Inilah Spesifik Burung Gelatik, Habitat, Ciri, Makanan, Suara

Diposting pada

Salam satu hobi. Selamat datang kembali di blog resmi kami Kacer. Disini kami akan membahas tentang informasi burung kicau yaitu tentang “burung gelatik” Berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya :

gelatik

Burung kecil yang sangat unik ini sangat banyak digemari oleh para hobiis burung kicau, pada umumnya mencakup jenis burung pengicau dari selatan Indonesia. Burung ini memiliki 2 macam jenis yang kedua jenisnya ini adalah gelatik jawa (P. oryzivora) dan gelatik timor (P. fuscata).

Pola warna kedua warna dari jenis burung ini hampir mirip dengan yang terakhir berukuran lebih kecil. Burung ini sangat senang hidup berkelompok, menyukai tempat lahan yang luas dan lapang untuk dapat terbang dengan bebas kesana dan kemari. Tempat yang dihuni disekitaran rerumputan ladang yang subur dan banyak pepohonan. Makanan utama burung ini di alam liarnya seperti bulir dari rerumputan tersebut terutama padi.

Namun bagi para petani padi, tentunya sangat membenci burung ini. Karena dianggap sebagai hama pengganggu panen hasil padinya pak tani. Yang terkadang di area pesawahan diberikan orang-orangan sawah untuk mengusir dan menakuti burung ini agar tidak merusak dan mengganggu hasil panennya.

Mengenal lebih dekat tentang burung Gelatik


Habitat dan Ciri

Habitat burung gelatik ini merupakan salah satu jenis burung endemik di jawa dan dibali. Sehingga tanpa disadari keberadaan dialam pun semakin kian menurun, walaupun endemik jawa namun keberadaan burung ini tidak hanya berada di negara Indonesia saja. Akan tetapi burung ini juga dapat ditemukan di alam bebas dan diberbagai daerah seperti Hawaii, Pulau Christmas dan tentu saja Indonesia sebagai negara asal burung ini.

Baca selengkapnya :  9 Jenis Burung Hantu Yang Paling Populer Di Dunia

Populasi gelatik jawa yang berada dijawa barat tentunya, dapat dijumpai di kota bogor, jakarta, depok, sukabumi, cianjur, cibodas, bandung, banjar dan cirebon. Untuk di jawa tengah dan daerah istimewa yogyakarta burung ini terdapat di purwokerto, kutoarjo, brebes, magelang, prambanan, gunung kidul, semarang, solo, jepara dan wonogiri.

burung-gelatik-jantan

Di bali kita juga dapat menjumpainya di kuta, denpasar, ubud, tanah Lot, Uluwatu, Buleleng dan nusa dua. Di jawa timur burung endemik ini dapat ditemukan di kediri gersik dan surabaya.

Ciri-Ciri Burung Gelatik, untuk jenis gelatik batu jantan : paruh lebih tebal yang membentuk lekukan pada bagian atas kepala, tubuh jantan akan terlihat lebih panjang terutama pada bagian leher, kaki dan jemarinya. Pada umumnya postur tubuhnya gelatik jantan ini lebih ramping tegap dibandingkan dengan betinanya.

Suara gelatik jantan ini lebih lantang dan dapat membentuk bervariasi kicauannya yang sangat merdu, kicauan akan semakin keras saat burung ini memasuki masa birahinya. Begitu pula sebaliknya untuk ciri dari gelatik betina.

Makanan Yang Dibutuhkan

Secara umum makanan kegemaran burung yang satu ini adalah : butiran padi (gabah), sesuai dengan namanya biasanya burung jenis ini merupakan burung yang berasal dari jawa, sehingga dapat berpotensi sebagai hama perusak bagi para petani.

Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dari burung gelatik ini, keunggulannya dengan penampilan dan bulu yang menarik, warna paruh merah, kepala hitam dengan bercak putih mencolok pada pipi menjadi nilai khas tersendiri yang dimiliki oleh burung ini.

Kekurannya mempunyai fisik yang lemah, burung ini tergolong burung yang liar dan giras “sulit untuk dijinakan” akan tetapi bisa dijinakan dan butuh proses.

hampir punah diakibatkan perburuan dan meningkatnya pembangunan dan pemukiman hingga burung ini tersingkir dari habitat alamnya.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Burung Paling Berisik Di Indonesia

Tips Merawat Burung ini, untuk perlakuan seperti mandi dan jemur tentunya hampir sama dengan prawatan burung ocehan lain pada umumnya.

Untuk lebih spesifiknya anda dapat menempatkan burung gelatik ini dengan pasangannya, karena sifat dasar burung ini tergolong salah satu burung berjenis koloni yang suka bersama-sama dengan sesama jenisnya. Penempatan sangkar untuk burung ini, ada baiknya ditempatkan menggunakan kandang yang cukup luas.

Suara Burung Gelatik

Ciri khas suara burung gelatik ini sangat enak didengar dan merdu, dan mitos yang berkembang dimasyarakat, jika mendengarkan suara burung ini maka akan hilang kepenatan stres yang terlalu banyak pikiran depresi dapat terobati hanya dengan mendengar suara kicauannya saja. Keistimewaan burung ini juga mampu menirukan ocehan suara burung yang liannya, namun ada beberapa isian yang cocok untuk gelatik batu seperti masteran kenari, blackthroat dan kolibri.

suara-burung-gelatik

Penasaran dengan suara burung gelatik ini ?.

download suara burung gelatik batu pikat – Download link disini


suara gelatik batu ngerol – Download link disini


suara burung gelatik batu gacor mp3 – Download link disini


suara gelatik batu betina – Download link disini

Inilah Spesifik Burung Gelatik, Habitat, Ciri, Makanan, Suara yang dapat kami berikan kepada anda , semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda di dunia burung kicau. Terima kasih.