13 Jenis Makanan Burung Cucak Ijo Terbaik Untuk Harian Lomba

Diposting pada

Kacer.Co.ID – Dalam memberikan perawatan cucak ijo harian memang tidak berbeda jauh dan hampir sama dengan cara merawat cucak ijo untuk lomba, semua tergantung temen-temen yang memberikan makanan burung cucak ijo yang berkualitas sangat berpengaruh kepada kesehatan si burung serta mampu tampil selalu maksimal baik berkicau hanya dirumahan ataupun di arena kontes sekalipun.

Memang banyak sekali para hobiis cucak hijau yang masih pemula menyepelekan dalam merawat dan memberikan pakan sembarang aja, asalkan si burung ini mau makan, dan tidak peduli akan berdampak negatif atau tidaknya, memang merawat burung yang berkelas tidak boleh asal-asalan, dan membutuhkan modal yang cukup besar dalam memberikan perawatannya.

Berbagai Macam Pakan Berkualitas Untuk Cucak Ijo Juara

Burung cucak ijo ini sangat menyukai makanan buah dan serangga, akan tetapi anda harus mengetahui jenis apa saja yang pantas dan aman untuk diberikan kepada burung CI kesayangan temen-temen :

cucak-ijo

1. Voer

Pada dasarnya voer yang diberikan untuk setiap jenis burung apapun sangat baik jika dikonsumsi untuk pakan harian, namun tidak semua para penghobi khususnya untuk cucak ijo mania ada beberapa juga yang tidak mau menggunakan voer dengan alasan takut suara si burung ini serak ?. Dan hanya memberikan pakan alam saja seperti buah dan serangga.

Jika kita analisa memang iya benar, cucak ijo di alam memang tidak memakan voer, akan tetapi berbeda jika sudah dirawat oleh manusia, sedangkan kandungan vitamin, mineral, protein, dan lainnya sudah banyak terkandung di dalam voer tersebut untuk saling melengkapi asupan yang dibutuhkan si burung, dan menurut saya malah bagus apabila burung cucak ijo temen-temen menyukai voer.

Dan jika anda masih bingung untuk voer yang cocok untuk cucak ijo rawatan anda, biasa yang banyak sering pakai oleh para senior cucak ijo adalah fancy gold hijau, atau voer ronggolawe yang aman dan baik untuk pakan hariannya.

2. Pisang

Manfaat pisang memang sudah tidak ditanyakan lagi yang banyak memiliki khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh baik manusia ataupun hewan yang mengkonsumsi buah-buahan, dengan memberikan pisang kepada burung cucak ijo ini sangat bagus untuk menambah stamina daya tahan tubuh si burung agar dapat menyeimbangkan kalori dan membuat burung CI yang kurus dapat menjadi padat berisi ideal.

Baca selengkapnya :  Manfaat Umbaran Untuk Burung Murai Batu

pisang-kepok

Akan tetapi inget jangan terlalu berlebihan atau setiap hari memberikan buah pisang untuk CI anda, yang ditakuti nantinya si CI ini bisa kegemukan. Berikan pakan buah pisang maksimal 2 kali dalam 1 minggu, misalnya di hari jum’at dan sabtu.

Ada banyak jenis pisang yang ada, seperti pisang ambon, raja sereh, pisang janten, uli dan lain sebagainya, namun saran saya berikanlah untuk jenis pisang kepok putih ataupun kepok kuning yang paling disukai si burung ini.

3. Pepaya

Buah pepaya ini sangat baik diberikan secara rutin hampir setiap harinya, dalam memberikan pakan pepaya kepada burung cucak ijo ini jangan lupa untuk membuang biji-bijinya tersebut, dan berikanlah secara berturut-turut dari hari senin sampai kamis.

buah-pepaya

Kadungan vitamin dan mineral yang baik dalam buah ini sangat dianjurkan diberikan kepada burung cucak ijo anda, karena memiliki sifat dingin untuk menstabilkan dan melancarkan pencernaan yang pastinya. Berikan buah pepaya yang sudah matang yang berwarna merah ya seperti california ataupun bangkong, sangat tidak disarankan memberikan pepaya dalam kondisi yang setengah matang ataupun pepaya kuning yang memiliki aroma yang kurang sedap.

4. Pear

Manfaat buah pear ini untuk cucak ijo sebagai peredam birahi, dan anda jangan memberikannya jika cucak ijo anda belum gacor atau yang memiliki birahi rendah atau masih bahan, berikan buah pear ini jika burung cucak ijo temen-temen terlihat over birahi atau setelah di seting lomba dengan porsi takaran EF serangga yang tinggi, dan terlihat terlalu agresif galak. Baru dianjurkan untuk meredam birahinya obatnya buah pear ini yang diberikan kepada burung CI anda.

buah-pear

Cara penyajiannya, pootong dibagi dua buah pear tersebut, lalu dibagian tengahnya dibersihan juga bijinya agar tidak tersedak dan berbahaya jika sampai termakan si burung tersebut. Berikan buah pear ini jika dibutuhkan saja, bukan untuk konsumsi harian ya temen-temen.

5. Anggur

Masih banyak para pemain cucak ijo yang belum mengetahui manfaat dari buah ini yang dapat dijadikan konsumsi doping alami buat cucak ijo. Buah anggur ada dua macam yang hijau dan merah, jenis yang cocok untuk diberikan kepada burung cucak ijo ini berikanlah anggur yang merah yang baik untuk mendongkrak stamina emosi si burung agar tampil jamtrok, nagen di satu titik dengan membongkar isian materi lagunya.

buah-anggur

Kunci rahasia para pemain gantangan burung CI ini adalah buah tersebut yang biasa diberikan pada H-1 sebelum burung di ikutsertakan dalam arena kontes. Buah anggur ini sangat disarankan untuk memberikannya kepada burung CI yang memiliki emosi yang rendah atau kurang ngotot dalam penampilannya ketika ditrek atau diadu dengan sesama jenis CI lainnya. Nah ini akan menjadi tips rahasia temen-temen ya, dan silahkan untuk mencobanya.

Baca selengkapnya :  Tips Cara Merawat Burung Kolibri Sepah Raja Harian Agar Gacor

6. Apel

Buah apel ini sangat bagus untuk menaikan birahi dan banyak mengandung vitamin untuk cucak ijo biar gacor, hampir mirip fungsi dan kegunaannya dengan buah anggur, biasanya diberikan secara konsisten akan tetapi tidak untuk pakan harian, maksimal 1 minggu sekali saja untuk memberikan efek kegacoran kicaunya dan menstabilkan metabolis yang baik yang dimiliki dari karakter si burung tersebut.

buah-apel

Cara pemberiannya buah apel dipotoh menjadi dua bagian, cukup diberikan setengahnya saja dan biji tengahnya dibuang ya, biar aman untuk dimakan si burung cucak ijo tersebut.

7. Lemon

Buah lemon ini sangat baik untuk membuat suara burung cucak ijo ini menjadi jernih kristal dan tajam didengarnya, jika anda memberikannya secara rutin setiap seminggu sekali maka sangat baik. Cara pemberiannya, buah lemon ini diperas dan dicampurkan kepada air minumnya, berikan pagi dan sore hari.

buah-lemon

Tidak dianjurkan untuk pemberian setiap hari ya, karena sifat dari lemon ini sangat keras bagi burung cucak ijo, buah lemon ini banyak digunakan bagi para pemain burung lomba yang memaksimalkan kualitas suara vokalnya agar terdengan kencang dan juri bisa menyimak pastinya.

8. Tomat

Ada banyak sekali manfaat tomat untuk cucak ijo, yang pasti sama seperti buah pepaya, dan dapat dipercaya tomat ini mampu mencegah berbagai macam penyakit, seperti katarak penyakit mata yang dapat menyerang burung cucak ijo ini.

buah-tomat

Cara memberikannya, potong dibagi dua tomat tersebut, berikan setengahnya saja, dan biji tomat tidak usah dibersihkan karena sangat lunak dan bagus untuk dikonsumsi si burung, berikan maksimal seminggu sekali saja atau sering juga digunakan untuk setingan burung lomba pada hari H di lapangan juga sangat disarankan.

9. Jangkrik

Pakan serangga seperti jangkrik ini memang harus rutin diberikan setiap harinya yang sangat bagus untuk membangun tenaga dan stamina si burung agar tidak mudah lesu, karena kandungan dari jangkrik ini banyak sekai mengandung protein hewani yang baik bila diberikan secara konsisten.

jangkrik

Sebelum jangkrik ini diberikan kepada burung CI, ada baiknya kondisikan jangkrik terlebih dahulu dengan memberikannya pakan seperti daun singkong, singkong rebus, dedaunan lainnya, jagung manis muda, daun kol ataupun voer lele yang dapat memberikan asupan terbaik bagi si jangkrik agar selalu sehat dan aman diberikan kepada burung intinya. Untuk cara pemberiannya, buang kaki dan kepala si jangkrik, untuk porsi jangkrik untuk cucak ijo berikan hariannya pagi 3 dan sore 3 ekor saja.

Baca selengkapnya :  6 Cara Merawat Anis Merah Agar Cepat Teler Dan Gacor

10. Kroto Segar

Kroto atau telur semut yang sangat banyak mengandung nutrisi alami yang sangat baik jika diberikan kepada burung pemakan serangga khususnya untuk burung cucak ijo, namun ingat dalam pemberian kroto ini tidak boleh berlebihan atau keseringan bagi burung cucak ijo tersebut, karena akan berdampak si burung bisa terlalu over birahi dan galak bisa-bisa cabut bulu atau kanibal.

kroto

Carat tepat pemberian kroto ini maksimal berikanlah seminggu sekali saja, dan berikanlah kroto dalam kondisi bersih dan masih segar agar si burung CI anda terjaga selalu kesehatannya, dan bisa tambah gacor dor nantinya.

11. Ulat Hongkong

Ulat hongkong ini memang memiliki sifat yang sangat panas, jika diberikan kepada jenis burung apapun, makanya sungguh tidak disarankan memberikan pakan ulat hongkong ini setiap hari. Berikan secukupnya dan sesuai kebutuhan saja dan apabila diperlukan sebagai setingan burung yang akan diikut sertakan dalam lomba, baru boleh anda berikan ulat hongkong ini agar lebih tampil maksimal ketika digantang.

ulat-hongkong

Ingat dalam memberikan UH (ulat hongkong) ini harus dalam kondisi mati yang baiknya disiram menggunakan air panas terlebih dahulu si ulat hongkongnya ya. Jangan memberikan UH ini dalam kondisi hidup kepada burung kicauan, yang dikhawatirkan dapat merusak pita suara vokal dari siburung tersebut.

12. Ulat Bambu

Ulat bambu juga sangat baik untuk diberikan kepada burung cucak ijo ini untuk mendongkrak stamina emosi dan birahi yang sering digunakan untuk setingan burung agar gacor stabil ketika dilombakan, berikan pakan ulat bambu ini jika dibutuhkan saja dan sesuai karakter dan kesukaan si burung, tidak untuk pakan harian ya.

ulat-bambu

13. Ulat Daun Pisang

Fungsi ulat daun pisang ini sama seperti halnya pada ulat bambu, akan tetapi memiliki kandungan yang lebih banyak untuk stamina, tenaga yang lebih unggul karena memiliki sifat yang adem dingin dan aman jika diberikan kepada burung cucak ijo lomba.

ulat-daun-pisang

Jika ada ulat daun pisang ini lebih di prioritaskan ketimbang pemberian ulat bambu ataupun ulat hongkong ya. Demikian informasi yang dapat kami berikan untuk temen-temen hobiis khususnya untuk cucak ijo mania, semoga dapat bermanfaat.

Baca artikel lainnya : Cara Mudah Membuat Cucak Ijo Agar Tampil Ngentrok Juara Lomba