7 Jenis Makanan Untuk Burung Cucak Ranting Agar Gacor

Diposting pada

Masih bersama blog Kacer.Co.Id yg selalu konsisten memberikan info seputar dunia burung kicau di nusantara, Nah pada kesempatan kali ini kami akan sedikit mengulas makanan burung cucak ranting yg bagus untuk harian agar cepat gacor dor dan bisa menjadi burung masteran yg baik tentunya.

Bagi penggemar burung ocehan di indonesia, sudah pasti mengenal dan paham betul dengan jenis burung cucak ranting ini ya, atau sering disebut-sebut denga cucak rante. Namun ada temen-temen yg masih bertanya di FP Grup yg menanyakan apa aja sih pakan untuk burung cucak ranting ini biar sehat dan rajin berkicau, nah maka dari itu akan kita bahas secara lengkap diartikel ini ya.

Beberapa Tipe Makanan Alami Burung Cucak Ranting


Jangkrik

Burung cucak ranting ini walaupun salah satu burung yg suka dengan buah-buahan namun juga sangat menyukai pakan tembahan berupa serangga-serangga kecil terutama jangkrik ini ya temen-temen, jika kalian memelihara burung ini, untuk pakan hariannya tentu sangat baik jika dikasihkan dengan takaran sedikit saja cukup pagi 2 ekor, dan sore harinya kasih kembali sebanyak 1 ekor.

harga-burung-cucak-ranting

Kroto

Kroto juga sangat baik sebagai pelengkap saja ya, jangan memberikan pakan ini setiap hari, yg dikhawatirkan burung nantinya bisa mudah cepat naik birahinya, dan terlalu over ya. Cukup dalam satu minggu sekali saja dengan takaran satu sendok teh, dikit aja ya.

Dalam memberikan pakan kroto ini diharuskan dari kualitasnya ya, kondisi yg masih segar dan pisahkan atau bersihkan kotorannya atau semut-semut liarnya cukup diberikan telur semut yg berukuran besar-besar saja biar si burung lebih mudah memakannya.

Baca selengkapnya :  Inilah Perawatan Yang Tepat Untuk Murai Batu Mabung (Molting)

Ulat Hongkong

Nah dalam memberikan ulat hongkong juga tidak disarankan untuk dikasih setiap hari, hanya saja diperlukan jika kondisi burung kurang birahi atau saat musim penghujan juga sangat baik jika dikasihkan ulat hongkong ini agar kondisi suhu tubuh cucak ranting ini bisa tetap stabil ya.

Cara memberikannya cukup 3 – 5 ekor saja, itupun pilihlah yg masih muda atau yg masih berwarna putih, sehabis ulat hongkong tersebut ganti kulit ya, karena sangat lunak dan mudah untuk dicerna oleh si burung, bertujuan agar pencernaan cucak ranting kalian tidak terganggu maksudnya.

Ulat Kandang

Untuk pemberian ulat kandang ini juga tidak disarankan setiap hari, manfaat dari pakan EF ini memiliki kandungan lemak dan panas yg cukup tinggi jika dibandingkan dg ulat hongkon ya temen-temen. Biasanya para penangkar burung menggunakan makanan ini sebagai pendongkrak birahi agar si burung biar lebih cepat reproduksi jika ingin ditangkarkan.

Tentu boleh-boleh saja memberikan ulat kandang ini untuk pelengkap asupan gizi bagi si burung, tentu tidak boleh terlalu banyak ya dalam pemberiannya. Cukup1 sendok makan saja itupun dalam kurun waktu sebulan sekali saja sudah cukup.

voer-cucak-rante

Pisang Kepok

Banyak kandungan dan manfaat yg dihasilkan dari buah pisang ya, jika burung yang mau mengkonsumsinya, tentu kalian harus menyediakan buah pisang kepok ini setiap hari, baik yg kepok putih ataupun kuning sama saja.

Namun agar tidak bosan tentu boleh-boleh saja temen-temen memvariasikan buah dengan pepaya ya, misalkan hari senin jadwal pemberian pisang, selasa buah pepaya, kemudian rabu sampai jum’at pisang lagi, dan di hari minggu sampai sabtu kembali lagi diberikan pepaya matang yg segar, intinya diselang-seling agar burung tidak bosan dengan buah yg dikonsumsinya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong Saat Di Lombakan

Pepaya

Buah pepaya ini banyak sekali mengandung kadar air dan mineral yg baik jika dikonsumsi oleh cucak ranting ya. Bisa kalian kasihkan jenis pepaya california ataupun bangkong terserah lah ya. Yg penting buahnya dalam kondisi segar tidak busuk, nah sebelum memberikannya keburung biasakan cuci terlebih dahulu ya buah-buahannya baik itu pisang kepok ataupun pepaya.

Tujuan memberikan buah pepaya ini tentu agar selalu menjaga kondisi imun dan metabolisnya, serta pencernaan si burung agar selalu sehat setiap harinya. Jika burung dalam kondisi yg sehat tentu burung akan mudah untuk berkicau nya bukan !.

Apel Merah

Buah apel juga sangat dianjurkan untuk dikasihkan kepada burung cucak ranting ya temen-temen, apabila burung terlihat lesu, dan kurang birahinya. Jika kondisi burung sedang mengalami penurunan birahi tentu sangat baik jika diberikan apel, namun apel disini yg dimaksud adalah apel merah ya buakan yg berwarna hijau.

Tidak di anjurkan memberikan buah apel setiap hari kepada burung, namun boleh dikasihkan itupun hanya 3 minggu ataupun sebulan sekali saja jika dirasa ingin mendapatkan asupan vitamin dari buah apel ini ya.

Oke Jadi itulah sekilas info yg dapat kami bagikan seputar makanan burung cucak ranting yg direkomendasikan baik dan aman untuk burung kesayangan kalian ya. Semoga kiranya dapat berguna dan selamat mencobanya. Terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari