Tips Mengatasi Kacer Nyilet Agar Kondisinya Cepat FIT

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini artikel yang akan kami ulas masih dalam permasalahan seputar burung kacer, bagaimana tips mengatasi kacer nyilet agar kondisinya cepat fit, aktif, rajin berkicau dan sehat pastinya.

Dalam memberikan rawatan harian kepada burung pasti dimana menemui setiap masalah yang berbeda-beda dihadapi oleh majikannya, dengan informasi yang disajikan ini semoga bisa menjadikan parameter temen-temen khususnya yang masih awam ya jika menemui masalah burung kacer kalian dalam kondisi yang sedang nyilet ini, penasaran pastinya !. Yuk simak artikel ini sampai habis selengkapnya biar nggak gagal paham :

Apa Itu Kacer Nyilet ?

Bagi para pemula yang baru mencoba memelihara burung kacer pasti bingung apa sih nyilet itu ?. Namun mungkin dari temen-temen kacer mania sudah banyak yang tahu, khususnya para pencinta kicau Bagaimana sih cara penanganan kacer nyilet itu ?.

Ada 2 faktor yang bisa menyebabkan burung kacer ini mengalami nyilet : kacer nyilet itu harus kita ketahui sebab dan gejalanya terlebih dahulu, bisa dikarenakan kekurangan gizi dan juga bisa diakibatkan karena dalam keadaan stres, atau kondisi mentalnya sedang dalam tekanan !.

Jika kita amati kondisi kacer yang sedang tidak fit dan mengalami nyilet biasanya terlihat lesu, letoy malas untuk berkicau, dikarenakan metabolisme burung tersebut sedang terganggu dan sangat kekurangan sistem imun yang ada di burung tersebut. Di ibaratkan jika penyakit ini untuk manusia yang sedang mengalami sakit perut, cacingan gitu lah maka sudah pasti tidak enak kan ?. Tidak bergairah, malas-malasan, sama halnya seperti kondisi yang di alami oleh burung kacer.

Baca selengkapnya :  Tips Setingan Kroto Untuk Murai Batu Yang Tepat Agar Gacor

ciri-ciri-kacer-cacingan

Ciri Ciri Kacer Nyilet

Sebelum kalian memvonis burung kacer tersebut nyilet atau enggak, setidaknya harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu ya :

Kacer nyilet ini mempunyai ciri biasanya akan terlihat sering mengembang bulunya, jika kacer dipegang sangat kurus, pada bagian perut menonjol tulang tengahnya berbentuk lurus kebawah seperti silet, tidak nafsu makan Kenapa demikian karena sistem pencernaannya si burung tersebut kurang baikm dab bisa menyebabkan berak putih.

Maka dari itu harus cepat-cepat di yang terjadi jika terjadi kematian yang rugi bukan saya tetapi kawan-kawan semua pastinya, namun jangan khawatir tapi di sini saya sebagai kicau mania akan memberikan tip yang tepat cara mengatasi kacer yang sedang sakit kondisinya nyilet.

Solusi Penanganan Kacer Nyilet

Penyakit nyilet ini bisa terjadi pada semua burung, khususnya untuk kacer. Dan saya akan memberikan tips dan cara tentang bagaimana cara mengatasi kacer nyilet pada burung kacer.

Untuk burung yang masih trotolan atau yang sudah dewasa bahkan sampai yang tua pun bisa mengalami kacer nyilet atau kacer yang kurang gizi akibat sistem metabolisme yang kurang baik atau sedang terganggu. Tahapan penangannya seperti ini :

Pemeberian EF Tidak Dibatasi

Langkah yang pertama yang harus dilakukan jika dalam artian kacer nyilet ini kekurangan gizi : Berikan EF jangkrik ataupun kroto tidak usah dibatasi takarannya, kasihkan dengan posrsi banyak sekenyang – kenyangnya burung ya. Extra Fooding tanpa jumlah yang ditentukan.

cara memberikan jangkrik dengan cara di JOR ya temen-temen, berikan setiap pagi dan sore hari secukupnya bisa 10 sampai 20 ekor, dan hal yang harus diperhatikan disini ketika kita mengasihkan jangkrik ini kepala dan kakinya harus dibuang ya. Tidak disarankan untuk memberi jangkrik secara utuh.

Baca selengkapnya :  Manfaat Terapi Bambu Gila Untuk Perpanjang Durasi Ngekek Lovebird

Karena proses pencernaan burung sedang bermasalah, dan yang dikhawatirkan metabolisme burung kacer tidak bisa bekerja untuk memproses kepala atau kaki si jangkrik tersebut, jadi ingat ya, berikan badan jangkriknya saja kepada burung kacer yang sedang dalam kondisi seperti ini.

Pemberian Pisang Kepok

Pemberian pisang kepok yang matang : pisang kepok yang matang secara alami kasihkanlah kepada kacer yang dalam keadaan tersebut. Alasan saya untuk menyarankan pemberian pisang kepok sangatlah bagus dan sangat cepat untuk memulihkan kondisi burung kacer yang sedang nyilet karena kandungan yang terdapat dari pisang kepok tersebut banyak sekali mengandung vitamin C, vitamin b kompleks yang sangat dibutuhkan.

Maka dengan memberikan pisang kepok Insya Allah dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan burung akan mengalami peningkatan badan yang drastis, kacer anda pastinya akan kembali gemuk.

pakan-kacer-biar-gemuk

Stop Pemberian Ulat Hongkong

Langkah selanjutnya adalah berhenti mengasihkan EF ulat Hongkong ya, karena ulat Hongkong itu sangat tidak baik untuk burung yang dalam keadaan sakit atau nyilet ini, jangan pun burung yang sedang tidak fit, kebanyakan dan terlalu berlebihan menggunakan EF ini untuk burung kacer yang sedang sehat juga tidak di anjurkan ya.

Namun jika kondisi si burung sudah pulih seperti semula silakan tetapi dengan takaran yang tidak banyak bisa dalam satu minggu tuh cukup 3 ekor UH saja itu tidak apa- apa tapi untuk kacer yang dalam keadaan nyilet sebagaiknya saya sarankan jangan !.

Stop Pemberian Voer

Berikutnya adalah menghentikan pemberian pakan voer dan merk apa aja, dengan tujuan pakan yang diberikan berupa jangkrik, kroto dan pisang kepok yang anda sudah lakukan akan terserap kandungan protein, nutrisi serta vitamin alaminya dengan baik, karena kandungan yang ada di dalam voer tidak bagus jika kondisi burung sedang sakit. Dari pemberikan pakan alami yang sudah saya jelaskan diatas itupun sudah cukup untuk melengkapi kebutuhan asupan pakan yang bergizi untuk burung kacer.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Dan Ampuh Membersihkan Kutu Burung

Full Kerodong

Burung harus banyak dalam kondisi di kerodong ya, jangan di ablak !. Wajib di kerodong dan kandang diposisikan di tempat yang nyaman, boleh sembari di perdengarkan masteran agar bisa menambah variasi suara kicauan materinya.

Setelah memberikan pakan alami tersebut kerodong kembali, lalu masteri dengan suara isian mp3 atau burung asli, burung tidak dimandikan dulu ya, cukup di jemur minimal 10 menit sudah itu di kerodong kembali.

Paham ya temen-temen, cara mengatasi kacer nyilet dengan tepat agar nantinya burung kacer kesayangan kalian bisa kembali sehat dan cepat pulih gacor bocor dan bisa maksimal jika di trek atau di ikutsertakan dalam kontes gantangan. Selamat mencoba semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.