Tips Memilih Jenis Kenari Lomba Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, Apa kabarnya temen-temen kicau semua. Semoga selalu diberkan kesehtan dan semangat terus dalam merawat burung kicau kesayangannya. Masih tetap disini bersam kami situs resmi Kacer.Co.Id yang selalu konsisten memberikan informasi terbaik bagi para hobiis kicau mania semua.

Jenis burung kenari ini merupakan burung yang sangat digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan baik yang mudah hingga yang tua, hal ini wajar saja dikarenakan kenari merupakan salah satu jenis burung yang memiliki penampilan yang rupawan, mulai dari suara kicauannya yang merdu sampai dari bentuk fisik yang cantik dan indah dilihatnya.

Bukan hanya itu saja, burung ini juga sering sekali menjadi burung favorit yang meramaikan kelas gantangan atau kontes, tentunya juga banyak hadiah yang menarik jika burung kenari temen-temen mampu mendapatkan juara pada kelas kontes tersebut. Seperti tropi (piagam), prestasi sertifikat yang dapat membuat harga burung kenari gacoan anda makin meroket harga nilai jualnya nanti.

Dalam memilih burung kenari untuk sebuah kontes, dengan burung kenari biasa yang hanya sebagai rawatan dan gacoran dirumah, tentunya berbeda. Sebab tidak banyak jenis burung kenari rumahan yang mampu diikut sertakan dalam arena kontes lapangan atau gantangan.

Namun banyak sekali para penghobi kenari yang menempuh jalan singkat, yang dimana dia memilih burung kenari lomba ini langsung cek ke lokasi gantangan atau masuk di kelas bursa khusus burung kenari yang siap untuk di nego di lapangan langsung yang dipantau si pembeli dengan persetujuan sipenjualnya. Kelebihannya memang sudah pasti burung sudah terbukti kegacorannya dan mau tempur di arena serta kekurangannya tentu saja pasti harga jual yang ditawarkan tidaklah murah.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Kenari F1 Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Jika anda memiliki modal yang cukup besar, ya sah-sah saja. Tidak masalah anda membeli burung kenari lomba langsung di gantangan / dilapangan. Namun bagi para hobiis kenari mania yang ingin memiliki burung kenari lomba dengan harga yang murah tidak perlu khawatir , ada cara lain dalam memilih dan membeli burung kenari yang siap untuk menjadi burung lomba walaupun tidak membelinya langsung di gantangan.

ciri-kenari-gantangan-kontes

Pada ulasan kali ini saya akan membahas tentang burung kenari lomba, tidak sedikit dari temen-temen yang bertanya dan masih bingung cara memilih kenari yang memiliki kualitas baik dan siap untuk dilombakan maka dari itu akan kita bahas secara lengkap trik apa saja dan cara memilih burung siapan lomba ini agar tidak salah pilih.

5 cara memilah kenari yang siap untuk kontes


1. Postur Tubuh

Kenari yang memiliki postur tubuh yang baik, dalam arti : kondisi fisik tidak cacat, memiliki warna bulu yang indah, bentuk ukuran yang ideal tidak gemuk dan tidak juga kurus. Tegap gagah dan proforsional dalam ukuran tubuhnya.

Perhatikan juga masalah berat badan jika kenari ini mengalami kegemukan yang dapat membuat kondisi burung malas berkicau dan tidak mau ngedur jika digantang.

2. Jangan Memilih Kenari Yang Memiliki Suara Kicau Berdurasi Panjang

Lho kok kenapa tidak memilih yang berdurasi panjang, karena kebanyakan pada umumnya jenis kenari seperti ini hanya mau bekerja dirumahan saja yang mampu mengeluarkan ngerol dengan durasi panjang dan monoton ketika tidak sedang ditrek.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Memilih Lovebird Gs Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Inilah salah satu rahasia para pemain kenari yang mengetahui jenis kenari yang layak untuk dijadikan burung lapangan, yang dimana jika mengerti tentang hal ini anda pasti akan memilih burung kenari tidak berfokus dengan durasi kicauan yang panjang misalkan sampai 40 – 1 menit berkicau, bahkan kenari model seperti ini ketika digantang di arena kontes tidak akan tampil dengan maksimal mengeuarkan suara kicauannya dan tidak mau ngedur performanya.

jenis-kenari-lomba

3. Gaya Kenari Saat Trek

Pose terbaik ketika berkicau digantangan adalah tidak menurunkan sayapnya atau sering disebut dengan ngelowo, dan ada juga jenis kenari yang bermain ngotot berjalan kekanan bolak – balik kekiri bergeser geser dengan konsisten berkicau mengeluarkan materi yang dimilikinya ketika bergaya saat berkicau.

Namun ada jika kenari sudah berusia mapan, kebanyak saat digantang bermain dai satu titik atau nagen tidak kebanyakan gerak hanya tubuhnya saja yang bergerak dan mengeluarkan suara kicauan merdunya, nah burung kenari dengan gaya seperti ini merupakan gaya terbaik dan saran saya pilihlah kenari yang main di berfokut di satu tempat saja.

4. Kualitas Suara Kenari

Perhatikan dengan baik kulitas bunyi suara kenari tersebut, suara kenari dibagi berdasarkan vokal (volume) tergolong masuk hitungan tembus dan kencang, kemudian memiliki materi suara isian dan mudah dimasteri, serta kualitas nyaring melengking dengan cengkok enak didengar.

Nah ini merupakan salah satu kualitas kenari juara yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih suara untuk modal dasar dalam mencetak kenari lomba agar bisa bersaing tentunya.

5. Jangan Takut Memilih Kenari Yang Suka Ngering

Memang setiap jenis kenari berbeda-beda karakternya, akan tetapi anda tidak perlu begitu memperhatikan kenari yang suka ngering atau nempel ngeruji di sudut sangkar, bukan kenari kalau tidak ngering namanya, bahkan kenari tingkat nasional pun terkadang sering ngering walau memiliki harga yang sudah puluhan juta sekalipun. Ya namanya juga kenari yo, pasti ngering.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Kiwi Beserta Habitat Di Alam Liar

Yang penting kita menikmati prosesnya dalam merawat kenari gacoan kita dengan baik dan benar saja dan siap untuk diturunkan ke arena dengan kondisi yang siap dan bisa bersaing itu saja sudah cukup menurut saya, masalah menang dan kalah pasti sudah biasa bagi para penghobi kenari mania, yang penting burung kerja dilapangan ketika digantang yo tidak?.

Demikian share masalah bagaimana memilih jenis kenari lomba yang siap untuk menjadi juara dan memiliki kualitas yang baik. Semoga kiranya dapat menambah wawasan temen-temen kenari mania semuanya, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel terkait seputar burung kenari :

√ Mengenali Ciri-Ciri Burung Kenari AF Memiliki Kualitas Terbaik
√ Cara Mudah Membedakan Kenari Merah Lokal Dengan Red Intensive
√ Cara Menambah Volume Suara Dan Durasi Kenari Agar Maksimal
√ Cara Mudah Perawatan Kenari Mabung