serangga, lalu serangga tersebut nantinya kita akan berikan kepada burung kicau kesayangan jenis apapun itu sangat menentukan kualitas vitamin buatan yang kalian cipatakan sendiri ya. Sudah pasti sangat berpengaruh kepada tingkat kegacoran dan kesehatan si burung yang mengkonsumsi pakan yang berkualitas itu.

Selain pakan yg bermutu tinggi ini, temen-temen juga harus memberikan minuman buat burung sirtu yang steril bersih dan di usahakan air yang sudah di masak matang ya, ingat jangan memberinya air mentah ya, karena yg dikhawatirkan bisa mengganggu proses pencernaan burung tersebut.

Baca juga : cara merawat burung sirtu

Tips Proses Penjinakkan Burung Sirtu

Apabila temen-temen baru membeli burung sirtu / cipoh ini dari ombyokan atau mendapatkannya dari hasil tangkapan (pikat) di alam, tentu burung masih dalam kondisi stres, giras dan ketakutan ya. Jangan berharap terlebih dulu kalian lakukan perawatan harian, tentu harus menjalani proses penjinakkan terlebih dahulu.

Intinya jika burung sudah tidak grabakan atau sudah mulai beradaptasi dengan lingkungannya, serta tingkah lakunya sudah terlihat tenang tentu kalian lebih mudah dalam memberikan rawatan setiap harinya ya.

Lalu bagaimana cara menjinakkannya ?. Nah setiba burung ini dirumah kalian, sebaiknya jangan langsung di ablak ya, sebaiknya di kerodong terlebih dulu. Kondisikan di tempat yg aman, tenang dengan cuaca sejuk dan jangan terlalu dingin atau panas ya.

makanan-burung-cipoh-agar-cepat-gacor

Kasihkan pakan kesukaannya di wadah cepuk, dan jangan lupa air minumnya ya. Istilahnya di full kerodong dulu lah ya dalam jangka waktu 2 – 3 harian. Nah setelah itu barulah mulai coba kalian terapkan dengan terapi mandi sampai basah kuyup agar burung bisa lebih tenang. Tahapan terakhirnya bisa kalian coba terapi lapar juga ya. Namun jika kalian sibuk aktifitas diluar tentu tidak disarankan dengan menggunakan cara terapi lapar ini, yg dikhawatirkan jika kalian lupa maka burung bisa mati kelaparan nantinya.

Baca selengkapnya :  Pasaran Harga Burung Cucak Keling

Cara Mudah Melatih Burung Sirtu Ngepur

Nah untuk mengajarinya agar si burung cipoh ini mau makan voer tentu sangatlah gampang ya temen-temen. Tentu syarat utama burung harus sudah jinak terlebih dahulu ya.

Saya pribadi menggunakan makanan voer burung sirtu biasanya saya kasih leopard rumput laut, dengan cara mengkombinasikannya dengan EF kroto segar dengan takaran 1 : 1, kasihkan setiap hari berturut-turut selama 4 – 5 hari ya. Nah di hari selanjutnya baru berikan voer total leopard yang kalian pakai itu ya. Tentu burung sirtu ini sudah mulai terbiasa dan lama kelamaan juga nanti mau ngepur sendiri. Apabila burung tersebut sudah ngepur tentu suara burung sirtu akan terdengar lebih maksimal.

Demikianlah informasi tentang makanan burung sirtu yang bisa kalian coba dan aplikasikan dirumah ya, semoga artikel ini bisa menambah wawasan temen-temen semua, selamat mencoba. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari